Tidak hanya untuk Lansia – Taman Lansia Bandung yang Rindang dan Adem

diudag ku T Rex .. tulunggg

Taman di Bandung tidak ada habis2nya, banyak sekali taman cantik dan thematic yang bermunculan. Tapi Taman Lansia sudah ada sejak lama… sebelum era baru pertamanan di Bandung.

Taman Lansia – Lanjut Usia – yang awal posisinya bukan yang saat ini, letaknya ada disebelahnya atau bertetanggaan yang sekarang menjadi taman Pustaka Bunga.
Sepengetahuan saya yang kebetulan besar di Bandung, disebut taman lansia karena di taman itu dahulu rutin ada komunitas lansia yang selalu berjalan jalan berolah raga mengililingi taman tersebut. Di taman tersebut terdapat jalur jalan kaki mengelilingi taman. Suasananya yang rindang adem menjadi tempat yang oke untuk bersantai dan berjalan jalan.

Dan ketika era pertaman di Bandung, taman Lansia di pindahkan ke area taman sebelahnya. Area taman ini sudah ada sejak zaman dulu, mungkin dari zaman Belanda sudah ada. Dari dahulu juga pohon pohonnya sudah tinggi … rindang dan adem .. tanahnya berkontur, dulu ngebayangin jalan jalan disini kayaknya asyik. Tapi taman ini dibiarkan begitu saja … dirawat dan bersih tapi tidak dipercantik dan seperti tertutup pagar tidak ada akses masuk.

Sekarang setelah taman Lansia di pindahkan .. taman ini berubah dan dipercantik dengan atribut dan fasilitas penunjang taman public. Pernah berkunjung kesini … dan setelah ada T Rex “dilepaskan” di taman ini … saya bermain lagi kesini. Mungkin keberadaan T Rex untuk menarik pengunjung muda atau milenial yang gemar selfie datang … biar isi taman ini tidak lansia semua .. haha. Kenyataannya isi taman ini lebih banyak ABG-nya daripada Lansia.

Karena saya datangnya pagi hari … banyak yang olahraga jogjng atau jalan kaki … ya umumnya sih yang sudah dewasa .. alias belum lansia tapi kalangan lansia ada juga. Kalau siang hari sepertinya bakalan didominasi kalangan dewasa atau ABG … ngadem .. foto2 atau jalan2 apalagi banyak tempat menarik diradius 100 sd 200 meteran dari Taman Lansia, diseberangnya terdapat Museum Geologi, Gedung Sate, Museum Pos, Gasibu, Taman Pustaka Bunga dan … kalau mau makan minum … atau jajan … banyak sekali tempat makan atau jajan enak enak … yang legendaris adalah yoghurt Cisangkuy terus juga banyak kios makanan seperti kupat tahu, bubur, batagor, siomay, hotdog, baso cuanki, dll.

Banyak tempat duduk di area ini … bahkan meja panjang pun ada, bisa untuk makan besar barengan … seru kayaknya makan bersama teman2 atau keluarga outdoor dengan suasana adem dan rindang. Kalau malas bawa makanan tinggal pesan aja dari jajanan yang ada di area taman, kalau mau pesan dari tempat yang jauh tinggal order online .. hehe.

Di area taman terdapat dua danau buatan yang diperuntukkan sebagai konservasi air dan pengendali banjir saat musim hujan. Danau didesain untuk jadi multifngsi, juga sebagai amphitheater mini yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan.Slide11

Danau yang kering dapat digunakan sebagai amphitheater mini

Di tengah taman terdapat bangunan kubus yang unik .. di dalam bangunan tersebut ada perpustakaan kecil, mushola dan public toilet. Jadi taman ini memang didesain untuk betah berlama lama … waktunya sholat ada mushola, mau ke toilet sudah tersedia … mau nyantai baca baca buku … tinggal pinjam di perpus.

di bangunan kubus terdapat ; perpus mini, mushola dan toilet

Jika ingin mengunjungi taman lain atau keliling kota … naik sepeda … telah disediakan juga di sisi taman shelter boseh – Bike on The Street Everybody Happy. Cukup regitrasi dan bayar sewa 4.000 / jam.
Yuk atuh ameng ka taman Lansia Bandung

Lokasi Taman Lansia Bandung
Diapit oleh jalan Jl Diponegoro, Jl Cisangkuy, Jl Cimanuk dan Jl Cilaki — Bandung
Koordinat Googlemaps -6.902200, 107.620988


Kamis 10 Mei 2018

 

Iklan

18 thoughts on “Tidak hanya untuk Lansia – Taman Lansia Bandung yang Rindang dan Adem

  1. mampir di Cisangkuy waktu itu, dan hanya sekilas melihat Taman Lansia..
    perginya rame2 dengan yang nggak satu frekwensi, jadi susah mampir.., padahal pengen lihat

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mas Bersapedahan…

    Didoakan sihat sekeluarga di sana. Maaf kerana lama tidak berkunjung kemari. Mudahan selalu sihat dengan aktiviti riadah yang bermanfaat. Tatasusun dan tatahias tamannya sangat kemas dan cantik. Hati bisa jadi tenang dan aman bernaung dibawah rimbunan pokoknya.

    Tiada bicara yang dapat saya titipkan dalam kesyahduan hati bagi meraikan kemeriahan hari raya 2018 ini melainkan saya dan keluarga ingin menghulur salam kemaafan di Aidil Fitri yang mulia dengan ucapan….

    Gemersik takbir mengundang hiba,
    Salam diutus tanda ingatan,
    Syawal dinanti menjelang tiba,
    Tangan dihulur pohon kemaafan.

    SELAMAT HARI RAYA AIDIL FITRI
    MINAL AIDIL WAL FAIZIN
    MOHON MAAF ZAHIR DAN BATHIN

    Salam Ramadan al-Mubarak dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • waalaikumsalam wr wb puan Fatimah,

      Aamiin… terimakasih doanya.
      semoga puan Fatimah sekeluarga selalu mendapatkan berkah dan rahmat Allah swt.

      Dari Jakarta kami sekeluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri.
      Mohon Maaf Lahir Bathin.
      Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s