10 wisata Tangerang sekali jalan ; Taman Pramuka, Taman Pintu Air, Jembatan Berendeng, Cisadane River Walk, Cisadane Flying River Deck, Kampung Berkelir, Taman Gajah Tunggal, Taman Bambu, Taman Potret, Taman Kunci

Menurut kabar kabar … taman taman di kota Tangerang lebih keren dari Jakarta maupun kota2 sekitarnya ; Depok, Bogor dan Bekasi. Wah masak sih … lebih keren …. harus chek dan buktikan sambil jalan jalan kesana. Rencananya akan ke 10 .. ya sepuluh .. betul 10 destinasi dalam sekali jalan.

Dari Kalimalang pokoknya saya gowes ke arah Grogol dan menyusuri Daan Mogot… bertahun tahun saya tidak pernah lewat Daan Mogot. Area pedestriannya sekarang lebih lebar, pohon pohon yang rindang, warna warni bunga dan tempat duduk .. beda banget dengan zaman dulu saya lewat sini ..
Gowes terus melewati bis terminal Kalideres.. terus saja … sampai ketemu gapura provinsi Banten. Wah… ini masuk gowes AKAP.. haha.

Lanjut aja… dan sampailah di destinasi pertama. Gampang dan mudah ya … #Pletak

TAMAN PRAMUKA
Taman ini bernuansa pernak pernik Pramuka… yang datang kesini bisa mengenal lebih jauh, misalkan tentang sandi sandi seperti semaphore, tingkatan pramuka dan hal hal lain yang berhubungan dengan pramuka.

Tamannya adem dinaungi pohon2 besar,nyaman untuk duduk2. Tempat permainan anak2 pun ada disini.

Posisi taman di tepi sungai yang memiliki lembah dengan jembatan yang menarik, selain itu terdapat musholla yang sangat nyaman dan bersih.

Lokasi Taman Pramuka
Jl Daan Mogot, Sukaasih, Tangerang, Banten
Koordinat Google Maps -6.168016, 106.636452

TAMAN PINTU AIR
Tidak jauh dari taman Pramuka paling sekitar 30 meteran terdapat taman Pintu Air.

Area ini adalah pintu air yang kemudian di percantik menjadi taman yang dapat dimanfaatkan warga untuk bersantai menikmati suasana outdoor, terdapat area permainan anak anak, jalur untuk reflexology kaki dan juga mushola.

Taman ini sangat menyenangkan …. teduh.. adem… apalagi dengan view sungai Cisadane yang lebar besar dan jembatan besi warna warni … dan perahu2 yang lewat.. jarang2 menemukan hal seperti ini di Jabodebek.

Lokasi Taman Pintu Air
Jl Daan Mogot, Sukaasih, Tangerang, Banten
Koordinat Googlemaps -6.168498, 106.634416

JEMBATAN BERENDENG
Jembatan Berendeng digadangkan menjadi icon baru kota Tangerang. Posisinya tidak jauh dari Taman Pintu Air sekitar 700 meteran.

masih ada yg bandel pakai alas kaki bahkan ada yang nyampah botol plastik

Jembatan yang melintasi sungai Cisadane ini di desain dengan bentuk unik dan warna yang ngejreng. Kendaraan bermotor pada Sabtu sore dan hari Minggu tidak diperbolehkan lewat jalan ini. Jadi asyik untuk berjalan jalan dan menikmati dengan santai Jembatan Berendeng ini.

Di jembatan ini ada beberapa menara pandang dan yang menjadi salah satu keunikannya adalah dek kaca… sehingga kita bisa melihat langsung ke bawah … seru.

Lokasi Jembatan Berendeng
Jl Benteng Jaya, Tangerang
Koordinat googlemaps -6.170286, 106.628317

CISADANE RIVER WALK
Setelah jembatan Berendeng, saya menyusuri sisi sungai Cisadane. Sepanjang sisi sungai ini sudah diperindah dibuatkan jalur pedestrian, tempat duduk2, area permainan anak bahkan ada spot spot kulinernya.

Di sini terdapat bangunan menara jaga dan meriam untuk mengingatkan sejarahnya bahwa dahulu Tangerang dikenal sebagai Kota Benteng Makassar konon penjaga Benteng di Tangerang pada zaman dahulu adalah orang-orang dari Makassar.

Berjalan kaki sepanjang +- 1 km-an menyusuri sungai sangat menyenangkan, melihat perahu yang lalu lalang, para pemancing dan jika ingin rehat tinggal duduk ditempat yang telah disediakan .. lapar .. haus .. tinggal beli .. haha

Lokasi Cisadane River Walk
Jl Benteng Jaya – Jl Kalipasir Indah, Tangerang
koordinat Googlemaps -6.172927, 106.628988

CISADANE FLYING RIVER DECK
Perjalanan diteruskan menyusuri pinggir sungai dan tak lama sampai di Cisadane Flying River Deck dengan panjang +- 100 meter.

Suatu anjungan yang seolah olah mengapung di atas sungai. Sebagian areanya adem rindang dan ada yang terbuka. Terdapat juga tempat untuk duduk2 selain itu juga ada karya seni kontemporer yang dapat di manfaatkan untuk swafoto.

Lokasi Cisadane Flying River Deck
Jl Kalipasir Indah, Tangerang
Koordinat googlemaps -6.183996, 106.630696

KAMPUNG BERKELIR
Lokasinya tidak jauh dari Flying River Deck sekitar 300 meteran sampailah di Kampung Kekinian.. Kampung Berkelir .. suatu perkampungan padat yang diubah menjadi warna warni.

Kampung Berkelir merupakan ide orisinal warga kampung ini dan bekerjasama dengan salah satu produsen cat besar, sehingga tidak menggunakan dana APBD. Bersama seniman dari berbagai daerah kampung ini dihias penuh dengan warna, penuh dengan mural dan ditambah ornamen lainnya seperti payung payung sehingga tampil lebih cantik. Jika bermain main ke dalam kampung Berkelir kita dapat menikmati aneka makanan dan minuman yang di jajakan oleh warga.

Untuk masuk kampung ini wisatawan dikenakan biaya seikhlasnya sebagai sumbangan untuk melestarikan keindahan kampung ini.

Lokasi Kampung Berkelir
Di akses melalui Jl Kalipasir Indah atau Jl Perintis Kemerdekaan Tangerang
Koordinat googlemaps -6.187659, 106.634051

TAMAN GAJAH TUNGGAL
Sekitar 500 meteran dari Kampung Berkelir sampailan di Taman Gajah Tunggal, dinamakan begitu karena taman ini adalah partipasi perusahaan ban Gajah Tunggal untuk kota Tangerang dalam menyediakan ruang terbuka hijau bagi warganya.

Dari taman taman yang saya kunjungi, Taman Gajah Tunggal ini yang paling ramai … karena selain unik dengan pernak pernik yang dibuat dari ban juga terdapat berbagai wahana permainan anak yang menarik, mushola dan berbagai aneka kuliner tersedia disini.

Lokasi Taman Gajah Tunggal
Jl Perintis Kemerdekaan Tangerang
Koordinat googlemaps -6.191306, 106.632808

TAMAN BAMBU
Tidak perlu waktu lama dari taman Gajah Tunggal untuk sampai ke Taman Bambu … letaknya dekat +- 400 meter. Luas taman ini tidak begitu besar paling sekitar 500 m2 tapi tempatnya rindang adem dengan pohon2 bambu dan pohon lainnya.
Bangunan, jembatan gantung, tempat duduk dan lainnya diolah dan dibentuk dari bambu. Tamannya tidak begitu ramai sehingga asyik untuk duduk duduk dan foto foto.

Lokasi Taman Bambu
Jl Perintis Kemerdekaan Tangerang
Koordinat googlemaps -6.194340, 106.631873

TAMAN POTRET
Hanya tinggal menyebrang jalan saja maka sampailah di Taman Potret. Disini banyak spot spot menarik untuk foto ; ornamen2 seni, kuda nil terbenam dan lainnya.

Taman Potret ini rindang oleh ademnya pepohonan dan dilengkapi dengan area pemainan anak, toilet, mushola, pusat jajanan .. bahkan disediakan tempat colokan untuk charge HP … kids zaman now kalau HP low bat pasti sudah galau melanda …

Lokasi Taman Potret
Jl Perintis Kemerdekaan Tangerang
Koordinat googlemaps -6.194340, 106.631873

TAMAN KUNCI
Hanya menyebrang lagi maka tibalah di Taman Kunci alias kupu kupu kelinci atau dulu disebut juga taman Cikokol.

Jadi jika bosen di taman Potret dan ingin melihat kupu kupu dan kelinci yang lucu … tinggal melangkah nyebrang saja … asyikkan …

Didalam pagar dengan desain taman kecil terdapat kelinci kelinci dan unggas lainnya. Sedangkan kupu kupu yang berwarna warni berada dalam dome.

Lokasi Taman Kunci
Jl Perintis Kemerdekaan Tangerang
Koordinat googlemaps -6.195426, 106.631600

Terbukti bahwa Tangerang memang giat membangun berbagai ruang terbuka hijau termasuk taman taman thematic. Kabarnya RTH yang dibangun lebih dari 140-an dengan luas total lebih dari 140 ha.

Berbagai taman tersebut dilengkapi dengan fasilitas2 pendukung seperti toilet, charger, musholla sehingga sangat nyaman dan menyenangkan untuk bersantai menikmati ruang terbuka hijau di kota Tangerang. Selain nyaman, bersih juga kita merasa aman … karena hampir di tiap taman ada Linmas yang berjaga.

Jadi .. bagaimana pendapat Anda … tentang taman taman di Tangerang ??

Sebetulnya tidak mencari mana yang lebih keren, yang penting setiap kota dan daerah sudah sebaiknya saling menginpsirasi dan berubah menjadi lebih baik, lebih cantik dan lebih nyaman bagi warganya.

 

Minggu 11 Maret 2018

 

Iklan

22 thoughts on “10 wisata Tangerang sekali jalan ; Taman Pramuka, Taman Pintu Air, Jembatan Berendeng, Cisadane River Walk, Cisadane Flying River Deck, Kampung Berkelir, Taman Gajah Tunggal, Taman Bambu, Taman Potret, Taman Kunci

  1. Buat yang udah penat dengan hiruk pikuk ibukota, kayaknya patut dicoba ya.
    Lumayan untuk sekedar refreshing atau bersilaturahmi dengan keluarga 😀
    Semoga tempat wisatanya selalu terjaga ya.
    Gak banyak tangan2 jahil bin alay yang merusak, hehhe 😀

  2. Mantap surantap pegowes AKAP. 10 taman disatukan oleh Cisadane. Setiap tamannya memiliki ciri pembeda ya Kang. Bisa direplikasi sungai lain nih, lingkungan sehat menawan. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s