Jalan jalan ke Cariu – Penangkaran Rusa Girijaya

Penangkaran Rusa di daerah Bogor ada di beberapa tempat, salah satunya ada didaerah Cariu Jonggol yang memiliki lahan yang terbesar. Berada di kaki gunung Sanggabuana dengan suasana yang hijau oleh pepohonan, sungai yang mengalir dan tempatnya tidak terlalu ramai cocoklah untuk berwisata gowes kesana, jarak tempuh untuk mencapai lokasi 67 km-an .. lumayan juga .. ya tidak apa apa namanya juga jalan jalan.

Minggu pagi gowes menuju lokasi tikum 1, halte Giant Kalimalang, meskipun jawabannya mengambang ikut atau tidak dan tidak ada konfirmasi lagi, saya tetap kesana … duduk dihalte … sampai 15 menit tidak muncul dan tidak ada kabar saya berangkat menuju tikum kedua di Metland Cileungsi. Kirim kabar akan tiba terlambat … janjian 7.40 saya baru sampai 7.50. Sampai disana dua teman sudah menanti om Adi dan om Asep.

Ngobrol dan cemil sebentar … jam 8.10-an kita berangkat … beberapa hari ini hujan dan saat ini mendung .. mudah2-an tidak hujan, plusnya udara tidak menyengat nyaman untuk riding. Perjalanan rolling naik turun dengan dominasi tanjakan, melewati Citra Indah dan terus ke atas. Selepas alun alun Cariu om Asep melesat meninggalkan kita menunjukkan kelasnya sebagai atlet. Kita berhenti dulu .. om Adi trouble dengan rantainya. Beres utak atik .. baru lanjut sebentar .. “eh kita ngemil dulu yu ..” Berhenti lagi, om Adi bawa leupet … ya sudah kita sikat dulu .. maklum belum sarapan dari berangkat … lumayan dapat asupan energi.

Perjalanan ke Cariu ini menyenangkan .. aspalnya mulus, pemandangan sawah dan pegunungan di kanan kiri, traffic-pun tidak ramai .. paling kalau lagi apes .. ditanjakan bisa di belakang truk yang menggerung gerung dengan asap hitam tebal .. kalau truknya bawa beban berat bisa disalip, tapi kalau bebannya tidak terlalu berat .. ya susah disalip … karena truknya tidak cepat dan tidak pula pelan banget.

Beres makan leupeut .. Lanjut gowes lagi .. menanjak dan menurun .. tepat sebelum belokan ke penangkaran rusa .. om Asep menanti dibawah pohon. Om Adi kebablasan belokannya berhubung menurun curam jadi enjoy aja … kepaksa disusulin dulu ke bawah .. dan balik lagi nanjak ke atas.

Dari jalan raya menuju penangkaran rusa jalan berbatu menurun kebawah, tapi jika akses yang lama (jembatan gantung yang roboh) terus menurun curam ke bawah, sekarang ada jalan belok kiri menyusuri tebing sehingga lokasi parkir kendaraan lebih mendekat ke area penangkaran rusa.

akses baru menuju penangkaran rusa dari jalan raya

Mengikuti jalan ini dan sampailah di gerbang loket .. jam menunjukkan 10.15 .. belum terlalu siang, tiket masuk sekarang menjadi Rp. 20.000 dan sepedapun dikenakan biaya parkir sama dengan motor Rp. 5.000 .. welehhh, sepeda aja kena tiket parkir …  Masuk area parkiran dan disana sudah ada beberapa wahana permainan terutama untuk anak anak kecil, bahkan ada kolam renang. Ternyata sekarang area penangkaran rusa Girijaya dkelola oleh swasta bekerja sama dengan Perhutani sehingga terdapat beberapa wahana permainan dan otomatis tiketnya menjadi naik.

Sepeda kita bawa menuju area penangkaran rusa, menyebrangi jembatan yang melintasi sungai Cibeet, jembatan di percantik dengan payung payung .. bagus untuk spot selfie. Dari jembatan ini ke penangkaran rusa sekitar 200 meteran melewati warung warung berjalan kaki sekitar 10 menitan sudah sampai di penangkaran rusa.

Kabarnya penangkaran rusa dilahan Perhutani ini sudah ada sejak tahun 1993 dengan total lahan seluas 8.4 ha. Saat ini hanya ada 15 ekor rusa disini dari beberapa spesies, karena sebagian sudah di berikan kebeberapa tempat.

Sayangnya pas kita sampai disini hanya ada satu yang berkeliaran didekat sini dan diapun tak lama langsung pergi. Yang lainnya …. meskipun di panggil panggil oleh pawangnya tetap tidak datang … tidak tahu kenapa .. apa malu ketemu kita .. tidak pede gitu … tapi kalau kata pawangnya kemungkinan mereka masih pada kenyang. Memang katanya di jam2 seperti ini tidak selalu rusa itu datang, yang hampir pasti kalau di antara jam 14 sd 16 rusa selalu datang.

Ya sudah bagaimana lagi … mesti ditungguin sampai lebih dari satu jam-an .. tetap tidak muncul muncul .. beberapa keluarga yang datang bahkan sudah beli pakan rusa .. terpaksa harus kecewa. Padahal rusa rusa itu jinak, seru sekali bermain main sambil memberi mereka makan. Saya tampilkan foto2 beberapa tahun lalu ketika saya ketempat ini dan rusa rusanya sedang ceria ceria berkumpul dan bermain dengan pengunjung yang datang.

“yang .. rusanya ga ada ” .. ngga apa2 kan ada aa ..#Eiyaa

Selain bermain dengan rusa terdapat beberapa wahana permainan anak, kita bisa bermain di sungai dengan menggunakan ban dalam mobil, ada juga kolam renang, beberapa spot selfie dan juga tersedia spot camping.

area camping

Akhirnya kita hanya nongkrong di warung di bawah kerindangan pohon .. sambil rehat, duduk duduk ngobrol sambil makan mie instan. Jam 12 akhirnya kita beranjak pulang. Dalam perjalan ke jalan raya .. saya berhenti dulu untuk foto foto dan ketika sampai di jalan raya hanya ada om Adi yang menunggu, om Asep sudah melesat pergi.

Kita gowes pulang berdua dan karena saatnya jam makan siang .. ketika melihat sate sapi dan sop sum sum … kita tergoda untuk mampir. Makan apa saja kalau lagi capek dan lapar enak … apalagi sate sapi dan sop sum sum .. kita makan sepuasnya sampai kenyang dan melanjutkan perjalanan pulang dengan perut kenyang.

Lokasi Penangkaran Rusa Girijaya Cariu
Buanajaya, Tanjungsari, Cariu, Bogor
Koordinat Googlemaps -6.6329485, 107.1719057


Minggu 28 Oktober 2018

 

Iklan

14 thoughts on “Jalan jalan ke Cariu – Penangkaran Rusa Girijaya

  1. Lah sepeda juga ditarik 5K? Ya wislah kereen banget jembatan bambu merah putih. Ternyata ada jam bezoek rusa ya dengan penanda laparnya. Hanupis Kang diizinkan ikut melongok penangkaran rusa Cariu. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s