Mau Piknik ke sini aja — Taman Bunga Wiladatika

Salah satu taman asri di Jakarta yang sudah cukup lama tapi agak sedikit terlupakan adalah Taman Bunga Wiladatika. Bagi warga Jakarta sendiri mungkin banyak yang belum pernah kesana. Bagi saya ini akan menjadi kali kedua ke taman ini, kali ini saya ingin menjelajahi taman ini. Jika googling Taman Bunga Wiladatika maka sering muncul foto taman yang keren dengan background pegunungan, jadi saya sekalian ingin memastikan ada tidak spot itu.

Gowes kesana di Sabtu pagi melalui Pondok Gede dan berbelok belok bahkan sampai masuk gang kecil dan muncul2 di Munjul … Munjul ya bukan muncul, diteruskan sedikit lagi sampailah di daerah Cibubur.

Daerah Cibubur di sebelah sini hampir tidak ada perubahan significant setelah bertahun tahun .. tidak pangling sama sekali.

Tak lama kemudian berada di dekat mall Cibubur Junction, nyebrang jalan dan sampailah di gerbang Taman Wiladatika.

Jam 8-an… masih sepi, cukup bayar tiket masuk Rp. 8.000,- dan mulailah saya akan berjalan jalan .. eh gowes memutari taman ini, kalau jalan kaki memutari taman bikin gempor juga pastinya.

Taman Wiladatika memiliki luas +- 15 ha untuk keseluruhan lahan, tapi yang digunakan untuk area taman bunga sekitar 3 sd 5 ha, karena selebihnya dimanfaatkan oleh area lain. Dahulunya taman ini adalah bagian dari area Taman Pramuka Jambore Cibubur tapi terputus karena pembangunan jalan tol Jagorawi berarti taman ini sudah ada sejak tahun 1980-an.

Tidak jauh dari pintu gerbang adalah area kolam renang, diteruskan lagi ke arah sisi tol ada area permainan Paint Ball bernuansa militer .. seumur umur belum pernah saya main Paint Ball… ehh sempat sempatnya curcol disini.

Dipojokan mentok ada taman besar… namanya saya lupa … ketemu sama beberapa pelari disini.. yang lagi jalan santai, maksudnya… bajunya style pelari lengkap tapi mereka sedang berjalan santai.
Kurang lebih sama seperti saya… baju bukan penampilan pesepeda tapi sedang jalan tuntun tuntun sepeda …. #JadiApaMaksudnya. Yah… pokoknya di bagian taman ini ada area yang rindang karena banyak pohon2 yang sudah besar.

Lanjut lagi dan akan menemukan area permainan anak2, ada kereta api, bom bom car, mini carousel, dan masih banyak wahana main lainnya… prosotan juga ada.

Ada danau kecil yang juga tempat wahana naik perahu perahuan dengan pohon yang terlihat sudah tua … besar dan rindang. Tidak jauh dari area ini ada area rumah Jepang sudah pasti bernuansa Jepang dan sepertinya ada taman Jepang di dalamnya, tapi saat saya datang tertutup.

Bagi yang ingin mengadakan acara bersama, ada beberapa spot yang bisa disewa ; beberapa gazebo bahkan lapangannyapun dapat dimanfaatkan. Pada saat saya kesini ada tiga kelompok sedang bersiap siap melakukan acara. Dua memilih di gazebo dan satu lagi menggunakan lapangan.

Spot terakhir yang saya kunjungi sepertinya adalah icon tempat ini, taman melingkar dengan air mancur di tengahnya. Posisinya sebenarnya dekat sekali dengan pintu masuk, karena saya jalan memutar maka tempat ini saya kunjungi terakhir. Ini menjadi tempat saya rehat .. duduk ditepi taman … makan cemilan dan memandang ke area sekitar yang luas .. sangat menenangkan. Tempatnya menurut saya sih bagus … spot bagus untuk foto foto … kayaknya foto prewed sering mengunakan tempat ini … #SotoyBanget.

Setelah memutari taman … area taman bunga yang sering muncul di internet jika gooling Taman Bunga Wiladatika … ternyata tidak ada disini. Menurut saya foto itu berasal dari Taman Bunga Nusantara di daerah Cipanas Puncak. Jadi jika sudah kesini dan tidak menemukan spot tersebut tidak perlu kecewa … masih banyak spot menarik disini, apalagi jika menikmati taman sambil piknik.

Saat saya datang hanya menemukan satu keluarga kecil melakukan piknik di sini … piknik dengan menggelar taplak di rumput dan membawa makanan …. bener2 khas piknik …. hmm jarang banget melihat yang seperti ini.

Mungkin jika ingin banyak dikunjungi lagi .. terutama oleh kaum millennial, seharusnya membuat spot spot foto yang instagramable … ada beberapa tempat wisata lama yang hampir dilupakan dan dengan menerapkan resep tersebut jadi popular kembali dan ramai lagi dikunjungi.

Meskipun tidak ada spot instagramable artificial … jika ingin jalan jalan ke taman, tidak jauh dari Jakarta … apalagi aksesnya mudah sekali karena dekat dengan pintu tol Cibubur … bisa piknik dan bawa anak anak kecil karena ada wahana permainannya …. serta tempatnya tidak crowded … ya main aja kesini … yukkk

Lokasi Taman Bunga Wiladatika
Jl. Jambore No.1, Cimanggis, Jawa Barat
Koordinat googlemaps -6.370861, 106.893636


Sabtu 25 Agustus 2018

 

Iklan

6 thoughts on “Mau Piknik ke sini aja — Taman Bunga Wiladatika

  1. Masih asik ya kang piknik di taman ini. Sayang sekali taman penuh sejarah ini gak dikelola lebih baik.
    Saya khawatir lama-lama lahannya makin mengecil lalu hilang. Contohnya, itu lahan mall dekat situ kan dulunya bagian dari taman wiladatika.
    Saya aktif lagi ngeblog kang, hehe…

  2. Menikmati postingan ini bbrp hari lalu untuk referensi ingatan eh balik lagi…terpikat dg spot taman keren berlatar gunung di aneka bacaan. Nemukah?
    Semakin pengin berkunjung karena mudahnya akses. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s