1/4 Hari Keliling Indonesia : Taman Mini Indonesia Indah

Sudah lama banget tidak main ke Taman Mini, biasanya main ke Taman Mini ketika masih kecil.. barengan sama teman2 sekolah atau sama orang tua dan ketika sudah punya anak kecil bawa anaknya kesini .. hmmm .. yang pacaran kayaknya main kesini juga.. haha

Terakhir kesini.. saat menghadiri pernikahan yang diadakan dianjungan Jawa Barat itu juga beberapa tahun lalu ..

Bagaimana kabarnya sekarang….
saatnya kluyuran kesana.

Jam 8 kurang sudah di gerbang utama, sepeda tidak dikenakan tarif cukup bayar orangnya saja 15 ribu dan melenggang masuk.

Mengambil rute mengitari TMII, melewati kolam renang Snow Bay, dan melewati beberapa anjungan rumah rumah adat daerah yang mewakili provinsi, untuk daerah pemekaran provinsi baru (Banten, Maluku Utara, dll) rumah adatnya di kumpulkan disatu area dan otomatis luasnya tidak seluas area provinsi lama.

Sekarang di Indonesia ada berapa provinsi hayooo… ?

Oh iya .. secara garis besar area di TMII ini di bagi 4 kategori ; Anjungan daerah, Museum, Wahana Permainan dan Taman2. Untuk masuk ke area2 tersebut ada yang gratisan dan ada yang berbayar … Anjungan2 daerah setahu saya sih gratis … saya keluar masuk anjungan tidak ada yang berbayar … Taman taman … ada yang gratis ada yang bayar .. museum dan wahana permainan sepertinya berbayar semua, harganya tiketnya beragam. Kalau lagi seret … masuk aja ke tempat2 yang gratisan, banyak banget … sudah pasti bakalan ga habis2 .. cape ngelilinginya …. ehh mau cari cape atau wisata sih … yang penting tinggal pilih pilih aja sesuaikan dengan kondisi 🙂 

Dengan banyaknya spot2 tersebut, alhasil antar spot saling bersaing untuk menarik wisatawan berkunjung .. meskipun di hari Minggu ini bisa dikatakan banyak wisatawan yang datang … naik motor, mobil bahkan bis bis … tapi penyebarannya tidak merata … jadi ada yang ramai crowded, biasa saja .. bahkan sepi kosong melompong.

Begitupun dengan anjungan rumah adat , ada yang sepi ada yang cukup ramai dikunjungi… bahkan ada yang jadi tempat acara .. seperti reuni sekolah yang berasal dari daerah tsb. Ada yang terawat… bahkan ada yang tidak terawat … terbengkalai …

Rumah2 adat ini keren keren… unik unik… kalau dikemas jadi spot foto, dilengkapi baju adat dan pernak perniknya… pasti keren.. apalagi sekarang lagi trend wisata foto2 seperti ini … lumayankan untuk menambah traffic ke rumah adat sekaligus menghidupkan area rumah adat ini.

Anjungan Kalbar yang megah dan resik terawat

salah satu rumah adat Kalbar

Dari beberapa anjungan yang saya kunjungi.. ada anjungan Kalimantan Barat yang menurut saya keren… ada bangunan seperti istana yang megah dan terawat … serta memiliki rumah adat yang unik.. tinggi menjulang. Kece deh untuk foto2 disini. Tapi disini suasananya sepi.. mungkin karena posisinya agak ke atas.. hanya ada tangga tidak ada jalan masuk kendaraan… jadi tidak mudah terlihat makanya banyak yang tidak ngeh.

Tempat atau area yang ramai disini sepertinya sama saja dari tahun ke tahun… seperti Taman Burung, Istana Anak anak, Dunia Air Tawar, Museum Serangga dan Kupu kpu .. sedangkan taman lainnya sepi .. bahkan ada yang jadi tidak terawat. Museumpun begitu … museum itu2 saja yang agak ramai dikunjungi seperti museum PPIPTEK, museum transportasi, museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia, dsb. … tapi museum prangko, migas, keprajuritan, dsb.. sepi..

woaaa …. ada T Rex lepasss

Sedangkan tempat2 yang tergolong baru yang sedang hits adalah Taman Legenda Keong Mas, taman bermain edukasi yang bernuansa purbakala. Taman Budaya Tionghoa Indonesia menurut saya asyik untuk dikunjungi… tempatnya tidak terlalu ramai.. banyak space untuk duduk2 di tempat rindang dan banyak spot instagramable. Konsepnya bagus untuk ditiru daerah2 lain… terutama dalam mengenalkan budaya, mitos atau legenda yang ada di daerah tersebut.

Taman Shio

Ada area outdoor activities di sebelah theatre Keong Emas … tapi kurang peminatnya … sepi… area inline skate sudah ditutup, area sepeda dirt jump sudah tidak ada, yang masih ada : skate park yang kurang terawat fasilitasnya dan area petualangan jembatan tali di antara pohon2 .. mungkin butuh banyak promosi dan kreatifitas supaya tempat ini ramai dikunjungi.

1/4 hari sudah mengelilingi Indonesia … saya beranjak pulang.

Dengan plus minusnya… TMII masih asyikk untuk dikunjungi…. banyak aktifitas seru yang dapat dilakukan disini … atau hanya ingin duduk2 santai.. wah banyak spot rindang dan indah di TMII.

Lokasi Taman Mini Indonesia Indah.
Alamat : Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur
koordinat google maps -6.302075, 106.889065


Minggu 25 Februari 2018

 

Iklan

14 thoughts on “1/4 Hari Keliling Indonesia : Taman Mini Indonesia Indah

  1. Tanpa batasan usia, TMII tetap menarik ya Mas. Kunjungan saya terakhir rasanya juga dasa warsa silam antar teruna kebun. Cara menikmati Indonesia yg beragam. Salam Nusantara

  2. mantapppssss, 1/4 hari keliling TMII, luas banget sih soalnya ya. Aku aja terakhir main ke sana, sekitar 4 tahun lalu sama temen-temen, padahal masih pengen banget ke sana lagi, hehehe

  3. Taman Mini Indonesia Indah, dari kecil udh piknik disini ngerayain ultha disini, sampai besar skrg Taman Mini menurut saya sih ttp destinasi yg menarik, eh tapi akhirnya sering kesini buat dtg ke resepsi nikahan temen *hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s