Bermain di Kampung Air Warna Warni Katulampa

Lagi ngetrend kampung warna warni
Bermunculan kampung berwarna warni di beberapa tempat di Indonesia.
Copy paste untuk sesuatu yang baik adalah bagus .. bahkan hebat, banyak tempat2 lain yang tidak tergugah, tidak terinspirasi, tidak move on … padahal memiliki potensi untuk maju.

Satu daerah hebat lagi adalah daerah di Bogor tepatnya di daerah bendungan Katulampa. Warganya secara swadaya merubah dan menata pemukiman padat menjadi cantik dan menarik untuk di kujungi. Keunikan Katulampa dari kampung warna warni lain adalah memiliki sungai bersih yang dimanfaatkan untuk bermain air, sehingga dinamakan Kampung Air Warna Warni Katulampa.

Setelah kondisi Katulampa berubah jadi warna warni …. saya pengen main kesana lagi, pernah 2 kali kesini tapi sudah lama sudah pasti waktu itu kondisinya masih standard belum di “upgrade” seperti sekarang. Orang lebih mengenal Katulampa ketika musim penghujan .. ketika Jakarta mulai banjir pasti banyak liputan dari Katulampa yang mengabari ketinggian air tapi sekarang kondisinya berubah .. tidak dikenal hanya karena musim penghujan saja bahkan musim kemaraupun menjadi bahan pembicaraan.

jalan pintas dari perumahan sentul

Di hari minggu saya berangkat ke Katulampa, melewati Pondok Gede, Cibubur, Cileungsi, masuk daerah elit Sentul dan melipir ke gang gang kampung masuk kebun2 penduduk dan nongol kembali di jalanan kampung yang mengarah ke jalan di sisi tol Jagorawi.

lewat kolong tol Jagorawi

Tidak lama kemudian sampailah di sisi sungai yang menuju Bendungan Katulampa. Nuansa warna warni sudah terasa sejak awal area bendungan, dinding dan pagar yang di cat meriah sudah menemani perjalanan masuk.

Akses ke bendungan Katulampa dari arah Jagorawi

Berhubung masih musim kemarau .. air sungainya surut dan dipergunakan warga untuk lomba Agustusan di sungainya.

Saya berhenti di warung yang biasa di jadikan mangkal anak sepeda, disana sudah rame anak sepeda yang kongkow2. Rencana rehat sekalian ngisi perut tapi ternyata makanan sudah habis bahkan sampai gorengan2-nya… yaaaa .. penonton kuciwa, ini baru jam 9-an koq wis ente .. “Iya om .. tadi ada banyak yang datang jadi makanannya habis …” ya sudah saya hanya minum doang, nanti makannya waktu pulang aja tadi kayaknya melewati tempat makan yang enak dan bersih layak untuk di coba.

kalau ketinggian air di warna merah artinya siaga 1 dan jakarta banjir dimana mana

Selepas minum dan sedikit chit chat dengan goweser yang ada disana, saya mulai kluyuran di Katulampa ini. Wah memang sekarang suasananya rame, di sungai setelah bendungan Katulampa banyak sekali anak kecil bahkan orang dewasa yang bermain air, menaiki ban dalam mobil. Ban dalam bisa sewa atau bawa sendiri, kalau sewa dikenakan tariff 10 ribu. Permainan ini disebut wahana ngalun.

Kabarnya warna warni ini adalah inisiatif remaja daerah sini yang dimulai tahun 2016 dan dengan dana swadaya mengecatnya dengan warna yang berbeda beda dengan corak maupun gambar dan mulai terkenal pada tahun 2017. Sejak kampung ini berubah ada banyak dampak positif bagi warga kampung, selain menambah putaran perekonomian warga, merekapun menjadi sadar untuk merawat sungai dan tidak membuang sampah ke kali. Wah positif banget ya .. perekonomian membaik dan attitude membaik juga

Sayapun masuk kedalam gang gang kecil pemukiman padat ini, menyusuri pemukiman padat dan memang hampir semuanya sudah berwarna warni, Tapi bisa dikatakan hanya satu dua wisatawan yang mencoba untuk menjelajah kedalam pemukiman tidak banyak yang tertarik atau mungkin kurang informasi.

masuk ke gang gang pemukiman penduduk

Dari berbagai warna warni dan corak2 yang di dinding tapi belum ada mural yang di buat interaktif untuk swa foto kekinian seperti mural sayap malaikat atau jenis mural trick 3D yang lucu atau konyol … jika ada pasti bakalan lebih seru dan banyak wisatawan yang mau masuk kedalam2 gang pemukiman penduduk, wisatawan akan “mengejar” supaya makin eksis di medsos otomatis kampung air Katulampa ini akan semakin terkenal.

Hmmm .. kalau ada kedai kopi style kampung di pinggir sungai katulampa ini pasti bakalan lebih asyik dan seru, kopinya diracik sendiri jangan kopi sachetan dong .. biji kopi asli dari daerah Bogor sekalian memanfaatkan sumber daya yang ada di Bogor ….. Ngopi di Katulampa dari biji kopi asli Bogor di pinggir sungai … pasti beda deh suasananya.

Karena saya tidak jebur jeburan …. jam 11-an saya melanjutkan perjalanan pulang dan mampir terlebih dahulu ke tempat makan yang saya lihat sebelumnya ketika perjalanan pergi, tempatnya memang nyaman dan bersih, rasa makanan sop dan basonya enak dengan harga ekonomis.
Beres makan .. perut kenyang hati senang … gowespun nyaman .. meluncur pulang dengan tenang.

Lokasi Kampung Air Warna Warni Katulampa
Jl. Babadak, Katulampa, Bogor
Koordinat Googlemaps -6.632976, 106.835630

Minggu 20 Agustus 2017

Iklan

36 thoughts on “Bermain di Kampung Air Warna Warni Katulampa

  1. Mungkin nanti hampir setiap daerah punya kampung warna warni tapi beda nama dan pastinya beda ciri khas, cm garis besarnya sama 😃 soalnya lagi banyak yg galakin kmpung warna warni gtu

  2. gowesnya jauh banget…, berapa kilo nih sejak dari rumah?
    belum terbayang deh jalannya ke arah Katulampa ini, jadi penasaran ..,
    desa makin cantik berhias warna warni …seneng ada semangat buat maju

  3. Sepertinya memang kurang informasi deh mz. Aku juga baru denger. Yang terkenal kampung warna-warni gini kan di Jodipan, Malang sama Code, Jogja. Cmiiw. Tapi kalinya kok beningan yang ini ya. Apa karena masih di area Bogor, jadi belum begitu tercemar hehehe 🙂

  4. melihat kampung berbenah yang berkunjung pun jadi semangat kesana, apalagi warna warni dan tertata bersih gini. ide yang bagus tuch mas dipinggir kali ada kedai atau warung kopi pasti tambah semangat dech main kesini.

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb….

    Cantik, indah dan berseri. Melihat warna warninya kampung tersebut amat mengasyikkan. Tanda sepakat warga penduduknya yang harmani. Di Malaysia, belum terkenal kampung berwarna warni seperti ini. Tetapi di tempat saya, Bandar Sarikei bangunan pekannya berwarna warni. Jika ada kesempatan saya akan berkongsi tentangnya.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.

    • waalaikumsalam wr wb puan Fatimah,

      Wah ternyata di Malaysia tidak trend kampung warna warni, tapi di Bandar Sarikei malah ada bangunan warna warni.. berbeda tapi keren.. jadi penasaran tunggu postingan puan.

      salam sehat bahagia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s