Piknik ke Cibinong, mengunjungi situ situ dan stadion terbaik dunia

Cibinong umumnya hanya jadi pelintasan. Saya beberapa kali melintasi daerah ini untuk menuju ke tujuan lain. Meskipun seringnya saya melintas tapi pernah juga gowes piknik ke Cibinong, ke Danau Dora yang kayaknya jadi tempat paling hit di Cibinong dan ke Situ Cikaret, situ terbesar di Cibinong.

Cibinong bukan menjadi destinasi wisata, kalah pamor dari tetangganya Sentul dan sekitaran kota Bogor. Tapi saya yakin … Cibinong punya tempat2 menarik.. saya memiliki keyakinan akan hal ini .. #SokYakin. Keyakinan ini butuh argumentasi untuk dibuktikan, saya akan jalan jalan ke Cibinong … piknik ke Cibinong.

Minggu pagi sebelum berangkat saya perhatikan dulu langit .. agak sedikit berawan tapi saya yakin..#YakinLagi … tidak akan hujan … Cuss deh saya go .. gowes maksudnya. Lewat Pondok Gede, Cibubur dan ketika akan melewati kolong tol Jagorawi di Leuwinanggung Cimanggis .. ehh di tutup, ada perbaikan. Ya sudah mesti berputar lumayan jauh. Pokoke gowes terus … gak terasa sudah sudah di Cibinong dan sampailah di tujuan pertama.

Situ Citatah
Situ ini tepat di pinggir jalan raya yang ramai, airnya terlihat bersih, dan bukan menjadi tempat wisata, dibiarkan apa adanya, tidak ada orang2 yang bermain main kesini. Paling ada sedikit pemancing dan rakit yang sedang menjala ikan. Di sisi jauh terlihat pemakaman Tionghoa. Situ ini seperti terlupakan begitu saja, sayang sekali tidak dikemas menjadi tempat wisata, padahal akses untuk menuju situ ini sangat mudah dan situ ini memiliki pulau di tengahnya yang bisa menjadi daya tarik wisata. Saya perhatikan tidak ada jalan untuk memutari situ ini.

situ Citatah tepat di pingir jalan raya yang ramai

Situ Citatah
Jl Raya Mayor Oking Jaya Atmaja, Cibinong
Koordinat Googlemaps -6.468054, 106.857297

Situ Gedong
Destinasi kedua adalah Situ Gedong, posisinya tidak jauh dari Situ Citatah, meskipun posisinya ada di tepi jalan tapi karena agak kedalam jadi suasananya lebih sepi. Tapi situ ini sudah repserentatif untuk menjadi tempat wisata. Suasana sisi situ lebih asri .. banyak pohon2. Jika ingin nyantai di warung juga bisa … disisi yang dekat jalan ada beberapa warung. Disisi situ ada jalan paving block yang sepertinya memutari situ. Tapi sayangnya tidak dirawat sehingga sebagian ditutupi oleh semak semak liar. Salah satu spot menarik saat saya kesini adalah mekarnya bunga teratai dalam jumlah banyak … keren. Meskipun sepi tapi ada beberapa pemancing disisi situ dan satu keluarga kecil –bapak ibu dan satu anak- yang sedang botram .. sengaja bawa makanan dan makan di bawah pohon di sisi situ … hmmm … terlihat enak dan bahagia. Memang bahagia itu sederhana ya … hanya makan di tepi situ aja sudah hepi.

Situ Gedong
Jl TPU Cirimekar, Cibinong
Koordinat Googlemaps -6.479009, 106.851018

Stadion Pakansari
Stadion berkapasitas 3.100 yang selesai dibangun tahun 2016 adalah salah satu tempat wajib yang harus saya kunjungi di Cibinong. Gimana ga wajib … Stadion ini menempati urutan Stadion Sepakbola terbaik ranking 14 dunia tahun 2016, peringkat dilakukan oleh Stadium Database (Stadium DB). Gile ga tingkat dunia … Stadion Gelora Bung Karno aja kalah jauh .. wiyy keren nih Cibinong.

Sampai di stadion jam 9 lebih tapi suasana masih ramai .. terutama oleh para pedagang yang hampir memutari sisi luar jalan stadion. Yang berolah raga .. maksudnya lari pagi sudah tidak ada, tapi suasana masih ramai oleh orang yang berjalan jalan .. shopping di lapak lapak .. apalagi yang kulineran berbagai jenis dan menu makanan banyak deh disini.

Saya tidak bisa masuk kedalam stadion, tidak sembarang orang boleh masuk .. sayakan orang sembarangan .. ya sudah cukup jalan jalan diluar saja sudah bahagia koq.

Stadion Pakansari
Jl Kol Edy Yoso Martadipura, Cibinong
Koordinat Googlemaps -6.495076, 106.833398

Situ Pemda Cibinong
Situ ini lokasinya ada di sisi gedung DPRD Kabupaten Bogor dan kantor Pemda Kab Bogor. Dari sisi jalan raya dipagar tidak bisa masuk ke situ, akses masuk sepertinya harus masuk terlebih dahulu ke area Pemda, tapi gerbang dan penjagaanya membuat saya segan masuk. Jadi saya mencari jalan melipir ke sisi yang berdampingan dengan perumahan penduduk. Di sisi ini tidak ada jalan paving block yang memutari situ hanya ada jalan setapak tanah dan rimbunya semak semak. Sepertinya jalan setapak ini digunakan oleh para pemancing. Sayang ya … lokasinya ada di sebelah kantor pemda tapi keadaanya begini. Situ ini relatif bersih, sampah tidak banyak. Tidak ada orang yang berwisata ke sini hanya ada beberapa pemancing yang duduk terdiam di sisi situ.

tidak ada paving block yang memutari situ Pemda

Situ Pemda Kab Bogor
Jl Tegar Beriman Cibinong
Koordinat Googlemaps -6.480261, 106.826940

Situ Kabantenan
Situ Kabantenan atau di google maps tertulis situ Bentenan. Lokasinya tidak jauh dari situ Pemda dan berada di sisi dan jalan yang sama. Bentuk situ ini unik seperti huruf U. Di sisi situnya ada jalanan paving block tapi kondisinya tidak terawat, semak semak tumbuh subur dan menutupi jalanan. Tadinya saya berniat menjelajah lebih jauh tapi semaknya semakin lebat dan masuk ke dalam jari jari ban sehingga sulit untuk berputar. Disini pemancingnya lebih banyak, mungkin ikan disini lebih banyak dibandingkan situ situ lainnya.

Situ Kabantenan
Jl Tegar Beriman Cibinong
Koordinat Googlemaps -6.479723, 106.832835

Situ Kabantenan ini menjadi destinasi terakhir jalan jalan di Cibinong. Berdasarkan catatan pemda Kab Bogor disebutkan bahwa jumlah situ di Cibinong mencapai 17 situ … wah banyak juga ya. Makanya Pemda berencana untuk mengelola dan memaksimalkan sumber daya yang ada dengan mengembangkan kota Cibinong Raya dengan poros orientasi waterfront (situ front) dan dinamakan Situ Front City.

Untuk mewujudkan hal tersebut bahkan sudah diadakan lomba desain dan sudah ada pemenangnya. Konsep Situ Front City akan berperan sebagai pusat ruang terbuka hijau, pusat kegiatan outdoor masyarakat (public open space), area rekreasi dan wisata, maupun area fasilitas infrastruktur publik. Yang akan menjadi Pilot Project kabarnya adalah Situ Pemda, Situ Kabantenan, dan Situ Cikaret.

Semoga rencana tersebut bisa segera terwujud dan menjadikan Cibinong menjadi salah satu destinasi wisata utama. Berhubung butuh dana besar dan proses yang cukup lama untuk mewujudkannya alangkah lebih baik jika situ yang sudah ada ini dirawat … paling tidak semak semaknya dibersihkan, jalanan paving block diseputar situ diperbaiki serta dibangun jika belum ada, dijaga kebersihan situ dan sekitarnya. Dengan begitu saja sudah cukup .. sudah asyikk untuk jadi tempat wisata, untuk berjalan jalan atau berolahraga di seputar situ. Jangan sampai kejadian di situ kadang saya merasa sedih .. 🙂

Minggu 22 Oktober 2017

Iklan

16 thoughts on “Piknik ke Cibinong, mengunjungi situ situ dan stadion terbaik dunia

  1. Selain kaya curug, kabupaten ini juga kaya akan situ ya, Mas. Mas, ngomong-ngomong ‘botram’ itu artinya apa? Saya tumben dengar kata itu, hehe. Hmm, sayang banget stadionnya tidak bisa bebas dimasuki. Orang-orang yang mau olahraga kayaknya hanya bisa di halaman luarnya ya, Mas. Tapi kadang iya juga sih, kalau bebas dimasuki mungkin stadionnya bisa cepat rusak, hehe. Terima kasih rekomendasinya Mas, boleh juga wisata ke Cibinong untuk mencari beberapa foto.

    • betul mas gara.. cocok disebut kabupaten sejuta curug seribu situ.
      botram itu bahasa sunda artinya bawa makanan dan makan sambil ngampar di luar – piknik. Jaman now sudah jarang yg botram.. makannya ke mall atau makan dirumah makan.
      Memang stadion tidak buka untuk publik soalnya masih banyak dari kita yg tidak punya rasa peduli dan tanggung jawab malah merusak dan membuang sampah sembarangan.
      ayo liput cibinong mas gara supaya jadi naik pamornya.. haha

      • Asyik juga ya Mas kalau bisa botram di pinggir situ, hihi. Jadi kepengin deh. Mudah-mudahan saya bisa menyempatkan waktu untuk itu. Beberapa minggu terakhir saya harus berjuang lebih keras untuk menyisihkan waktu, hihi.

  2. Ini serial dari situ ke situ nih, sejuk banget penguapan airnya laksana AC alami.
    Aih cantiknya hamparan kembang lotus di situ, dibudidayakankah ya? Bunga dan renkongnya laku keras.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s