Sungai di Kota Tua Jakarta Semakin Keren – Kali Besar Kota Tua

Beberapa kali kesini tapi masih ditutup dan dipagari seng seng… penasaran alias pengen banget melihat Taman Sungai Kali Besar di kota tua.

Kabarnya akan dibuka menjelang Agustusan … saatnya tiba.. libur 17 Agustus saya berangkat kesana meskipun agak siangan tapi tetap semangat tinggi bergelora … serasa gowes dengan semangat 45.

Melewati Banjir Kanal Timur, Kampung Melayu, Salemba, Kramat, Gunung Sahari dan … tibalah di Kota Tua Jakarta .. jam 8 pagi … belum terlalu ramai.

Nah ini dia Kali Besar Kota Tua… sekarang sudah dibuka tidak dipagari lagi oleh seng2. Waw kerennn …. pedestrian kanan kiri sudah ditata rapi dan lebar.. dan di sungainya ada trotoar mengapung untuk jalan jalan, meskipun saat saya ini jalan masuk masih dikunci mungkin belum waktunya … belum diresmikan.

Disungainya ada banyak ikan ikan.. airnya terlihat bersih dan tidak bau… karena air sungainya telah di filterisasi di daerah Asemka … saya kira seperti jenis sungai di Epicentrum Kuningan .. sejenis “sungai palsu”.

Banyak tempat duduk, di sisi pedestrian maupun tempat duduk yang menjorok ke sungai sungai, selain itu juga banyak patung2 lucu.. yang dapat dijadikan teman selfie.

heiii … anak siapa ini …

Disisi jalan yg bersebelahan atau berpunggungan dengan lapangan Fatahillah terdapat bangunan2 tua yang sedang atau akan direnovasi sehingga akan mempercantik area sekitar kali besar. Di sisi ini juga dijadikan area parkir untuk. mobil2 yang datang kesini dengan model parkir bayar sendiri dengan menggunakan emoney ke box parkir yang disediakan.

Kedepannya area ini akan semakin ramai dikunjungi.. menjadi salah satu daya tarik untuk berwisata ke kota tua Jakarta, apalagi jika proyek revitalisasi kota tua telah berjalan semuanya, pasti akan tambah lebih cantik dan lebih menyenangkan berjalan jalan atau berwisata ke kota tua. Diwaktu malampun area ini Kali Besar tetap nyaman … ditemani lampu lampu taman yang bertebaran.. mungkin suasananya akan lebih temaram dan lebih syahdu …

Desain revitalisasi Kali Besar di buat oleh arsitek kawakan Budi Lim yang terinspirasi desain dan penataan Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan. Konon rancangan desain Kali Besar ini sudah diajukan sejak zaman Gubernur DKI di pimpin oleh Soerjadi Soedirdja dan baru dimulai pada tahun 2016.

Sebelum pulang sengaja saya mampir dulu ke lapangan Fatahillah… suasana disini karena masih pagi belum banyak pengunjung… tapi lebih ramai daripada di area taman Kali Besar. Mungkin belum banyak pengunjung yang tahu kalau ada spot kece tersebut di dekat sini.

Piknik ke taman Kali Besar .. bermain disungai atau duduk duduk di tepinya sambil makan cemilan atau ngopi ngeteh … atau hanya sekedar rehat atau bercengkrama dengan handai taulan .. tetap nyaman dan asyik sambil menikmati suasana vintage atau jadul disekitaran kota tua ini. Ingat… jangan nyampah sembarangan.. jangan memalukan dirimu sendiri… tempat sampah sudah banyak disediakan.

Ayokk kita berekreasi ke kota tua ..

Lokasi Taman Kali Besar
Jalan Kali Besar Barat, Tamansari Jakarta Barat.
Koordinat Googlemaps -6.136126, 106.811859


Jumat 17 Agustus 2018

 

Iklan

9 thoughts on “Sungai di Kota Tua Jakarta Semakin Keren – Kali Besar Kota Tua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s