Menjelajah Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong

Beberapa kali ke setu Babakan, tapi hanya mampir sekilasan aja ketika pergi menuju tempat lain.

Setu Babakan dijadikan sebagai kampung budaya Betawi, segala hal yang berhubungan dengan budaya Betawi ada di sini, area ini sudah dihuni secara turun temurun oleh keturunan Betawi … tapi ada apa sih di seputar setu ini …. want to know, mumpung ada waktu 1/2 hari di hari minggu, saya jalan2 kesini aja.

Jam 7 lebih baru jalan .. melewati Kalimalang, Condet … melewati secuil kebun salak tersisa.. dahulukan condet terkenal karena salak condet-nya .. lanjut ke Pasar Minggu dan terus aja lurus mengarah Depok, lalu belok kanan dan berbelok belok sampailah … tadaaa.. di setu Babakan … #GampangYaRutenya.

Tidak ada tiket masuk untuk ke setu, motor mobil harus bayar parkir, kalau sepeda sih melenggang aja.

Jam 8an… belum terlalu ramai, tapi sudah ada keluarga atau pasangan yang bersantai di meja sisi danau sarapan pagi sambil menikmati susasana danau. Komunitas sepedapun banyak yang pit stop disini termasuk komunitas sepeda onthel.

jalan di sisi setu Babakan

Hampir sepanjang sisi setu di penuhi oleh meja2 baik meja lesehan atau meja biasa dan dinaungi kerindangan pohon membuat nyaman utuk bersantai. Pedagang makanan berderet… tinggal pilih aja mau menu khas betawi – Jipang-Berondong, Kembang Goyang, Geplak, Dodol Betawi, Tape Uli, Kue Rangi, Kerak Telor, Asinan Betawi, Tauge Goreng, Laksa, Bir Pletok – atau masakan umum juga ada.

seban3

Aktifitas dan budaya Betawi di Setu Babakan

Mumpung disini .. saya mencoba makanan khas Betawi … kerak telor … sudah tahunan tidak pernah makan, lupa rasanya bagaimana. Minumnya sekalian khas betawi .. bir pletok. Pertama kalinya saya minum bir ini .. lebih kuat rasa jahenya.. hanya minum sedikit aja.. soalnya ingat pesan ” Don’t ride drunk ” akhirnya saya minum kelapa muda aja.

Tadinya saya mau masuk ke area perkampungam betawi yang baru, disana terdapat rumah tradisional, ampliteater, restoran dan museum. Tapi tidak boleh masuk oleh petugas katanya belum dibuka untuk umum. Area ini sudah tahunan belum kelar2 juga.. sudah lama banget terkatung katung, sekarang sih sepertinya mulai lagi di kerjakan, sebagian sih sudah selesai dan di gunakan tapi kayaknya banyak juga yang belum selesai.

area Kampung Betawi Baru di Setu Babakan

Kabarnya Setu Babakan ini adalah setu buatan airnya berasal dari sungai Ciiwung dengan luas +- 32 ha. Setiap Sabtu dan Minggu diadakan berbagai macam pertunjukan kesenian Betawi – Tari Topeng, Marawis, Gambang Kromong, Tanjidor, Lenong, Gambus dll. Di resmikan sebagai cagar budaya Betawi tahun 2004 oleh Gubernur Sutiyoso, bersamaan dengan perayaan HUT DKI Jakarta ke-474.

Area setu yang luas dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas seperti memancing, naik delman keliling setu, bersepeda didaratan atau menaiki sepeda air keliling Setu Babakan.

track yang memutari pulau di tengah setu

suasana pulau yang gersang

Saya lanjut menyusuri sisi setu dan menyebrang ke pulau di tengah setu, banyak orang yang ngga ngeh kalau setu babakan ini ada pulaunya. Pulau ini cukup besar dan masih gundul. Saya menyusuri pulau kecil ini dari ujung ke ujungnya. Tidak banyak orang yang berada di sisi2 pulau ini, mungkin karena panas kali ya.. Tapi ada beberapa spot yang adem .. enaklah jika ingin sedikit keluar dari keramaian.

Pada saat saya datang, air danaunya tidak banyak dan sedang di keruk supaya pendangkalannya tidak semakin parah.

Sebaiknya setu ini dikemas juga dengan wisata kekinian … wisata selfie .. buat wahana2 selfie atau spot instagramable yang berthemakan Betawi .. pasti bakalan menambah wisatawan yang berkunjung kesini.

lokasi Setu Babakan
Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan
koordinat google maps -6.341377, 106.823218

Setu Mangga Bolong
Lalu lanjut ke situ tetangga, yaitu Setu Mangga Bolong.. disebut begitu karena dulunya banyak pohon mangga tapi buahnya bolong bolong… hmmm mungkin kayak donut kali ya .. #SokTeu

Letak situ ini tidak jauh, tidak sampai sekilo dari setu Babakan.
Woww.. ternyata situnya luas juga. Disini lebih banyak pemancingnya dibanding setu babakan … ikan disini lebih banyak dong. Setu ini seperti terbagi dua, satu bagian sudah di normalisasi dan satu bagian seperti baru di keruk, total keseluruhan setu ini lumayan besar.

track yang memutar sebagian area setu Mangga Bolong

Air situnya lumayan bersih dari sampah. Suasana disini berbeda dengan setu Babakan, disini tidak ada penjual makanan dan tidak ada meja2 di pinggir situnya.
Suasana salah satu sisi sebrangnya seperti di sisi pantai… banyak pohon kelapa.
Konon .. ada rencana untuk membuat kawasan wisata terintegrasi antara setu Babakan dan setu Mangga Bolong. Ya mudah2-an saja dapat terwujud … supaya setu “tetangga” ini di kenal oleh masyarakat Jakarta dan dapat menjadi destinasi wisata.

Setelah rehat sejenak saya jalan pulang dan sampai di rumah sesuai target jam 11 lewat sedikit.

lokasi Setu Babakan
Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan
koordinat google maps -6.341377, 106.823218

lokasi Setu Mangga Bolong
Srengseng Sawah, Jakarta Selatan
koordinat google maps -6.350414, 106.822028


Minggu 10 Desember 2017

Iklan

14 thoughts on “Menjelajah Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong

  1. ternyata setu Babakan punya tetangga toh … namanya unik mangga bolong. Saya sih belum pernah main kesana, tapi lihat foto2 ini kayaknya asyik juga ya foto2 di pulaunya, bagus untuk dipejeng di medsos .. haha

    • tempat ini sudah memiliki potensi yang bagus untuk jadi tempat wisata … butuh “bergerak” saja .. apalagi sudah ada contoh2 tempat destinasi yang laku untuk zaman now mesti bagaimana .. tinggal copy dan di adjust sesuai lingkungan di sini … pasti keren deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s