Piknik ke pelosok Bekasi ; Gabus Desa Wisata dan Danau Arjuna Samba

Seiring dengan masyarakat Indonesia yang semakin sadar piknik, tempat tempat wisata baru bermunculan, tak ketinggalan juga di daerah pelosok Bekasi. Sekarang ada desa Wisata .. Desa Gabus dan tempat makan yang memiliki danau buatan Danau Arjuna Samba.

klayaban ke situ di area sekitar Gabus Bekasi

Pergi nyantai aja, berangkat jam 7 lebih .. eitss jadi semakin siang aja … biasanya anak sepedahan keluar jam 6 kurang .. tapi ngga apa2 yang penting pergi piknik .. horeee.
Dari Kalimalang melewati area CFD Bekasi mengarah ke Summarecon yang padat dan ramai .. benar2 tumplek blegh. Selepas Summarecon menyusuri jalan Perjuangan kemudian belok ke arah Tambelang. Biar tidak bosen melewati jalan raya dan jalanan aspal terus maka dibuat agak melipir melipir dikit sekalian lihat pesawahan dan situ yang ada didaerah sana. Sebenarnya kalau situ yang ada ini dibuat bersih dan dibuat menarik bisa juga di jadikan tempat piknik. Sayang sekali suka aja ada sampah2 berserakan.

Beberapa kali kluyuran di daerah Bekasi yang di area ini .. satu yang tidak banyak berubah adalah gundukan2 sampah di pinggir jalan .. heran deh .. #KenapaCoba. Beda banget dengan Bekasi area lainnya yang relative lebih bersih. PR bagi masyarakat dan pemerintah untuk berbenah.

GABUS DESA WISATA
Ketika melewati tugu Golok artinya sudah sampai di area Gabus. Kampung ini dinamakan Gabus karena dulunya banyak ikan gabus disini. Otomatis disini ada waung gabus pucung makanan khas daerah Bekasi. Selain ikan gabus jika pada musimnya disini banyak ditemukan penjual timun suri karena selain hamparan sawah yang luas di daerah sini masih banyak petani timun suri, bisa dikatakan jika musim ramadhan maka pasokan timun suri untuk Jabotabek datangnya dari daerah sini.
Nama lain dari Kampung Gabus adalah kampung Jawara karena dari tanah ini secara turun temurun banyak lahir para jawara, makanya golok menjadi logo kampung ini.

warung Golok di pinggir jalan utama kampung Gabus

Ketika melewati warung golok yang ada di sisi jalan, warung yang tepat di sebelah tugu Golok, tadinya saya mau mampir, tapi berhubung lagi di okupasi oleh klub motor saya tidak jadi mampir dan tidak foto2 khawatir salah pengertian bisa masalah … sayakan bukan jawara.

sayang ya … kesadaran kita untuk menjaga kebersihan sangat rendah

Tidak jauh dari warung golok ini terlihat di area pesawahan tulisan besar “Gabus Indah” … nah itulah salah satu spot yang saya tuju. Dengan semangat dan inisiatif warga, desa ini dikemas menjadi desa wisata. Tidak ada tiket masuk ke areal yang cukup luas ini, tanah memanjang ini milik PGN — jadi kemungkinan ini adalah jalur pipa gas — yang “di sulap” menjadi spot cantik untuk bermain dan menikmati pemandangan hamparan pesawahan. Selain sawung sawung juga ada beberapa permainan untuk anak2 seperti ayunan, mini komedi putar dll, bahkan disini sudah ada musholla.

nongkrong di saung ditemani hamparan sawah … hmmm kerennn

ngopi di pinggir sawah pasti mantapp

Tidak ramai … tidak banyak orang, hanya ada anak2 kecil yang nampaknya penduduk sekitar sini. Mungkin karena relative masih baru jadi belum banyak yang tahu. Mudah2-an kedepannya Desa Wisata ini semakin berkembang dan banyak aktifitas dan tempat2 menariknya … ya mungkin dengan menyediakan berbagai spot selfie seperti wahana bentuk hati, menara photo, sangkar burung atau bahkan lukisan 3D … pokoknya segala hal kece yang instagramable. Kalau sudah jadi spot selfie dan viral di medsos … pasti bakalan berbondong bondong deh orang datang kesini.

Bagi saya sendiri sih …. tempat sepi begini lebih menarik … lebih enjoy dan syahdu .. halahh … menikmati suasana pesawahan, sayang tidak bawa perlengkapan lenong ngopi .. kan asyik banget nyeruput kopi di tepi sawah. Saat ini belum ada warung disini. Masih banyak sepertinya yang akan dikerjakan, semoga Gabus desa wisata ini semakin berkembang dan menambah putaran perekonomian warga sekitar.
Dan menarik banyak wisatawan penggemar piknik, penggemar wisata budaya, penggemar selfie dan juga cocok bagi anak2 sepedahan untuk menjadikan sebagai destinasi gowes .. bisa melakukan light xc di pesawahan dan berakhir di Gabus Indah ini .. rehat sambil menikmati hamparan sawah.


Lokasi Gabus Desa Wisata
Kampung Gabus, desa Sriamur, Tambun Utara, Bekasi,
Koordinat google maps -6.185720, 107.074550

DANAU ARJUNA SAMBA
Setelah rehat sejenak saya lanjutkan gowes menuju destinasi ke dua, hanya sekitar +- 5 km dari Gabus dengan melewati jalanan pedesaan. Dan tidak lama sampailah saya di destinasi ke dua … Danau Arjuna Samba. Tempatnya di daerah pelosok Bekasi .. di daerah hamparan sawah di buat rumah makan dengan danau buatan untuk bermain sepeda air. Luasnya +- 8 ha dengan parkiran yang luas dan area makan yang besar dengan menu andalannya adalah bakso. Tempat ini bisa digunakan untuk acara acara besar baik keluarga maupun perusahaan.

Bersantap sambil membawa main anak2 cocok … atau hanya bersantai santai sambil makan makan juga enak. Sepertinya sih akan ditanami pepohonan supaya lebih hijau dan rindang, soalnya kalau siang panas menyengat. Seandainya suasana pesawahannya tetap ada … pastinya lebih keren lagi … makan atau ngopi ngopi di sawah … mantap deh. Berasa suasana kampungnya … orang kota kan rindu suasana seperti itu … keluar dari rutinitas dan suasana kota.

Untuk masuk kesini tidak ada tiket masuk cukup bayar parkir saja, sepedapun dikenakan tarif parkir 1000 perak. Kalau mau main sepeda air dan makan .. ya bayar … tapi harganya ekonomis .. ramah dikantong.


Lokasi Danau Arjuna Samba
Kampung Kosambi, desa Sukaasih kec.Sukatani Bekasi
Koordinat googlemaps -6.208032, 107.137435

jalan jalan ke perkampungan Bekasi menikmati pesawahan dan jalanan desa yang sepi

aliran irigasi yang lancar mengairi pesawahan Bekasi

jembatan aliran irigasi yang melintasi kali CBL

Pulang dari sini sengaja saya ambil jalan berputar … kembali blusukan ke kampung kampung dan pesawahan …. menikmati suasana desa, jalanan sepi … kanan kiri pesawahan … aliran sungai irigasi dengan air yang melimpah … benar benar suasana yang asyik membuat hati ini senang ceria.
Di area ini ada jembatan unik … sungai irigasi yang menyebrangi sungai CBL.

Minggu 19 November 2017

 

Iklan

24 thoughts on “Piknik ke pelosok Bekasi ; Gabus Desa Wisata dan Danau Arjuna Samba

  1. mungkin pas bikin desa wisata, kudu mendidik warga sekitar yang jadi perhatian utama sebelum benar2 diluncurkan, terutama menjaga kebersihan…minimal dari penghuninya sudah sadar dan mudah2an bisa menular ke pengunjung

    • setiap desa memiliki potensi masing2 .. apalagi jika ada danau … tinggal semangat dan kreatifitas untuk membuatnya jadi lebih menarik … bener mas Sitam .. paling nggak buat warga sekitar untuk berekreasi 🙂

  2. postingan om keren2 nih …
    kadang2 jadi inspirasi tujuan saya, kalo gowes… hehehe
    ga nyangka di gabus ada desa wisata, biasanya cuma maen sampe kantor desa sriamur aja …

  3. Sejak pariwisata booming, sekarang apa saja bisa jadi spot wisata menarik selama belum pernah dieksplorasi lebih jauh. Bahkan, kebon atau hutan di belakang rumah nenek yang punya sisi ‘indah’ dikit pun sekarang mulai dilirik dan dikembangkan hehehe. Salut sih, semoga dirawat dengan baik 🙂

  4. Ini bener-bener deh, sekian tahun saya di Bekasi hanya jadi kuli saja, jadi beneran baru tahu kalo suasana di Gabus masih alam pedesaan yang hijau.
    Jadi pengen kesana. Ada gak ya angkutan umum menuju Gabus? Ngiler melihat suasana disana…

    Salam,

    • daerah gabus hamparan sawahnya masih luas banget, walau sudah ada pengalihan sawah jadi perumahan.

      ke arah sini dilalui angkutan umum terutama dijalanan utamanya, kalau masuk kedalamnya lagi sih belum dilalui angkutan.

      salam

  5. Gabus kayanya kalau udah ditata lebih oke, bakal bagus ya kang. Bisa jadi tempat liat sunrise, duduk disaung terus liat sunrise. Soalnya kan banyak hamparan sawah, keren kayanya 😀

  6. nyopi di pinggir sawah dan menikmati mentari pagi … wah asyik bener.
    saya sih pilih main ke desa gabus daripada ke danau arjuna, suasana pedesaanya lebih terasa, apalagi buat orang kota yang ingin merasakan kembali suasana kampung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s