Tambah Satu Hutan Adem di kota Bekasi – Hutan Bambu

Kreatifitas dan kemauan bisa mengatasi segala tantangan … kata kata bijak dan terbukti … salah satu buktinya ada di Bekasi. Daerah yang sering terkena banjir karena berada tepat di pinggir Kali Bekasi dirubah menjadi hutan bambu yang cantik .. rindang dan adem.

Tempatnya tidak jauh dari Metmall .. bisa dikatakan lokasinya ada di tengah kota Bekasi. Gowes setelah melewati Metmall dan lalu melewati prisdo Bekasi atau pintu air Bekasi kemudian saya belok kanan ke jl Kartini, karena ini jalan searah, sepeda saya tuntun dan saya berjalan menyusuri trotoar kecil. Kemudian masuk ke jalan Ranum yang berada di sisi jembatan yang menyebrangi tol Cikampek — Sayang belum ada papan petunjuk di pinggir jalan utama. Masuk gang melewati pemukiman padat dan terus mengarah ke sisi sungai Bekasi. Tepat di tepi sungai … ada “hutan” kecil .. ya inilah Hutan Bambu Bekasi.

Tidak ada tiket masuk .. gratis … sewajarnya kita mengapresasi tempat ini agar tetap terawat dan berkembang, disini disediakan kotak untuk memberikan donasi seikhlasnya. Suasananya rindang adem dan bersih … sangat nyaman untuk bersantai.

Dominasi tumbuhan sudah pasti rumpun bambu .. sepertinya ada beberapa jenis bambu tapi saya tidak memahami … ada bambu hijau .. bambu kuning .. hehe cetek banget penjelasannya. Jika ingin ngemil ngemil .. ngopi, ngeteh .. ngemie .. disini ada warung yang disediakan. Tempat tempat duduk dan saung saung juga ada beberapa … tinggal pilih aja mana yang suka, musholapun sudah tersedia.

Jika ingin foto2 atau selfie2 cantik juga ada beberapa spot … dermaga cinta bisa jadi tempat paling favorit … dengan bentuk love yang besar sangat eye catching untuk eksis di medsos. Dermaga ini juga menjadi tempat perahu bersandar terutama jika pengunjung ingin berwisata naik perahu menyusuri kali Bekasi.

Lahan ini merupakan milik warga .. dulunya kurang terurus namun berkat kreatifitas dan kemauan akhirnya menjadi tempat menarik … bersih dan menjadi pilihan destinasi wisata di Bekasi. Pemkot Bekasi berencana untuk mengembangkan wisata air dan outbound untuk menunjang tempat ini dan area sekitar bantaran kali Bekasi.

Tempat ini memiliki potensi yang dapat terus berkembang menjadi destinasi wisata alam dan budaya yang semakin menarik … butuh pendampingan dari pemerintah maupun komunitas yang peduli terhadap wisata dan kelestarian alam. Mudah2-an kedepannya semakin banyak spot kece, semoga sungai yang melalui daerah ini juga bersih .. tidak banyak sampah mengapung .. juga banyak aktifitas dan program yang diadakan ditempat ini. Keberadaan Hutan Bambu Bekasi selain menjadi destinasi wisata juga sekaligus menjaga lingkungan dan bantaran sungai jadi bersih terawat … serta meningkatkan perekonomian warga sekitar.

ke Hutan Bambu bisa di akses lewat jalur darat atau nyebrang naik perahu

Untuk menuju tempat ini bisa dilalui melalui jalan darat dan air .. ya betul jalan air dengan naik perahu penyebrangan .. jika kita datangnya dari arah seberang sungai .. seru kan. Pokoknya tempat ini cocok deh untuk didatangi sendirian .. berdua … apalagi untuk kumpul kumpul bersama … kumpul kumpul komunitas pasti menyenangkan … warga dan pengelola Hutan Bambu Bekasi .. ramah ramah dan baik dan sangat welcome terhadap pengunjung yang datang.

menuju ke lahan yang disediakan untuk parkiran motor

Ayo kita main ke hutan di kota … Hutan Bambu Bekasi.

Lokasi Hutan Bambu
Kampung Pangkalan Bambu, Kelurahan Margahayu, Bekasi
Koordinat Googlemaps -6.252950, 106.994611


Minggu 22 Juli 2018

Iklan

2 thoughts on “Tambah Satu Hutan Adem di kota Bekasi – Hutan Bambu

    • bagus seperti itu ya mas Sitam, saling mencontoh dan menginspirasi …. daripada rumpun bambu lebat dibiarkan terlantar mending dibuat menarik dan bermanfaat bagi warga sekitar dan wisatawan/pengunjung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s