Tempat Camping Bekasi ada di daerah tertinggi Bekasi – Bumi Perkemahan Karang Kitri

Tidak banyak yang tahu kalau di Bekasi punya bumi perkemahan

Tidak banyak yang tahu daerah tertinggi Bekasi ada dimana ???
Tinggi seperti gunung … ??

Beberapa tahun yang lalu saya pernah sesepedahan ke daerah ini, waktu itu bermain main ke Situ Abidin, dan melintasi area Bumi Perkemahan Karang Kitri, ya hanya melintasi saja. Beberapa minggu ini terbesit di benak seperti apa sih area dan kondisi di dalam bumi perkemahan Karang Kitri.

Minggu pagi jam 6.30an saya berangkat kesana … ada dua pilihan rute, melalui area pedalaman Bekasi atau melalui perumahan Delta Mas Cikarang. Setelah melalui pertimbangan tanpa konsultasi orang pintar – teman saya yang jago matematika tidak tertarik untuk membahas hal ini – saya memilih rute melalui pedalaman Bekasi … alias blusukan. Pulangnya akan ambil jalur Delta Mas supaya lebih lancar dan cepat sampai rumah.

Dari Kalimalang masuk ke area Taman Galaxy, lewat Kemang Pratama, menyebrang jalan Narogong raya dan masuk lagi jalanan kecil … terus aja berbulak belok bulak belok bulak belok di jalanan kecil .. kadang terlewat belokannya … balik lagi .. atau berhenti mengamati GPS untuk memastikan bahwa ini belokannya … karena kadang jalanannya meragukan atau jalanannya sudah dipagari, atau di teriakin warga …. “pak jalan kesana buntu ..” jadi harus cari jalan memutar. Itulah dinamika jalanan kecil kampung .. kalau kita bikin track atau rute berdasarkan versi jalan kaki di googlemaps .. kenyataan dilapangan suka berbeda, ini hanya bagian dari dinamika blusukan.

Dengan melalui rute perkampungan ini alias tidak melalui jalan utama … kita akan sering melalui pesawahan dan perkebunan penduduk … yang membuat kita merasa seperti bukan di Bekasi .. seperti berada di pekampungan yang jauh dari Bekasi. Karena sedang musim kemarau …. kondisi pesawahan dan perkebunannya kering kerontang … mudah2-an cepat musim hujan supaya para petani dapat menanam hasil bumi kembali.

Memasuki daerah pedalaman Serang Baru suasananya sudah benar benar berbeda .. lebih ndeso lagi, jalanan mulai landai menanjak … ya pokoknya sering ketemu tanjakan, tapi tidak ekstrem masih oke di gowes. Jalanan berkelok kelok .. sepi .. jarang ketemu kendaraan … seperti jalanan mau ke gunung .. haha. Areanya berbukit bukit .. otomatis sawahnya berundak undak … sayangnya karena musim kemarau .. sawahnya kering .. gersang. Kalau musim penghujan pasti keren … hamparan sawah berundak yang hijau .. sejauh mata memandang .. seperti di Ubud .. halahhh.

Ketika melewati jembatan besi .. ada plang ..” Selamat datang di Kecamatan Bojong Manggu “ … wah destinasi sudah dekat nih. Melipir dulu ke Rawa Bedeng. wah … rawanya benar benar kering …. terhampar seperti lapangan yang luas. Suasana musim kemarau …

Perjalanan dilanjutkan ke destinasi utama, dari jalan utama desa keluar ke jalanan tanah dan berbatu batu .. melewati area perkebunan jengjeng atau jati ya .. pokoknya rimbun teduh, juga melewati beberapa area pesawahan yang berundak undak … ya .. sudah pasti jalanannya menanjak .. masih gowesable.

Dan akhirnya ketemu kembali ke jalanan utama yang bercor semen … tak lama sampailah di gerbang Bumi Perkemahan Karang Kitri.

Pintu gerbang terbuka lebar dan saya masuk kedalam .. tidak ada yang jaga sama sekali, kabarnya untuk masuk dikenakan tiket Rp. 3.000,- Waktu saya datang suasana perkemahan ini sepi .. sepertinya tidak banyak yang datang kesini .. jadi ngapain juga dijagain .. haha.

Masuk terus kedalam, jalanan menurun, melewati gedung gedung .. sepertinya ruang kelas atau sejenisnya. Dan sampailah di area lapangan luas terbentang, disana sedang ada acara .. ada yang melakukan kegiatan di lapangan bermain bola dan ada juga yang sedang camping.

Saya menjelajah area buper ini, bisa dikatakan ada 3 lapangan yang dapat di manfaatkan untuk kegiatan. Rata rata area buper ini di tumbuhi oleh pepohonan jati. Areanya berbukit bukit dan sebagian seperti hutan lebat. Gedung gedung ada di bagian depan, di bagian belakang juga ada sih .. tapi seperti rumah penjaga.

Pada saat saya kesini .. ada 2 kelompok yang sedang camping, di lapangan utama dan di lapangan belakang. Paling tidak saya tidak terlalu kesepian berada disini … ada merekapun masih terasa sepi, coba kalau tidak ada yang camping … sunyi. Konon luas area buper ini 40 ha … jadi gede banget kan … sayang tidak membuat program2 atau spot2 yang kece untuk menarik wisatawan kesini … bukan hanya untuk yang camping saja.
Meskipun Buper ini dikelola oleh organisasi Pramuka Bekasi tapi bisa juga dimanfaatkan oleh umum. Kalau mau mengadakan acara sih tempat ini memadai, karena di sini sudah ada : aula, ruang ruang kelas jika ingin mengadakan pelatihan, penginapan ada .. jenis barak pun ada. Kamar mandi dan MCK sudah pasti ada, juga mushola. Oh iya ada fasilitas untuk outbound juga, saya lihat ada di bagian depan.

Kalau ingin menikmati alam, trekking maupun piknik .. apalagi jika camping … Buper Karang Kitri Bekasi bisa jadi pilihan untuk dipertimbangkan. Jika ingin melihat suasana Bekasi yang berbeda … pedesaan Bekasi … alam Bekasi yang berbukit bukit hijau (kalau musim hujan) serta dengan sawah yang berundak undak .. cocok banget untuk berekreasi ke daerah Bojongmangu Bekasi.

Setelah berputar putar .. saya mencari tempat yang rindang di bawah pohon yang memandang luas ke lapangan utama … dan menggelar semua perbekalan .. sambil mengunyah perbekalan … meskipun jam menunjukkan jam 10 lebih … dan matahari terang benderang … tapi angin sepoi sepoi yang bertiup tidak panas .. sejuk. Wah bener nih .. inikan daerah tertinggi di Bekasi. Just for info, di sekitar kota Bekasi ketinggiannya berkisar antara 20 sd 30 meter di atas permukaan laut. Sedangkan di Bojongmangu ini .. di Bumi perkemahan Karang Kitri berada di ketinggian 95 meter di atas permukaan laut, lumayankan cukup tinggi … kota Bogor aja ketinggiannya di 190 m .. artinya lebih tinggi kota Bogor .. hehe .. #MaksudnyaApa
Pokoknya kalau cari area tertinggi Bekasi ya di area Perkemahan ini .. tepatnya di jalan utama yang melintasi gerbang perkemahan, karena kalau di perkemahannya, kontur tanah sudah menurun atau berada di punggung bukit.

Mungkin kalau dibuat spot khusus tempat tertinggi Bekasi dengan view ke lembah … kaum selfie mania akan datang meramaikan tempat ini …

Beres rehat .. saya berangkat pulang sekitar jam 11-an, mengambil jalur ke perumahan Delta Mas Cikarang. Menyusuri jalanan cor semen dan lebar, jalanan rolling naik turun tapi di dominasi oleh turunan dan mengikuti track yang saya buat untuk menuju Delta Mas, di satu titik berbelok ke jalan yang sepertinya tidak terlalu terurus seperti di tinggalkan … dan ternyata jalanan terputus … di depan sudah terbentang hamparan tanah luas dan rata berhektar hektar siap dijadikan kawasan industri. Dahulu bersepeda kesini untuk bermain main di bukit teletubies … jalanan tanah single track sangat mengasikkan, sekarang hampir semuanya sudah rata … tinggal sejarah.

Ada jalan setapak melipir untuk turun ke bawah dan sampailah di area industri, terus mengikuti jalanan utama yang sangat lebar dan berhotmix mulus. Mampir dulu makan siang di rumah makan dekat jembatan yang mau menyebrangi tol Cikampek. Tempatnya enak dan lumayan ramai … apalagi pas jam makan siang begini. Pilih menu sop sapi .. rasanya sih standar saja … cukuplah untuk menambah energy … untuk gowes balik .. dan tiba di rumah jam 14.19.

Lokasi Bumi Perkemahan Karang Kitri
Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmangu, Bekasi.
Koordinat Googlemaps -6.454882, 107.189862


Minggu 16 September 2018

Iklan

6 thoughts on “Tempat Camping Bekasi ada di daerah tertinggi Bekasi – Bumi Perkemahan Karang Kitri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s