4 Wisata keren Karawang ; Pohon Miring, Cadas Putri Tamelang /Tanah Putih, Jembatan Eceng dan Situ Cipule

Beberapa hari ini tidak turun hujan lebat dan minggu pagi ini mendung… tapi feeling sih ga akan turun hujan. Kenapa ngomonging cuaca ??? Karena akan pergi ke 4 destinasi yang kalau hujan.. ga asyikkk, tanah becek. Saya akan piknik ke destinasi wisata karawang : Pohon Miring, Tanah Putih, Jembatan Eceng dan Situ Cipule

Saatnya Goyang Karawang ,, eh Gowes Karawang … Berangkat cuss… jam 7 kurang menyusuri Kalimalang, melewati Metmall .. melewati jematan siphon Cibeet dan sampailah di daerah Karawang. Jalanan kalimalang disini hancur dan becek +- 1 km-an. Melewati pabrik uang PERURI yang besar dan rapih … kalau mampir dapat duit ga ya..
Selepas PERURI belok kiri keluar dari Kalimalang, menyebrangi jembatan apung besi sementara yang unik, lalu masuk gang gang, jalan kecil dan muncullah di jalanan utama luar kota Karawang yang mengarah ke Pantura.

Ambil arah ke Pantura dan tak lama kemudian belok kiri melintasi rel kereta api dan sampailah di destinasi pertama.

POHON MIRING PANCAWATI
Masuk area ini sepeda tidak dikenakan tiket, pokoknya masuk aja. Kalau motor mobil dikenakan tiket masuk. Di Minggu pagi jam 9-an Pohon Miring ini sudah cukup ramai dengan motor dan mobil yang parkir.

Tempat ini jadi populer berkat medsos .. terutama instagram. Jajaran pohon petai cina atau lantoro yang miring berkesan seperti terowongan alami ..tampil cantik ketika di foto dan ditampilkan di medsos, membuat orang ingin selfie disini.

Dengan banyaknya orang yang datang akhirnya dikelola oleh warga sekitar. Dan muncullah warung warung makanan dan pernak pernik lainnya. Termasuk wahana permainan seperti becak kecil dan juga ada jembatan bambu untuk jelajah “hutan” disini. Karena hari libur maka ada atraksi kesenian menghibur pengunjung.

Jika ingin tempat yang tidak ramai bisa main ke danau kecil, tempatnya adem dan rindang. Pohon Miring tempatnya teduh cocoklah untuk piknik. Tapi kalau hujan tempatnya pasti becek.


Lokasi Pohon Miring
Jalan. Kp. Babakan Jati, Pancawati, Klari, Kab Karawang, Jawa Barat
Koordinat googlemaps -6.374051, 107.387392

CADAS PUTRI TAMELANG / TANAH PUTIH

jalan menuju Cadas Putri Tamelang

Perjalanan di lanjutkan ke destinasi ke 2, gowes sekitar 5 km-an. Masuk ke area pesawahan dan kebun kebun, dan sampailah di Cadas Putri Tamelang atau disebut juga Tanah Putih atau ada yang juga menyebutnya White Stone Garden. Tidak ada pintu masuk, tidak ada yang jaga, tidak ada tiket2-an… alami aja.

Koq sepi … kemana orang orang ???
Mungkin karena musim hujan orang2 khawatir tanahnya akan lembek dan becek jadi pada malas main kesini.

Tanahnya memang agak sedikit lembek tapi masih bisa dipijak, sepi begini malah asyikkk… bisa foto2 bebas selfie sambil gogoleran.. haha

gowes .. sudah sampai ke red planet … ke Mars …???

Tempat ini bekas area galian tambang .. .. tanah ini dianggap memiliki kualitas yang bagus sebagai bahan gerabah atau batu bata. Karena warna tanahnya yang unik .. tanah liat putih kemerahan (karena pas datang musim hujan tanahnya jadi agak kemerahan). Lalu ada orang yang selfie2 … muncul di medsos … tanah putih ini berkesan seperti di gurun sahara atau gurun di daerah jazirah arab .. bahkan ada yang menyebutnya seperti di planet merah .. planet Mars … horeee … sampai juga gowes ke luar angkasa πŸ˜€
Kabarnya tempat ini juga jadi spot bagus saat sunset atau sunrise.

Sudah banyak yang dulunya areal tambang kemudian berubah menjadi tempat wisata. Tanah Putih ini belum dikekola dan dikemas secara baik seperti destinasi wisata eks tambang lainnya.

Mungkin kedepannya akan dikemas menjadi tempat wisata dan menumbuhkan perekonomian warga di sekitar sini. Jadi kapan lagi bisa piknik ke gurun Sahara atau planet Mars dengan biaya murah meriah ..


Lokasi Cadas Putri Tamelang / Tanah Putih
Desa Tamelang, Kec. Purwasari, Kab. Karawang
Koordinat googlemaps -6.400968, 107.394804

JEMBATAN ECENG

Di ujung jalan ini mentok ke Jembatan Eceng

Gowes lanjut lagi mengarah ke sisi sungai Citarum, sekitar 7 km-an dari Tanah Putih.
Melewati jalan raya dahulu dan berbelok ke areal pesawahan, terus ikuti jalanan ini melewati sisi areal pemakaman yang rimbun dan mentok di Gerbang Jembatan Eceng.

Untuk masuk dikenakan tarif Rp. 3.000/orang … murah banget ya..

Berdasarkan info, area Jembatan Eceng dahulunya bekas galian pasir sehingga membentuk lubang yang terisi air dan lama lama ditumbuhi oleh tanaman eceng gondok. Dikenal juga daerah ini dengan sebutan jembatan Leuwigoong yang melintasi β€œdanau” eceng gondok ke penyebrangan perahu sungai Citarum. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi penyebrangan perahu disini dan meninggalkan jembatan bambu di atas eceng gondok ini.

Area yang dipenuhi tanaman eceng gondok yang bagi sebagian orang di anggap hama, tapi berkat kreatifitas karang taruna Desa Cimahi Karawang .. dirubah menjadi suatu tempat yang menarik. Dengan memperbaiki dan menambahkan jembatan bambu dan kayu yang memutari area β€œdanau” eceng gondok ini serta ditambah “pernak pernik” membuat tempat ini menarik – aneka saung keren bahkan ada saung makan di atas kolam eceng gondok ini.

Tempat asyik untuk bersantai bahkan cocok banget untuk wisata kekinian untuk wisata selfie.. tempatnya instagramable-lah.

Ternyata di sebelah Jembatan Eceng ada tempat pemancingan favorit yang kabarnya terdapat ikan mujaer, gabus yang besar dan ikan lainnya.


Lokasi Jembatan Eceng
Desa Cimahi, Klari, Kab Karawang
Koordinat googlemaps -6.409298, 107.362629

SITU CIPULE
Piknik lanjut lagi ke Situ Cipule, searah pulang. Dari Jembatan Eceng kalau ditarik garis lurus paling hanya 500-an meter. Tapi karena terpotong sungai Citarum, saya agak sedikit berputar dahulu mencari penyebrangan perahu.

Nyebrang pakai perahu cukup bayar 2.000 dan langsung berada di sisi Situ Cipule yang pernah pernah digunakan sebagai venue lomba dayung SEA Games 2012 dan PON 2016.

Area sisi situ Cipule banyak ditanami pohon2 .. adem dan rindang. Banyak para mancingers dan warung2 makanan disekitar situ. Total area Situ Cipule sekitar 70 ha ada juga yang menyebutkan 90 ha … sedangkan luas permuakaan airnya kabarnya sekitar 27 ha. Situ Cipule memiliki pulau seluas +- 2.000 m2 yang disebut Pulau Cinta yang dapat dijadikan tempat bersantai karena disana ada warung makanan dan area permainan anak.


Lokasi Situ Cipule
Desa Walahar, Kec Ciampel, Karawang
Koordinat googlemaps -6.412828, 107.365931

Hari sudah semakin siang jam menunjukkan 12-an dan panas semakin menyengat, saatnya untuk pulang menyusuri kembali Kalimalang di siang bolong yang panas menyengat dan perut keroncongan harus mampir dulu untuk ishoma … dan akhirnya sampai di rumah jam 16-an.

Minggu 25 Maret 2018

 

Iklan

16 thoughts on “4 Wisata keren Karawang ; Pohon Miring, Cadas Putri Tamelang /Tanah Putih, Jembatan Eceng dan Situ Cipule

  1. anak medsos banget ya oom in ternyata, tapi jadi dapat tempat2 yang asyik begini deh..
    aku cuma tau nama Situ Cipule aja, yang lainnya blank..

    btw, bagus juga nanti kalau eceng pada keluar buanga ungunya…, bisa makin ramai deh jembatan eceng

  2. Yang tanah putih bagus, mirip di film-film kaya hobit, dll.
    Terus itu yang danau Eceng, kayanya di danau nya banyak oray piton, biasanya oray kadut atau oray piton demen tinggal ditempat begituan hehe

  3. Keren banget ternyata alam Karawang. Dulu sempat ke arah Pantai Sedari dan hutan mangrove nya memang oke punya. Ternyata banyak juga ya wisata alam yang patut dipertimbangkan dari tempat ini, yang sangat bisa membuat Karawang terkenal, tidak cuma terkenal karena pabriknya, hihi.
    Media sosial itu… sangat bermanfaat kalau fungsinya buat menyebarluaskan informasi tempat wisata begini, tapi mudah-mudahan pengunjungnya nggak terlalu membludak, haha…
    Kapan-kapan ke sana, ah. Terima kasih infonya!

    • saya belum pernah main ke pantai Sedari malah.. hehe.
      Karawang punya spot menarik … cuma kurang terexpose ..
      Mudah2an dampak Medsos bantu meningkatkan promosi wisata Karawang.
      Ayo piknik ke karawang mas Gara… kalau liputannya muncul di blog dan medsos mas Gara .. baru pengunjungnya bisa membludak … haha

      • Amin, semoga potensi Karawang makin dikenal masyarakat luas.
        Haha… bisa saja… amin, mudah-mudahan banyak orang yang tertarik berkunjung karena terinspirasi tulisan di blog saya. Itu pun, kalau kuat bacanya, hihi.

  4. Kekuatan medsos luar biasa ya, keempat destinasi gowes tampil menawan banget. Naksir yg mini sahara eh eks tambang dengan singkapan bebatuan yg terekspose. Hanupis oleh2 gegowesan yg mendokumentasikan eloknya bumi Karawang. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s