Perjalanan Melihat Bendungan Cipamingkis yang lain

Bendungan Cipamingkis yang lain… maksudnya …

Ini bukan bendungan yang tertukar, memang ada 2 bendungan Cipamingkis …. Siapa pula yang nukerin.
Bendungan Cipamingkis yang satu lagi, posisinya lebih ke hulu … pernah saya kunjungi. Sedangkan yang satu lagi, yang ini … belum pernah …. penasaran…

Berangkat gowes …. seperti biasa sudah agak siangan, jam 8 kurang … Kalimalang, Kemang Pratama, Narogong.. dan muncullah didaerah Mekarsari… jalanan tidak terlalu ramai dan jarang ketemu pesepeda … iyalah.. matahari sudah naik begini … kalau pagi2 pasti banyak.

Melewati Taman Buah Mekarsari … terus ke arah Jonggol… menikmati jalanan rolling naik turun.. dan lebih banyak nanjaknya. Kendaraan bermotor sudah cukup ramai … bahkan bis2 pun sudah lalu lalang mengarah kearah Cariu Jonggol .. kearah Cianjur.

jembatan Cipamingkis Jonggol

Sampaillah di Jembatan Cipamingkis yang membelah jalan utama menuju Cariu. Jembatan ini dulu pernah ambrol …. tergerus derasnya sungai Cipamingkis. Dari atas jembatan terlihat sisi2 sungainya tergerus dan ambrol… memang dasyhat aliran sungai ini pada musim hujan.

Lewat sedikit.. dari jembatan ini.. kemudian belok ke kanan masuk jalanan kampung yang berbatu batu… gowes pelan… menikmati ajrut ajrutan sepeda rigid.. untung destinasi hanya sekitar 1.5 km-an lagi.

Melewati area pesawahan dan beberapa pabrik batu bata… artinya tanah di daerah sini cocok untuk jadi bahan batu bata.

pabrik batu bata

Lalu masuk jalanan setapak dan masuk pesawahan…. Saya mengikuti arah suara deburan air. Daripada tikusruk … karena jalannya makin susah untuk bawa dan angkut2 sepeda, sepeda saya tinggalkan disawah kering..

mendekat ke lembah sungai, dinding tembok di depan adalah bagian dari bendungan

Di lembah ada aliran sungai besar… sungai Cipamingkis … terpisah oleh jurang yang cukup dalam.

Aliran airnya memang tidak sedang besar… tapi cukup deras … berbahaya jika disebrangi.

Bendungan Cipamingkisnya….

Bendungannya tidak sebesar yang lebih ke arah hulu dekat rumah makan Jatinunggal. Dan kondisinya… ambrolll… menunjukkan kekuatan alam yang dashyat dan menuntut manusia lebih teliti dalam perhitungan konstruksi bendungan.

Ya beginilah kenyataannya… bendungan yang lebih besarnya saja beberapa kali ambrol. Kalau lihat dari foto2 sih … bendungan Cipamingkis ini terdiri dari 2 tingkat, keren sih.. sayang ya saat ini lagi ambroll.

bendungan Cipamingkis satunya lagi, sedikit ke arah atas

Ketika saat saya datang ini bendungan tidak dalam kondisi prima, tidak menjadi suatu spot yang wah … tidak masalah bagi saya … jalan jalan ke tempat tempat baru belum tentu mendapatkan tempat yang kece … tempat yang instagramable … resiko yang harus dihadapi … kata orang bijak “success is a journey not the destination “ … haha .. apa coba .. sudahlah .. yang penting saya enjoy dengan perjalanannya … keluar dari rutinitas dan melihat hal hal baru selama perjalanan .. Paling tidak … tidak penasaran lagi dengan bendungan Cipamingkis yang satu lagi ini.

Aliran Sungai Cipamingkis memiliki beberapa spot yang menarik … ke arah atas lagi struktur bebatuan sungainya unik … dan dijadikan tempat wisata .. dan lebih ke hulunya lagi ada air terjun Cipamingkis.

area wisata sungai Cipamingkis .. spot selfie di Kampung Dayeuh Jonggol

Dikejauhan di sebelah sebrang sungai ini terlihat ada sisa puing bangunan tua …ngobrol2 dengan petani disini .. katanya itu adalah bekas bangunan pabrik batu zaman Belanda… wow zaman Belanda sudah buat pabrik batu untuk proyek infrastruktur …

Slide8

puing pabrik batu peninggalan zaman Belanda

Tidak bisa berlama lama … panas terik..
tidak ada tempat berteduh… padahal baru jam 10-an .. sudah saya gowes balik target harus sampai rumah jam 13-an.

lokasi Bendungan Cipamingkis 2
Jonggol, Bogor
koordinat Googlemaps -6.489173, 107.074057


Minggu April 2018

 

Iklan

14 thoughts on “Perjalanan Melihat Bendungan Cipamingkis yang lain

  1. om…klo dari mekarsari sampai jembatan cipamingkis berapa km??…dan itu rolling atau full tanjakan??…btw, klo dari Bendungan Cipamingkis ke Curug Cipamingkis berapa km lagi yaa om??

    • dari mekarsari ke jembatan sekitar 15 km .. tidak full tanjakan . rolling naik turun .. tanjakannya lebih banyak tapi tidak parah.
      kalau ke curugnya dari jembatan sekiar 27 km tapi jalannya jelek .. bakalan lama… lebih baik lewat alun2 Jonggol terus melewati daerah Dayeuh ( tidak perlu lewatin jembatannya dulu ) .. jalan aspal relatif muus paling memutar sekitar 3 – 5 km tapi lajunya akan lebih cepat. Kalau ke curug .. tanjakannya termasuk parah .. 🙂

  2. Om, alternatif pulang bisa lewat bondol – perumahan harvest, keluar di narogong deket pintu masuk kota wisata (PT voksel electric). Gak usah macet2 di mekarsari om hehehe

  3. walaupun bendungan nya ambrol tapi aku senang pemandangan seperti ini. ada sawah, aliran air. hanya saja perjalanan menuju kesananya kayaknya penuh perjuangan dan melelahkan karena jalanannya rusak gitu yach mas. hikkkssss…

  4. Asik dengan pabrik batu zaman Belanda, sumberdaya alam batu dari Cipamingkis mestinya berkualitas prima.
    Paduan sungai sawah yg membilas rasa jenuh jadi segar yaak. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s