Secuil Hutan di kegersangan – Hutan Jeng Jeng Deltamas Cikarang

Jika melewati tol Cikampek di siang hari bolong pasti terasa banget panas menyengat … begitu gersangnya area ini.
Tapi dikegersangan tol Cikampek ada satu tempat yang teduh, satu area dengan pohon yang cukup lebat seperti hutan kecil, tepat di pinggir tol di sisi kota Deltamas.

Dari dulu bolak balik tol Cikampek area ini bikin penasaran. Pernah sekali, sepedaan kesini itupun sudah lama, saat di Deltamas ini area perumahannya masih sedikit selebihnya area kosong yang berbukit2 seperti padang savana seperti bukit teletubies.

Dihari minggu ini saya mau kesana lagi, ingin nengokin bagaimana kondisinya sekarang..
Start jam 7 lebih… lumayan telat, bakalan makin panas diperjalanan..

Perjalanan hanya menyusuri Kalimalang.. terus aja .. melewati Metmall Bekasi.. lurus aja pokoke susuri aja jalanan di sisi sungai Kalimalang, jalanan tidak begitu ramai, tapi malah agak sedikit khawatir karena motornya kenceng2.

Disatu titik belok kanan menyebrangi sungai Kalimalang lalu menyebrangi tol Cikampek dan langsung masuk area pinggiran kota Deltamas, terus masuk kedalam dan berada dijalanan utama dua jalur yang lebar dan beraspal hotmix mulus.

jalanan lama sudah ditumbuhi pohon pohon

jalanan baru hotmix mulus tapi gersang

Sepi.. tidak ketemu yang olah raga atau sesepedaan.. ya iyalah sudah jam 9-an sudah makin panas.. orang2 sudah pada balik.

Saya ambil arah ke kampus ITSB, kluyuran di daerah sana.. naik bukit tersisa, masuk ke hamparan tanah merah kosong, bermain di area padang rumput… woww.. tempat ini photogenic, tapi puanasnya mak … wowww yes yes yessss.

banyak area2 yang sudah diratakan dan kosong

menaiki salah satu bukit yang tersisa

Perubahan dari terakhir kesini sangat significant, bukit bukit padang rumput sekarang sudah banyak yang tanah rata siap untuk dibangun. Bener2 lebih terasa banget gersangnya.

Saatnya berpanas panas ria disini.. ehh ternyata ada juga kolompok yang berpanas panasan, mereka lagi trail run .. tidak tahu orang Jepang atau Korea. Mereka pada bersemangat .. energi semangatnya menular pada saya.

ada area padang rumput yang sangat luas

Saya lanjutkan perjalanan menuju target utama, hutan di pinggir tol, atau biasa di sebut hutan Jeng Jeng … jeng jeng bukan kaget ya, tapi pohon jeng jeng atau sengon.
Hutan ini sudah lama ada, dari sejak area Deltamas ini masih banyak berbukit bukit seperti bukit teletubies sampai sekarang hampir habis bukit2-nya. Kota Deltamas ini saling berdampingan dengan kota baru yang sedang dibuat kota Meikarta. Sama sama mengklaim sebagai kota mandiri. Di kedua kota ini akan di bangun perumahan, perkantoran, sekolah2 termasuk yang besar adalah area kawasan industry. Makanya tidak aneh sekarang banyak sekali area perbukitan yang diratakan. Bahkan bukit yang ada tulisan Kota Deltamas yang mengingatkan pada tulisan Hollywood dibukit. Sekarang sudah tidak ada, sebagian bukitnya sudah rata.

memasuki area hutan Jeng Jeng

Sampai di hutan Jeng Jeng ..
Sebagian hutan jeng jeng ini sudah ada bagian yang ditebang di jadikan area jalan besar … wah tidak tahu kedepannya apakah hutan ini masih ada atau hanya tinggal kenangan saja. Sayang sekali kalau sampai di babat semuanya .. lebih baik diselamatkan dan dikemas menjadi daya tarik kota ini .. sekalian menjadi taman hutan yang bisa di percantik.

terdapat area hutan Jeng Jeng yang digenangi air

Ada satu sisi area hutan Jeng jeng yang tergenang oleh air, secara visual terlihat unik dan menarik, seperti di rawa rawa. Kayaknya hutan yang terendam ini baru terjadi beberapa tahun belakangan ini .. bahkan baru beberapa tahun ini pula tol Cikampek yang tidak pernah kebanjiran akhirnya banjir, ya di area tol di sisi Kota Deltamas ini. Mungkin penyebabnya karena berkurangnya resapan air akibat berubahnya lahan menjadi perumahan dan kawasan industry.

Terlepas dari itu semua … saat ini saya menikmati waktu saya .. me time. Suasananya sepi, meskipun ini berada disisi tol Cikampek, terlihat mobil lalu lalang, tapi suaranya teredam oleh pepohonan dan daun daun ini.
Asyikk tidak rame .. cocok untuk berleha leha disini sampil nyemil nyemil dan … enaknya sekalian piknik aja disini .. sayang tidak bawa logistik dan perlengkapan lenongnya. Meskipun area Deltamas ini panas menyengat tapi didalam hutan Jeng Jeng ini teduh dan adem … bener2 suasana yang kontras.

Saya gowes kluyuran di area hutan jeng jeng ini mengikuti jalanan single track .. seru dan asyik serasa bersepeda off road cross country. Puas bermain main … saatnya pulang jangan terlalu siang soalnya jalanan bakalan tambah panas. Jam 10.40 saya beranjak pulang sama rutenya seperti saya pergi .. yah memang terasa lebih angett .. lebih panas .. akhirnya tiba di rumah jam 12-an.

Lokasi Hutan Jeng Jeng Deltamas
Kota Deltamas, Cikarang Bekasi.
Koordinat googlemaps -6.342102, 107.193886


Minggu 6 Agustus 2017

Iklan

28 thoughts on “Secuil Hutan di kegersangan – Hutan Jeng Jeng Deltamas Cikarang

  1. Menikmati foto dan narasi di areal gesang ikut merasaan gerahnya suhu lapangan, apalagi yang ngegowes ya. Beranjak ke bagian hutan Jengjeng merasakan hembusan kesejukan. Fotonya cakep-cakep banget Kang, apalagi yang pohon roboh ditopang kawanan pohon tegak.
    Hatur nuhun ya telah berbagi gowes ria berpanas menyajikan hutan di deltamas yang selama ini hanya terlihat saat lewat tol Cikampek.
    alam

    • didaerah sini tipikalnya gersang tandus tapi lanscape-nya kece dan amazing-nya masih tersisa hutan kecil.
      seru mba prih rehat dihutan ini… adem dan unik hutannya … asyikk untuk ngopi2 dan piknik 🙂

    • Salam kenal mas Setiapurba,
      sepeda buat traveling sebetulnya bisa pakai sepeda apa saja tidak perlu mahal2. 3 sepeda merek lokal sudah oke banget .. kalau dipakainya kombinasi jalan jelek dan aspal lebih baik pakai type sepeda hybrid . bisa Polygon heist, Thrill Volare (wim cycle), United Felipe atau united rockford juga oke. Lebih baik pinjem2 dulu aja berbagai jenis sepeda dengan berbagai ukuran ban, mana yang cocok dengan riding style dan tipikal jalan yang biasa dilalui.

      • Saya kurang lengkap pertanyaannya. Misalnya saya mau coba jalan jauh ke luar pulau jawa (mis: bali). Otomatis harus bawa barang2 juga, dengan kontur jalan kebanyakan pasti aspal, hanya beberapa yang tanah dan bebatuan. Sepeda yg recommended apa ya bang? Makasih

      • sepeda apa saja bisa. yg lebih extrem turing ke luar negri lama dg sepeda seadanya ada juga meskipun dg sgala kekurangannya tapi sampai kemana mana.

        Kalau versi saya dg bujet minim utk tipikal jalan tsb, maka saya pakai pilih sepeda hybrid ban 700 atau 27.5 dg ban tipe semi slick. sepeda hybrid merek dan tipenya sesuai yg saya sebutkan di comment sebelumnya.

        Sepedanya dipasang rack trutama blakang utk bawa barang. Kalau bisa set bawa barangnya minimalis tdk perlu pakai rak, cukup seperti style yg di foto speda cyclocross di atas umumnya ditambah lagi framebag, akan lebih ringan dan lebih hemat drpd mesti juga beli rak.
        grup set sesuaikan dg bujet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s