Keteduhan Hutan Kertas Karawang

Karawang ternyata memiliki hutan seperti kertas.. ehhh maksudnya apa sih Hutan Kertas ini…

Berangkatlah saya kesana untuk memastikan apa sebenarnya Hutan Kertas ini..

Lagi … menyusuri Kalimalang mengarah ke Karawang … terus aja .. Metmall … area Jababeka … Delta Mas.. Jembatan Siphon Cibeet … mulai memasuki area Karawang… tidak ada yang neko neko sepanjang perjalanan… hanya sengatan matahari dan debu debu yang menemani.
Terkadang jalan melipir lipir dulu melihat sesuatu yang berbeda atau sesuatu yang baru dilihat sepanjang menyusuri jalanan Kalimalang di daerah Bekasi dan Karawang. Setelah melewati area pintu masuk Pemakaman mewah Al Azhar.. artinya tinggal sebentar lagi sampai ke tujuan.

Di perempatan ada papan penunjuk, belok kiri ke arah pintu tol Karawang Timur, ikutin aja arah penunjuk ke tol Cikampek. Selepas perempatan… suasana berubah.. kanan kiri adalah rimbunan pepohonan Kalitus disebut juga dengan nama Eukaliptus yang menjulang tinggi. Pohon Kalitus adalah jenis pohon yang cocok di daerah panas seperti di Karawang ini.

Pohon Kalitus yang ada di area ini merupakan hasil penanaman oleh PT Pindo Deli yang bergerak dalam produksi pembuatan kertas. Tujuan penanaman pohon2 ini adalah untuk menambah bahan baku pembuatan kertas.

Sebelum pintu tol ada pertigaan yang mengarah ke jalan alternative untuk menyebrangi tol Cikampek, ambil arah tersebut dan sampailah di Hutan Kertas.

Murah meriah …. cukup bayar tiket Rp. 5.000 perorang untuk masuk ke area Hutan Kertas. Meskipun matahari cukup terik di jam 10 pagi ini … tapi suasana di dalam hutan tidak panas.. teduh di naungi rimbunnya pohon Kalitus yang tinggi menjulang.

Hutan Kertas ini sepertinya dikelola oleh masyarakat sekitar bekerja sama dengan perusahaan yang menanam pohon2 ini. Dikelola dan dikemas menjadi tempat wisata. Area hutan ini di bagi beberapa area : area hammock, area kata2 lucu.. bagus untuk selfie2 .. area payung dan area.. bebas… alias hanya pepohonan aja .. untuk piknik bisa juga.

Umumnya yang datang kesini adalah para abg, ada juga yang berpasang pasangan.. yang jomblo juga kayaknya ada.. #SokTahu… keluarga yang bawa anaknya ada juga.

Area hutan kertas yang luas ini sebetulnya memiliki potensi yang sangat tinggi jika dikemas untuk menjadi tempat wisata, bisa dibuatkan area hiking menyusuri hutan, camping, rumah pohon, secret garden, track sepeda, .. banyak dehh .. tergantung kreatifitas.

Ayo.. siapa yang belum selfie disini …

Hutan Kertas
Kampung Gintung, Desa Kutamekar, Kec. Ciampel. Kab Karawang
koordinat Googlemaps -6.363217, 107.331353


Minggu 15 April 2018

Iklan

12 thoughts on “Keteduhan Hutan Kertas Karawang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s