Ayoo .. Main ke Taman Lapangan Banteng — Makin Keren Habis

Terakhir saya datang kesini memang sedang akan direnovasi… katanya2 sedang akan … hmm gimana maksudnya ya …
Saya dengar kabar selentingan renovasi sudah selesai dan sekarang jadi kece. Ngga kerasa waktu setahunan berlalu, jadi pengen lihat.

suasana mendekat bundaran HI … full lautan manusia

Berangkatlah hari minggu kesana melalui Semanggi dan mengarah ke bundaran Hotel Indonesia (HI).
Area CFD sangat ramai benerrr… apakah karena masih euforia Asian Games, atau apa. Bahkan ada beberapa area senam bersama, dari perusahaan riter furnitur, finansial … ngga tahu perusahaan apalagi … pokoknya peserta senamnya ramai ramai.
Mendekat bundaran HI … bener2 crowded, sepeda susah lewat … bahkan akhirnya sepeda saya tuntun.

Selepas HI walaupun masih ramai tapi sepeda bisa digowes. Melewati Monas yang sangat ramai, sepertinya ada acara funbike dan acara lainnya. Terus melalui Gambir dan sampailah di Taman Lapangan Banteng.

Wowww… bener2 beda banget… jadi pangling.. kece beneran.

Taman Lapangan Banteng memang sudah ada sejak zaman Belanda bahkan di klaim sebagai taman tertua di Indonesia. Pada saat era Soekarno, beliau ingin memiliki karya seni monumental yang dapat diikmati publik seperti di negara negara Eropa. Maka di desainlah lapangan Banteng oleh arsitek Friedrich Silaban sebagai monumen pendamping Tugu Monumen Nasional (tugu Monas), dan dibuatkan patung setinggi 9 meter yang melambangkan terputusnya kekuasaan Belanda atas wilayah Irian Barat. Sketsa patung di desain oleh seniman Henk Ngantung, sedangkan patungnya dibuat oleh Edhi Soenarso yang juga membuat patung Selamat Datang di bundaran HI dan patung Dirgantara atau lebih dikenal tugu Pancoran. Sehingga Monumen Pembebebasan Irian Barat dapat berdiri tegak pada 17 Agustus 1963 di Lapangan Banteng, sebagai salah satu patung ikonik yang ada di Indonesia. Patung ini sekaligus mengingatkan kita pada sejarah Trikora (Tri Komando Rakyat) nama operasi yang dikumandangkan Presiden Soekarno untuk membebaskan Irian Barat dari Belanda.Setelah dilakukan revitalisasi taman sejak tahun 2017, Patung atau monumen Pembebebasan Irian Barat tetap pada tempatnya… #YaEyalah … tapi area sekitarnya dipercantik.

Terdapat 3 zona, zona satu yaitu area Monumen Pembebasan Irian Barat. Zona dua tempat olahraga. Sedangkan zona tiga adalah area taman.

Pada zona monumen pembebasan Irian Barat didirikan bangunan setengah lingkaran yang berfungsi sebagai amphitheater yang dapat digunakan untuk berbagai aneka pertunjukan, lengkap dengan kolam luas yang semakin membuat tempat ini wah.
Zona kedua merupakan zona olahraga yang kabarnya akan buka selama 24 jam. Sedangkan zona ketiga merupakan hutan kota yang berupa taman.

Hebatnya dana untuk mempercantik taman ini tidak datang dari kocek Pemprov DKI, tapi berasal dari swasta yaitu dari Corporat Social Responsibilty (CSR) dan dana kompensasi koefisien lantai bangunan (KLB) perusahaan swasta.

Sejarah mengenai Monumen Pembebebasan Irian Barat di jelaskan melalui tulisan tulisan di salah satu area dinding yang memanjang.

Fasilitas pendukungnya juga sudah lengkap tersedia, toilet pria dan wanita ada di beberapa tempat bahkan mushollanya-pun sudah ready. Nyaman deh kalau mau spend waktu berlama lama disini.

Lokasi Taman Lapangan Banteng
Jalan Katedral, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jalan Lapangan Banteng Utara, Jakarta Pusat.
Koordinat Googlemaps -6.170477, 106.834995


Minggu 9 September 2018

Iklan

16 thoughts on “Ayoo .. Main ke Taman Lapangan Banteng — Makin Keren Habis

  1. Beberapa hari lalu sempat lewat area lapangan Banteng ini, dan lihat sekilas kalau penampilannya sudah berubah lebih kece daripada sebelumnya. Cuma belum sempat mampir. Eh malah lihat postingan ini, jadi dapat laporan pandangan mata duluan di sini deh. Jadi cakep yaaa …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s