Nyantai di Hutan Kota Gelora Bung Karno

Gowes yang teralihkan … maksud hati mau menuju suatu daerah di Bogor.. tapi berangkat dari rumah sudah mendung, di perjalanan awan terlihat gelap. Tidak tahu kenapa suasana hati jadi berubah. Mood jadi ilang.

Di daerah Cawang arah stang di alihkan… belok kanan menuju sudirman … yang dekat dekat aja.

Sampai di Sudirman… koq rame benerrr… ternyata ada acara kebudayaan nusantara.. ada upacara, atraksi kesenian dan bahkan pawai dari beberapa daerah di Nusantara. Rame benerrr… saya berusaha keluar dari hiruk pikuk dunia ini..

Tak terasa arah sepeda bergerak ke area yang sepi.. dan sudah masuk ke komplek GBK. Kontras banget suasananya .. lengang.

Muter2 … eehh ada spot yang berbeda dan menarik. Dulunya area ini adalah area golf driving range. Sekarang berubah… menjadi area hijau public … Keren.

Hamparan rumput hijau membentang … pohon pohon … meskipun pohonnya belum tumbuh rimbun .. ya tinggal tunggu berjalannya waktu, path way untuk berjalan jalan. Ditengahnya ada bangunan … tidak tahu apa kegunaan bangunan itu, dicari di internetpun belum ketemu.

Akhirnya saya muter muter disini … mengikuti jalur jalur ini .. mengitari gedung yang ada di tengahnya. Semua bagian menarik .. yang paling keren untuk duduk duduk rileks bersantai atau foto foto adalah di bagian belakangnya. Ada kolam .. air tejun mini, tapi yang keren sih view background-nya … rumah di tengah dengan latar belakang gedung gedung pencakar langit … wow .. amazing.

” siapa sih yang naik sepeda ini … saya tungguin ah “

Selain itu ada spot .. jejeran bangku di bukit kecil yang memandang ke bangunan ditengah, seperti tempat duduk untuk menonton atau menikmati suasana area hijau publik ini.

Area ini mulai berubah sejak tahun 2016, ketika pimpinan baru GBK bapak Winarto mengembalikan fungsi area ini sesuai Perda No 1 tahun 2014 tentang Rencana Dasar Tata Ruang (RDTR) bahwa lokasi ini seharusnya ruang hijau rekreasi. Dan akhirnya area seluas 4.6 ha dengan bekerja sama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan PPK GBK merubah golf driving range menjadi ruang terbuka hijau untuk masyarakat dan sekaligus “bebenah” dalam rangka perhelatan Asian Games 2018.

Beruntunglah tempat ini menjadi area publik hijau … bisa dinikmati oleh semua masyarakat dari segala lapisan … gratis. Meskipun langit tetap mendung tapi berjalan jalan disini membuat mood jadi riang gembira lagi …

Jadi jika berolahraga atau berjalan jalan saat CFD Sudirman atau bermain ke GBK … maka tempat ini sangat layak untuk dikunjungi apalagi posisinya tidak jauh dari pintu masuk dari jalan Jend Sudirman atau pintu masuk 7 yang dekat ke jembatan Semanggi.

Saat ini masih terlihat gersang .. maklum masih baru, pohon pohonnya belum tumbuh lebat … tinggal tunggu waktu .. seiring perjalanan waktu dan perawatan .. area ini akan menjadi hutan kota.

Lokasi Hutan Kota GBK
Koordinat google maps -6.222443, 106.806927


Minggu 9 Desember 2018

 

14 thoughts on “Nyantai di Hutan Kota Gelora Bung Karno

  1. Saya juga baru tahu dari posting ini. Wah, ini setahun lagi pasti hijo royo-royo. Pemasok udara bersih untuk lingkungan sekitarnya. Keren. Salut buat Pak Anis Baswedan, yang bekerja gak perlu “nampang dan koar-koar” media-media mainstream.

    • pembangunan memang perlu kontribusi banyak pihak. Perubahan dan pembangunan bekas driving range ini dimulai tahun 2016 sebelum beliau menjabat.
      Mudah2-an dengan kepedulian beliau area hutan kota ini tetap terjaga dan semakin hijau dan rimbun.

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas…

    Didoakan sentiasa sihat dan pastinya akan banyak menjelahi lokasi menarik denga speda setianya. Asyik juga melihat rumah-rumah yang berlatar belakang bangunan tinggidi tengah kota raya. Jika banyak pepohon yang merimbun dan menghijai pasti banyak oksigen yang dapat dihirup untuk menyihatkan warganya.
    Eloklah dipelihara alam sekitar agar dapat menjamin kesinambungan eko sistem flora dan fauna buat menyegarkan kehidupan di kota. Mudahan akan banyak taman-taman rekreasi diwujudkan oleh pihak pemerintah untuk warga kotanya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Waalaikumsalam wr wb puan Fatimah

      Aamiin .. terimakasih doanya, semoga puan Fatimah sekeluarga selalu sehat bahagia.
      Semakin banyak taman kota atau hutan kota semakin bagus bagi warga kota … jadi paru paru kota supaya warganya tetap sehat, mudah2-an warga kota selalu menjaga dan merawatnya.

      salam sehat bahagia dari Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s