Main Lagi ke Curug terdekat dari Jakarta – Curug Citeureup Asri

Main ke curug dari Jakarta tidak perlu pergi jauh jauh, ke Citeureup aja. Tidak perlu berlama lama bermacet macet … apalagi kalau kesananya digowes .. 🙂
Curug ini masuk kategori curug terdekat kedua dari Jakarta, yang pertama terdekat adalah curug Parigi di Bekasi … dan kedua .. ya inilah .. curug Citeureup Asri.

Di Citeureup memang ada curug, tidak ngetop sepertinya hanya orang2 lokal saja yang tahu keberadaan curug ini … pernah kesini tapi waktu itu masih musim hujan .. tidak bisa turun ke sungai karena airnya melimpah.

Jam 8.05 tiba di tikum minimarket daerah jalan Raya Gunung Putri, om Adi tepat baru saja mendarat .. chit chat sebentar dan berangkat lagi.

Melewati pabrik semen, pasar yang crowded sama angkot2 yang berhenti seenaknya, belok kiri mengarah ke Tajur Citeureup belok kiri lagi masuk jalanan kampung bulak belok bulak belok… “wah baru kali ini saya lewat jalan ini… ” Om Adi yang spesialis blusukannya di daerah Citeureup, Sukamakmur, Jonggol dan Sentul … ternyata masih ada area yang belum “terpetakan” sama dia.

Jalanannya kadang jelek kadang coran beton mulus .. diselang seling. Sebenarnya tidak terlalu jauh dari jalan raya .. +- 5 km-an.

Jalanan berubah menurun cukup curam kebawah … dan masuklah kita ke perumahan Citeureup Asri, sepeda diarahkan ke pinggir sungai.

perumahan tepat di sisi curug Citeureup

Terlihat curug di kejauhan… debit airnya kecil suasana musim kemarau. Untuk menuju curug kita pindah ke perumahan di sebelahnya yang sedang dalam tahap pembangunan, sepertinya ini adalah perumahan bersubsidi … mudah2an nantinya curugnya di expose sebagai daya tarik perumahan ini.

suasana ketika musim hujan

Tidak ada orang lain di curug ini … belum menjadi tempat wisata. Sebenarnya ini masuk definisi curug atau jeram ya.. . lumayan tinggi juga.. sekitar 2 meter lebih. Saya pernah ke curug Cilengkrang yang fisik curugnya jauh lebih kecil dari ini. Jadi ini bisalah dikatakan curug.

Om Adi lempar batu ke bagian tengahnya .. bledug… ehh Plung… ” wah dalam juga.. ” Sepertinya bisa juga dipakai loncat loncat. Sungai ini searah dengan sungai yang melewati Sukamakmur… dan mengalir kearah Bekasi melewati curug Parigi Bekasi.

Tempat yang potensial ini sekarang belum menjadi destinasi wisata.. butuh kemasan yang lebih baik dan promosi. Dibuatkan fasilitas fasilitas pendukung .. termasuk spot2 selfie … wah pasti bakalan ramai deh.

Satu sisi sudah menjadi area perumahan dan sisi seberangnya masih alami, pesawahan dan kebun2 penduduk. Tidak ada perumahan di sisi sebrang ini karena posisi jembatan lumayan jauh. Daerah seberang ini masih asri karena selain akses yang agak sulit juga ini adalah kaki dari gunung Klapanunggal … gunung terdekat dari Jakarta .. tapi juga terlupakan .. haha .. siapa pula yang nginget nginget …

Yuk main ke curug Citeureup ini

Lokasi Curup Citeureup Asri
Perumahan Citereup Asri, Desa Gunungsari, Karang Asem Timur, Citeureup, Bogor
Koordinat Google maps -6.504016, 106.908942


Minggu 13 Mei 2018

 

Iklan

8 thoughts on “Main Lagi ke Curug terdekat dari Jakarta – Curug Citeureup Asri

  1. Sebenarnya kalo dikelola, curug kecil ini bisa jadi lokasi wisata ya … terutama saat musim kemarau.
    Pasti didatengin banyak orang buat foto2an disana 😁

    Mantaap nih gowesan terus … 👍

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s