Hutan Tersisa di Bekasi – Hutan Kebun Belanda

Siapa sangka Bekasi masih punya hutan .. bukan taman hutan kota .. ini bener2 hutan yang vegetasinya lebat. Hutan itu disebut Hutan Kebun Belanda.
Lokasinya didaerah Tambun Bekasi, daerah yang penuh dengan komplek2 perumahan baru .. ternyata masih tersisa.. sepotek hutan disana.

Hari minggu saya meluncur kesana melalui area CFD Bekasi yang sangat ramai dan padat oleh warga terus melalui jalan yang yang sudah ramai dan penuh dengan bangunan kehidupan kota – toko toko, ruko, perumahan dan juga komplek perumahan baru yang sedang dibangun. Berkilo kilo meter saya melalui area Bekasi yang sudah padat dan ketika mendekat ke titik lokasi mulai suasana berubah masih ada tanah2 kosong, pesawahan dan kebun penduduk. Terlihat ada satu area yang penuh pepohonan … nah itu dia .. dan tibalah saya di gerbangnya dengan pintu yang besar … waww .. serasa mau masuk ke benteng.

gerbang masuk “dunia lain” ke dalam hutan Kebun Belanda

Masuk ke dalam benteng dengan membayar tiket masuk dua ribu .. murah meriah. Masuk dalam benteng … suasana di dalam langsung berubah … masuk ke dunia lain yang berbeda di Bekasi … rimbun hijau lebat dengan berbagai aneka tumbuhan yang rapat, dibiarkan tumbuh dengan liar .. serasa di jungle.

suasana di dalam kontras dengan diluar – rimbun dan lebat

Luas area ini +- 3 hektar dulunya merupakan area rumah pribadi milik keturunan Belanda dan entah karena suatu sebab kemudian ditinggalkan dan dibiarkan terlantar dan semakin lebat dan lebat. Bangunan tua yang dibiarkan terlantar dan rusak ada di dalam area ini. Hutan ini dijaga oleh keluarga yang diamanatkan oleh pemilik lahan dan tinggal di area pintu masuk.

Dari pintu masuk ada percabangan jalan setapak menuju beberapa arah, saya mencoba memasuki beberapa percabangan ini. Semua cabangnya melalui lorong lorong yang rimbun dan lebat, saya tidak menjelajah terlalu jauh jauh ke dalam … ga tahu ya .. koq saya jadi kangen sama pintu gerbangnya … halahhh bilang takut aja susah banget … ya habis gimana ya … sendirian, sepi, sunyi, gelap … eehh ada macan ga disini … paling ular kayaknya banyak .. Pengunjung lain hanya ada sepasang muda mudi dan hanya duduk berdempetan aja tidak jauh dari pintu masuk.

ada beberapa percabangan jalan setapak di dalam hutan untuk di explore

Didalam hutan lebat ini saya menemukan bangunan rumah putih yang sudah hancur tertutup oleh pepohonan dan semak semak … cocok banget untuk jadi rumah di film horror, kabarnya pernah di jadikan tempat acara TV yang mistis mistis. Waktu melihat rumah ini tadinya saya berusaha mengelilingi rumah.. tapi vegetasinya semakin lebat .. dan.. nganu .. saya jadi jiper .. dikepala mulai mikir yang enggak enggak .. haha .. ya sudah saya balik badan dengan cepat

pintu sudah dibuka … ayo silahkan masuk

Jika ingin berjalan jalan atau piknik atau explore hutan atau cuman ingin ngadem di Bekasi … tempat ini layak untuk dikunjungi, tempat ini sangat memiliki potensi apalagi kalau dikemas dengan baik … bisa menjadi tempat wisata yang menarik.

Lokasi Hutan Kebun Belanda
Kampung Jalen, Desa Jejalenjaya, Tambun Utara , Bekasi
Koordinat Googlemaps -6.215121, 107.069223


Minggu 15 Oktober 2017

Iklan

30 thoughts on “Hutan Tersisa di Bekasi – Hutan Kebun Belanda

  1. Saya selalu dapat ide tempat wisata yang baru jika berkunjung ke blog ini. Terima kasih banyak, hehe. Satu lagi tempat wisata yang menggelitik rasa penasaran. Saya ingin sekali tahu soal keluarga pemilik lahan. Juga status kepemilikannya kini. Kayaknya ada banyak cerita di sana Mas, hehe. Belum lagi soal bangunan kolonial dan gerbang kebunnya yang menurut saya masih sangat asli. Agak kasihan dengan pemerintah kabupaten setempat. Menelantarkan harta karun seperti ini, berarti membuang-buang banyak hal. Entahlah ya, mungkin pundi-pundi yang dapat diraup dari sini tidak sebanding dengan pajak perumahan.

    • sayang saya tidak bisa mendapatkan info tentang sejarah keluarga ini.
      Kalau ini milik pribadi dan pemda tidak peduli .. bisa suatu waktu hilang “permata” ini. Soalnya sekelilingnya sudah dikepung perumahan2.
      Setuju mas Gara .. sepertinya butuh perhatian dan pembinaan dari pemda atau pemerintah supaya tempat ini tetap dipertahankan dan dikelola menjadi tempat wisata yang menarik .. menjaga “paru paru” ini tetap ada dan sekaligus menciptakan income bagi warga sekitar dan pemerintah.

  2. Itu lokasinya sepertinya cocok buat bikin film horor ya, Mas..hehe
    Asik ya, punya sepeda gitu, jadi bisa ke lokasi yang semacam itu, aku sendiri masih suka pilih2, ya, karena pake fixie, tapi apapun itu gowes tetap menyenangkan 🙂

  3. Koq ya selalu menemukan lokasi berharga dalam perburuan bersapedahan. Beneran sayang kalau aset berharga ini lepas jado pemukiman ya. Hatur nuhun pisan selalu disuguhi postingan bergizi tinggi. Salam

    • karena cakupannya kecil – jabodetabek – mesti sering “menggali” .. jadi ketemu saja info2 menarik, seperti “hutan” ini
      mudah2-an tetap terjaga “keasriannya” tidak berubah menjadi perumahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s