Wisata Jawa ala Bekasi : Rumah Joglo Puri Wedari

Rindu itu berat …
Rindu suasana jawa di Bekasi … tidak usah berat beratlah … datang aja ke daerah perumahan Mutiara Gading City di Bekasi Utara. Disana ada wisata Rumah Joglo Puri Wedari.

Meluncurlah kesana dengan senyum tersungging menikmati suasana pagi menyusuri jalur BKT – Banjir Kanal Timur – mengarah ke Marunda. Lalu masuk ke area perumahan Harapan Indah .. keluar di pintu belakang dan melewati area jalanan becek air hitam dari got yang meluber.. hiyyyy. Sudah biasa sih , beberapa kali lewat daerah sini … ya beginilah. Dan di depan nanti akan melewati daerah yang dipenuhi sampah di pinggir jalannya … ehh sekarang sudah agak mendingan… tidak terlalu.. tapi tetep masih ada sampahnya.

Selepas area itu… tidak lama sampailah di pintu masuk perumahan Mutiara Gading City yang besar dan apik. Suasana langsung berubah… jalanan lebar dan teratur, banyak cluster custer perumahan dengan nama2 barat. Melewati kawasan wisata South Lake, area wisata dengan berbagai wahana permainan yang ada di pinggir danau yang menjadi andalan perumahan ini untuk menarik wisatawan datang.

hutan sengon di kawasan Mutiara Gading City

Saya terus saja mengarah ke belakang… dan sengaja melipir lipir dulu melewati area hutan sengon … senang saja lihat yang hijau2 dan rindang Ternyata di area ini ada track sepeda .. asyik juga untuk light xc. Suasana hutan sengon ini.. sebenarnya bisa dikemas seperti wisata di Hutan Kertas Karawang. Dibuat spot2 cantik untuk selfie …. hutan sengon ini bakalan rame… ga sepi seperti saat ini, hanya ada saya seorang diri disini menikmati kerindangan.

Beberapa kali saya melipir untuk melihat lihat area disini … ada area yang rimbun dan ada area yang plong kosong melompong pong. Kabarnya area kosong ini akan dijadikan danau dan dibuatkan pulau cinta untuk menjadi penambah daya tarik orang datang kesini.

Untuk ke rumah Joglo… terus ikutin saja jalannya …. dari jalanan cor beton dan berubah menjadi jalanan tanah… dan mentok di pintu masuk Rumah Joglo.

Untuk masuk dikenakan tiket Rp. 10.000,- yang dapat ditukarkan dengan minuman dingin teh pucuk dan baju jawa untuk foto2 sepuasnya. Area ini adalah kebun mangga, sawo dan lengkeng … apakah jika saat berbuah dapat di ambil sepuasnya juga ga ya… #NgarepDotCom

perkebunan buah buahan di area rumah Joglo

Area ini masih masuk kawasan perumahan Mutiara Gading City … mungkin karena masih lama untuk dijadikan cluster perumahan .. maka dijadikan area perkebunan buah2an… dan ditengahnya dibangun Rumah Joglo khas Jawa Tengah dan dilengkapi segala pernak pernik bernuansa jawa dan kekunoan… seperti andong, tumbukan padi, sumur dll-nya.

Didalam rumah Joglonya ada set kursi ruang tamu dengan pernik2 nuansa jadul dan ada set baju jawa yang dapat dikenakan untuk foto2.

Di sekeliling rumah Joglo ini ada tempat2 duduk untuk mengaso… sayapun rehat duduk2 setelah mondar mandir kesana kemari… seperti mandor yang lagi ngecheck ngecheck.

Yang mau foto2 gaya jawa…. foto2 gaya di perkebunan buah … atau sekedar rehat rehat keluar dari rutinitas ke tempat yang berbeda … cocok deh untuk main2 kesini.

Yuk mas mas. .. mbak mbak .. mlaku mlaku nang kene ..

Lokasi Rumah Joglo Puri Wedari
Perumahan Mutiara Gadung City, Setiasih, Tarumajaya, Bekasi
Koordinat googlemaps -6.144753, 107.011013


Minggu 22 April 2018

Iklan

20 thoughts on “Wisata Jawa ala Bekasi : Rumah Joglo Puri Wedari

  1. Attikelnya menarik jadi kepingin datang ke lokasi Joglo Puri Wedari ini, tapi sayang jauuuuuhhhh….😁😁😁😁

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb….

    Lokasinya ternyata jauh juga ya kalau bersepeda dan jadi teduh perjalanannya di bawah naungan pepohon yang menyejukkan. Jalannya juga seperti masih bertanah tidak diturap dengan tar. Bentuk rumahnya cantik dan luas sekali, begitu ya kebanyakan rumah orang jawa. Maaf saya belum pernah melihatnya. Jika dibangun kawasan sekitar rumah jawa ini dengan lebih baik dan dimasukkan dalam list wisata, pasti ramai yang bekunjung dan tahu lokasinya dengan mudah. Kita perlu tahu menghargai khazanah lama kerana kini ia semakin hilang di telan kemodenan.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumsalam wr wb puan Fatimah,

      Posisinya ada di perkebunan buah2an .. dan sebagian jalannya masih tanah.
      Bangunan rumah seperti ini adalah rumah khas tradisional Jawa. Memang butuh “kemasan” lebih baik dan promosi supaya destinasi wisata ini dikenal dan ramai dikunjungi

      salam sehat bahagia dari Jakarta

  3. Pemandangan alam di perjalanan dan suasana khas di joglo yg menarik nih Kang. Menambah rasa fresh pengunjungnya. Spot hutan sengonnya tak kalah dengan hutan pinus. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s