Adakah Tawanan di gua ini ? – Goa Tawanan aka gua Silandak – Sodong

Gunung kapur Klapanunggal memang menyimpan banyak … ehh.. kalimat tepatnya apa ya … Pokoknya banyak gua disana. Gua Cikarae, Arca, Ciwadon, Lalay … apa lagi ya .. ada beberapa lagi sih .. dan ada satu lagi destinasi gua yang tidak jauh dari pemandian mata air Sodong yaitu gua Silandak atau disebut juga gua Tawanan.

Kenapa disebut Tawanan ya… siapa yang ditawan disana ???

Sekalian jalan jalan… sekalian check siapa sih yang ditawanan disana, berangkatlah saya kesana.
Perjalanan pergi tidak neko neko.. dari Kalimalang ke Narogong dan sampai di Cileungsi.
Masuk kedalam dalam komplek perumahan dan jalanan kampung dan tibalah di daerah perkebunan kelapa sawit dibelakang Taman Buah Mekarsari.

bekas area sawit yang telah diratakan dan blong … 

Gowes membelah perkebunan sawit dan masuk kampung keluar kampung akhirnya sampailah di jalan desa yang membelah pesawahan dan dikejauhan terlihat membentang gunung kapur Klapanunggal.

area perkebunan sawit 

Terus saja sepeda dikayuh dan perjalanan mulai melandai menanjak… tibalah di satu titik yang ada loket masuk … mobil dan motor dikenakan tarif masuk … sepeda gratis. Karena daerah ini menyatakan diri sebagai desa wisata … desa Ligarmukti. Kalau desa wisata mesti bayar ya om … ???

Salah satu yang menjadi destinasi destinasi utama di daerah sini adalah pemandian mata air Sodong, ada homestay juga … gua atau goa goa, trek sepeda MTB, pesawahan … seharusnya stone garden juga dikemas disini karena banyak bertebaran batu batu yang unik unik .. bagus untuk spot foto.

Tidak jauh dari loket .. sampailah di pemandaian mata air Sodong … masih pagi jadi belum ramai oleh wisatawan. Tak berhenti saya terus lanjut.. menanjak melewati belokan ke gua arca alias gua pendekar alias gua taman talaga.. ada lagi belokan ke kanan jalan tanah menanjak saya lewati dan ada lagi belokan ke kanan menanjak beton.. saya lewati… tapi saya ragu.. tanya sama penduduk yg kebetulan saya temui .. ” ohh .. gua Silandak lewat jalan itu pak “. Ya jalan menanjak beton… di belokannya ternyata ada umbul umbul dengan tulisan gua Tawanan tapi kondisi sudah robek2.

Saya gowes menanjak cukup curam ke atas.. sampai ke perkampungan kecil dan keluar kampung lagi … jalanan berubah jadi jalan tanah bebatuan kapur kecil kecil seperti kerikil.

goa Tawanan ada di perbukitan di depan

Meskipun mulai masuk ke area gunung Klapanunggal.. tapi saya merasa tidak terlalu sepi, karena masih menemukan rumah2 penduduk yang tersebar satu satu menyendiri. Beda jika melalui jalan tanah menanjak sebelumnya yang dilewati sebelum belokan semen ini, langsung masuk hutan dan baru menemukan rumah setelah berkilo kilo meter ketika saya pergi menuju curug Cimapag.

Di jalur menuju gua Tawanan walau hanya saya sendirian gowes tapi tidak merasa kesepian karena masih melewati rumah2 yang menyendiri, meskipun ketika saya lewati tertutup sepi, mungkin sedang pergi berladang, karena saya juga melewati ladang2 penduduk.

tipikal jalan menuju goa Tawanan

Terus saja… dan akhirnya sampai di gapura kayu dan ada tangga beton menanjak ke atas bukit. Pasti ini menuju gua Tawanan … di dekat gapura ada 4 sepeda parkir. Pasti goweser2 itu sedang pergi ke gua. Allhamdulillah … ada teman di atas. Kalau hanya sendirian.. saya mikir2 juga.

gerbang menuju goa

Sepeda saya kunci di pohon dan lanjut mendaki tangga beton curam ke atas bukit … sambil mendaki saya foto2 situasi .. beberapa kali kejadian di tempat2 seperti ini .. tidak hanya kali ini … ketika mau foto, camera tidak mau nyala… padahal batere sudah di charge penuh dan sebelumnya di perjalanan sudah foto2 oke oke aja camera. Tapi sekarang tidak mau nyala.. batere dikeluarkan dan dimasukkan lagi tetap tidak mau nyala … saya baca basmalah dan ucapkam salam … dan taraaa … waktu di tekan button ON-nya.. camera nyala… wallahuallam.. dengan kejadian seperti ini … beberapa kali saya alami kejadian seperti ini .. ketika menjelajah ke tempat2 seperti ini.

Slide7

Mendaki tangga beton untuk menuju goa

Saya terus mendaki ke atas … tangga zigzag mendaki menyusuri tebing bukit dan sampailah dimulut gua. Gua sedikit menurun ke bawah… dan terlihat membesar dibawah seperti aula .. sepi… mana para goweser… saya hanya keliaran disekitar mulut gua .. ketika mendengar ada suara orang bercakap cakap dalam gua.. saya turun kedalam gua dan ketemu 4 goweser.. mereka baru keluar dari menjelajah ke arah lebih dalam .. tapi balik lagi tidak berani terus melanjutkan, katanya masih panjang guanya dan sangat gelap.

terdapat bolong di atap menyinari area goa

Mereka heran.. koq berani datang sendirian ketempat seperti ini… Saya bilang aja ada 4 sepeda di bawah berarti ada orang disini. Kita kenalan dan ngobrol2 … merekapun tidak tahu kenapa disebut gua tawanan … tidak ada orang yang ditawan disini.. landak juga tidak kelihatan. Tidak ada deskripsi mengenai sejarah gua ini … mungkin sengaja dibiarkan untuk tetap jadi misteri ..

Kita berada di “aula” di dalam gua dekat pintu masuk. Di langit langit gua terdapat 3 bolongan… sehingga sinar matahari menerobos masuk. Beberapa stalaktit dan stalagmit yang besar membuat gua ini eksotis.. tidak tercium bau kotoran kelelawar .. saya tidak tahu apakah gua ini dihuni kelelawar atau tidak.

Gua ini keren dan unik… terutama area “aula” ini.. karena ada sinar matahari yang menerobos dari langit2 sehingga suasana dalam gua dapat terlihat jelas… stalaknit stalagmit .. struktur bebatuan di dinding … pokoknya unik.

akses untuk menuju lebih dalam

Sepertinya gua ini disiapkan untuk jadi destinasi wisata, terlihat dari akses jalan kerikil, gerbang kayu, tangga beton… umbul2 dijalan… tapi sayang tidak terexpose.. belum terkenal.. bahkan saya tidak melihat papan petunjuk atau penerangan di area mata air sodong bahwa ada gua Silandak atau Tawanan ini… atau ada .. tapi saya tidak melihatnya karena tidak eyecatching.

goweser asal Klapanunggal yang menemani

view dari mulut goa

Dari kolam mata air Sodong ke gua ini mungkin sekitar +- 2 km, tidak jauh, jadi hiking dulu kesini.. baru pulangnya cebur2-an di kolam mata air alami …buat badan segar kembali.
Karena gua ini ada di ketinggian kita bisa melihat view lembah hijau dan pesawahan di kejauhan … keren. Kita menikmati view .. sambil ngobrol ngobrol yang ringan ringan.

Jam menunjukkan jam 9 lebih, saya pamit pulang duluan.. meninggalkan mereka yang ingin tetap stay dulu di tebing ini … menikmati pemandangan sampai bosan.

Lokasi gua Silandak / Tawanan
Desa Ligarmukti, Kec Klapanunggal, Kab Bogor
koordinat Googlemaps -6.502267, 106.991983


Sabtu 17 November 2018

 

Iklan

16 thoughts on “Adakah Tawanan di gua ini ? – Goa Tawanan aka gua Silandak – Sodong

  1. Serem gitu kang kameranya ga mau ON. Mereun yang di sana gak pengen kejepret ya hehehe.
    Pemandangannya bagus, goanya ciamik. Tapi jadi penasaran, ada apa ya di dalam goanya. Mata air kah, atau mungkin ada kisah misteri gitu hmm. Semoga kelak ada ahli geologi yang mengeksplorasi ya.

  2. Stalaktit dan stalagmitnya seperti ada yang merawat. Iya, dirawat alam, hehe…

    Kulonuwun ke penghuni alam gaib memang perlu dilakukan untuk daerah yang sepi begitu. Percaya tak percaya juga sih. Tapi itulah kenyataan.

    Seperti biasa foto alami yang disuguhkan sungguh luar biasa. Ini hasil perjuangan keras. Hasil sebanding dengan perjuangan.

    • iya betul mas Alris .. harus kulonuwon … jangan slonong boy aja .. percaya ga percaya ya.

      guanya memang keren untuk foto2 … apalag di “aula”-nya .. masih ada sinar masuk jadi bisa lebih bagus foto2nya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s