Must Visit curug di Sentul – Curug Putri Kencana

curug putri kencana.pngDari sekian banyak curug di Sentul Bogor ada dua komplek curug yang masuk kategori ” Must Visit ” yaitu Leuwi Hejo dan Curug Putri Kencana.

Selain kedua curug ini letaknya berdekatan dan di dalam satu areal ada beberapa curug (air terjun) dan leuwi (lubuk) keren yang dapat sekalian dikunjungi.

Leuwi Hejo saya pernah, curug Putri Kencana saya belum. Hal ini membuat saya galau.. menghapus kegalauan saya harus kesana… jam 8an sudah nongkrong di pinggir jalan daerah Citeurep, tak lama kemudian om Adi nongol.

Loading perbekalan dulu di minimarket dan cus meluncur ke sentul. Sepanjang perjalanan dari rumah sampai ke Sentul jarang sekali ketemu pegowes… entah mengapa..

Melalui jalanan Raya Babakan Madang terus menanjak dengan telaten, melewati pintu masuk Jungle Land terus keatas.
Selepas pertigaan kanan ke gunung pancar dan kiri ke Curug Putri Kencana, suasana pemandangan berubah banyak, sawah berundak, lembah, sungai berbatu batu dan hutan lindung lebat tidak jauh dari pandangan mata.

Melewati beberapa pintu masuk ke leuwi dan curug2 lain : curug leuwiasih, curug kalimata, kawah merah, dll. Kalau ada waktu silahkan mampir, saya lanjut terus sesuai misi yang diemban.

Tidak tahu berapa tanjakan penguras napas dan tenaga terlewati, kemudian menurun curam menuju jembatan di lembah. Sesampai di lembah kita berhenti dulu… bukan untuk menikmati pemandangan tapi untuk sejenak menarik napas bersiap siap menanjak kembali ke atas melewati tanjakan terngehe di daerah ini.

Ditanjakan ini pikiran fokus konsentrasi … hanya memikirkan kapan tanjakan ini berakhir … tidak terpecah oleh hutang ataupun tagihan yang belum terbayar … Om Adi dengan gahar langsung melesat.

Saya merayap dan.. yeayy.. sampai juga ke atas … girang banget apalagi jarak sudah dekat 1 km-an lagi.

Disatu titik kita belok kanan ke jalanan semen dan menanjak keatas melalui rumah2 penduduk melewati parkiran mobil. Mobil yang mau ke curug parkir disini, jalanan mengecil dan masih melewati rumah penduduk kemudian menuruni lembah hijau dan terlihat ada bendungan dari aliran sungai Sadon di bawah lembah.

Sungai Sadon inilah yang mengairi curug Putri Kencana. Perjalanan dilanjutkan menyusuri tebing hutan, sampailah di loket bayar 15 ribu perorang. Tak jauh dari loket ada curug Cikujang, kita mampir dulu sejenak. Lanjut lagi menanjak ke atas dan jam 10-an sampailah diparkiran motor terakhir. Dari parkir mobil ke parkir motor ini kurang lebih 700 m.

curug pertama .. setelah loket .. curug Cikujang

Disini ada warung2 yang tertata dengan rapih .. enak dilihatnya. Di dekat parkir motor ini sudah ada leuwi yang begitu menggoda … airnya jernih dan bening, namanya leuwi Pariuk yang memiliki kedalaman sampai 2 m. Ada persewaan kasur apung untuk bermain main di air.

lewi pertama di dekat titik parkiran motor terakhir .. leuwi Pariuk

Disini juga sudah ada villa ditepi sungai yang disewakan 1,5 juta permalam saat weekend dan ada juga kamar2 dengan rate 350 rb/malam dengan toilet disediakan diluar, area camping juga ada, atau mau nginep lebih murah lagi bisa di bale2 warung.. jadi kalau mau bermalam banyak pilihannya, area wisata ini buka 24 jam.

villa dan kamar kamar yang bisa disewa

Setelah makan indomie, sepeda saya titipkan diwarung, untuk menuju curug harus melanjutkan jalan kaki +-10 menitan. Melalui jalanan setapak dan melalui leuwi Asmara lalu leuwi Demang dan sampailah di area curug Putri Kencana. Disinipun sudah banyak warung dan toilet2 yang tertata rapi. Ada juga gazebo2 yang disewakan 30 ribu. Dibagian atas curug Putri Kencana ada leuwi Cibaliung.

leuwi Demang yang dilewati ketika perjalanan dari leuwi Pariuk ke Curug Putri Kencana

leuwi Cibaliung posisinya tepat di atas curug Putri Kencana

Banyak spot untuk bermain main air ; mau berendam rendam saja bisa, mau berenang renang bisa atau mau lompat lompat dari batu juga bisa. Tempat lompat tertinggi adalah di area curug Putri Kencana ada yang mencapai ketinggian +- 8 meteran dengan kedalaman air sampai 7 meteran .. cocok untuk uji nyali 🙂
Yang jelas airnya bersih dan jernih … juga dingin dan segerrr … sangat asyikkk untuk bermain main air di sungai.

curug Putri Kencana yang memiliki lubuk terdalam sampai +- 7 meter

Jika dilanjutkan dengan trekking ke atas lagi kurang lebih 30 – 40 menitan maka akan melewati leuwi Jodo dan sampailan di curug Love atau dulunya masyarakat sekitar menamakan curug Meledug.
Berhubung hujan turun dan awan gelap .. kita tidak melanjutkan perjalan ke curug Love. Cukup sampai di area Curug Kencana saja, safety first … tidak aman untuk bermain lebih ke atas saat hujan turun.Kita berteduh diwarung menghangatkan badan sambil ngopi ngopi ganteng. Hujan reda tapi awan masih mendung akhirnya kita jalan pulang ke parkitan sepeda .. eh hujan lagi .. berteduh lagi.

Sebelum pulang kita mampir dulu makan siang dengan menu makanan khas sini … sate kiloan .. sate kambing
“ satu kilo 200 ribu “ kata si ibu … kita bengong .. melihat tampang kita yang kenes -kere ngenes, masih okelah daripada jones – jomblo ngenes “ bisa koq ½ atau ¼ kilo …. 10 tusuk 75 ribu “. Bagi saya kalau soal rasa .. harga tidak masalah .. yang penting murah … #NahLho. Akhirnya kita tidak jadi makan disana .. berhubung sudah ngidam sate kita tetap mencari sate dan menemukan penjual sate yang menjual eceran pertusuk 3.500 … ya sudah cucok deh disini. Mantap deh … laper .. udara dingin2 .. makan daging kambing panas.

Setelah kenyang …Perjalanan gowes pulang dilanjutkan dan harus tiga kali berteduh karena hujan dan om Adi tidak bawa jas hujan. Berteduh ketiga di daerah Citeureup … hujan sangat deras dengan angin bertiup sangat kencang menderu deru .. untung kita mendapatkan tempat berlindung nyaman di mesjid. Hujan deras ini awet .. tahan lama … lama kita berteduh .. bosen bosenan sama hujan .. hayoo .. mana yang bosen duluan …
waktu sudah menunjukkan jam 17 kurang sedikit .. hujan belum juga menunjukkan akan bosen dan berhenti .. tapi tidak sederas tadi dan anginnya tidak bertiup kencang, akhirnya kita putuskan untuk berangkat hujan hujanan … Om Adi yang tidak pakai jas hujan menggeber sepedanya .. katanya biar badan hangat. Kita berpisah di Cibubur dan saya melanjutkan perjalanan pulang melalui jalan Hankam Raya lalu melalui Pondok Gede yang macet gila .. stuck … sehingga saya harus angkat angkat sepeda untuk melewati kemacetan dan terus menuju Kalimalang dan sampai dirumah jam 18.30 lebih sedikit.

Meskipun molor jauh dari target … tidak apa apa, mungkin karena kurang puas main air di sungai maka kita main air di jalanan ..

Lokasi Curug Putri Kencana
Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor
Koordinat Google Maps -6.601363, 106.937240


Minggu 1 Oktober 2017

Iklan

28 thoughts on “Must Visit curug di Sentul – Curug Putri Kencana

  1. ini curug mini..wah masnya suka banget mblusuk2 ke daerah daerah hidden paradise..
    habis sepedaan terus nyebur..seger banget rasanya
    dan bahagia kayak anak kecil yg sedang di atas pelampung itu ya kak

  2. Gegowesan nyambangi deretan curug dan leuwi. Panoramanya ciamik alami ya Kang. Walah bonus berhujan ria. Hatur nuhun menikmati suguhan curug mini berseri di postingan ini.

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb…..

    Banyak sekali air terjun dan lubuk di Sentul Bogor. Tentu menyenangkan apabila membawa keluarga untuk berkelah di sana pada hujung minggu. Kalau Leuwi di tempat saya namanya adalah telaga air. Menarik sekali dengan kejernihan airnya. Kalau kedalaman Curug Puteri Kencana sampai 7 meter, itu bagus untuk sukan terjun ya. Tidak perlu ke kolam renang cukup cari curug yang dalam.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Walaikumsalam puan Fatimah,
      daerah Sentul Bogor memang daerah sejuta curug .. haha .. soalnya banyak banget curug disini.
      Salah satu curug yang rekomendasi ya curug putri kencana ini .. datang ke satu tempat dapat bermain di air terjun maupun di telaga air … 🙂

      salam sehat bahagia dari Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s