Settingan Sepeda untuk “piknik”

Kali ini tulisan tentang sepeda bukan sesepedahannya.
Tidak membahas terlalu dalam hanya menceritakan pengalaman pribadi mensetup sepeda untuk pergi jalan jalan. Tulisan ini semoga bisa membantu teman teman yang mampir ke blog ini dan bertanya tanya tentang sepeda yang cocok dipakai “piknik”.

Jenis sepeda itu banyak sekali tergantung kebutuhan, dari mulai sepeda anak anak sampai dewasa dari sepeda jalan aspal mulus sampai jalan hancur, sepeda untuk jalan2 sekitaran komplek sampai sepeda untuk digowes melanglang dunia.
Jenis sepeda MTB ada banyak ; Cross country (XC), all mountain (AM), downhill, touring, fat bike dll
Sepeda balap juga banyak jenisnya ; road bike, triathlon bike, gravel road bike, cyclocross, adventure bike, touring dll.
Belum lagi jenis sepeda dari kategori2 lainnya seperti .. hmm misalnya sepeda roda satu …
Pokoknya jenis jenis sepeda terus bertambah sesuai kebutuhan orang untuk bersepeda kemana dan bagaimana.

Supaya nyaman dan enak di gowesnya, sepeda yang kita pakai sebaiknya di set up sesuai dengan kebutuhan kita.
Saya yang umumnya gowes sepeda dari rumah untuk menuju ke tempat tempat tujuan mensetup sepeda yang digowes nyaman dan bisa relative cepat di jalan beraspal dan masih ok untuk melalui jalanan jelek hancur (offroad) maupun jalanan setapak. Kalaupun harus melewati jalan jelek banget misal turunan berbatu batu besar atau extreme single track .. ya sudah saya tuntun saja .. tidak ribet toh. Selain itu, sepeda juga harus bisa membawa logistic untuk short trip atau one day trip.

Otomatis settingan sepedanya harus “berkompromi” berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Sudah pasti jenis / settingan sepedanya tidak akan maksimal di semua area / tipikal jalanan.

dilipat, memudahkan untuk dibawa masuk kendaraan

Untuk kebutuhan tersebut, salah satu yang sering saya pakai adalah sepeda Dahon Matrix, sepeda jenis MTB yang bisa untuk off road ringan (light XC). Saya menyenangi sepeda ini, unik aja .. karena sepeda MTB bisa dilipat. Jadi memudahkan jika harus membawa sepeda masuk kedalam mobil – kalau cape dijalan tinggal kontak taxi online .. angkut deh .. hehe. Dan juga tiang seatpost-nya sekaligus menjadi pompa – bawaan standar sepeda, praktis dan sangat memudahkan ketika terjadi trouble ban di perjalanan. Sepeda ini sudah banyak parts yang diganti, yang tersisa dari bawaannya : frame, seatpost, sadel dan handgrip. Yang lainnya diganti disesuaikan dengan kebutuhan saya bersepeda.

pompa yang menyatu di dalam seatpost

Supaya gowes cepat dijalanan aspal – karena perjalanan saya 70% sd 100% melalui jalanan aspal, maka setup sepeda :

Ban sepeda
Menggunakan jenis ban dengan kembang untuk jalan aspal supaya lebih menggelinding lancar. Otomatis ketika dijalanan jelek atau offroad mesti sedikit berhati hati. Apalagi kalau melewati jalanan tanah basah .. wiww licin .. dituntun aja. Tapi jenis ban ini masih bisa diandalkan, melalui jalanan jelek berbatu batu masih ok, belum pernah saya mengalami bocor ban dijalanan jelek berbatu. Paling pecah ban di jalan aspal kena paku.

Sepeda Rigid – tidak pakai suspensi
Tidak menggunakan suspensi baik didepan maupun belakang. Keunggulan sepeda rigid ketika digowes tidak berayun sehingga tenaga tersalurkan maksimal untuk memutar roda. Minusnya “agak tersiksa” ketika melalui jalanan jelek.. apalagi kalau melalui turunan panjang yang berbatu batu.. lebih “tersiksa” .. bahkan bisa sama capenya dengan menanjak, karena mesti terus menggunakan tenaga untuk mengontrol sepeda.

Slide9

menggunakan fork rigid

Gearing dan Cassette
Gearing dan Cassette tetap mengunakan setup classic crank depan 3 speed karena membutuhkan crank depan yang besar supaya bisa gowes cepat dijalan raya dan crank depan kecil ketika menanjak, apalagi menanjak dengan membawa beban dan sudah melalui perjalanan yang cukup jauh dimana stamina sudah menurun.

Rak Depan dan Belakang
Untuk membawa beban logistik maka saya pasang rak depan dan rak belakang sehingga bisa untuk membawa tas.
Jika melakukan perjalanan jauh, lebih baik beban ditanggung oleh sepeda. Jika dibawa pakai ransel akan membuat badan cepat lelah.

Untuk kenyamanan gowes jarak jauh, ergonomi sepeda sangat penting, termasuk pengaturan ketinggian sadel, ketinggian dan jarak stang dll. Jika pengaturannya pas dengan sizing badan maka akan membuat nyaman gowes dalam waktu relatif lama.

Selain itu ada beberapa hal kecil tapi sangat penting untuk kenyamanan gowes dengan jarak yang relatif jauh :

Sadel
Sadel yang berkualitas baik dan cocok dengan ergonomi dan style bersepeda di sepeda ini – comfort riding, dimana posisi badan tidak terlalu menunduk seperti sepeda balap. maka membuat nyaman gowes jauh. Dari beberapa sadel yang pernah saya pakai, ada beberapa yang nyaman, salah satunya yang terpasang di Dahon Matrix ini. Sadel merek biologic, ternyata cocok untuk saya dan buat nyaman gowes dan tidak membuat bokong panas dan sakit. Tapi sadel ini belum tentu cocok bagi Anda,  karena tergantung juga sizing bokong Anda.  Terutama untuk wanita lebih baik menggunakan sadel yang didesain khusus untuk wanita.  

Tanduk Stang – bar end
Tanduk stang sangat penting untuk merubah/berganti ganti posisi tangan sehingga mengurangi pegal dan kesemutan dalam perjalanan panjang. Selain itu dengan tanduk stang membuat lebih nyaman ketika gowes menanjak.

Handgrip
Jenis handgrip juga sangat penting agar telapak tangan tidak cepat pegal dan lelah. Salah satu handgrip recommended adalah merek biologic ini. Jendolan/lengkungan dan kualitas kekenyalan karetnya sangat nyaman ditelapak tangan sehingga telapak tangan tidak mudah lelah dan kesemutan jika gowes jauh.

Slide3

handgrip sudah berumur tapi masih nyaman dipakai

In the end … menurut saya sih tidak ada sepeda terbaik, sepeda terbaik adalah yang cocok dengan kebutuhan Anda bersepeda dan cocok dengan kantong .. hehe.

Yuk atuh .. kita sesepedahan … minimal keliling keliling komplek dulu atau area perumahan kita. Dengan gowes santai dan pelan kita akan terkaget kaget menemukan toko atau tempat2 yang selama ini terlewatkan oleh mata kita karena berjalan terlalu cepat.

Jika sudah terbiasa mungkin akan gowes lebih jauh dan jauh, itu juga kalau suka, karenakan tiap orang berbeda kesukaan dan kebutuhan dalam bersepeda. Minimal dengan bersepeda kita akan lebih sehat dan membuat jantung kita lebih kuat.

 

Juni 2017

Iklan

32 thoughts on “Settingan Sepeda untuk “piknik”

  1. Agan punya berapa sepeda gan buat bersenang-senang? Di rumah cuma ada satu sepeda federal tua. Biasa dipakai ibu. Saya sendiri sebenarnya pingin beli sepeda buat keliling2 kota klo minggu, cuma belum kesampaian. Takut udahbeli eh nanti malah malas ha ha ha…..

    • sepedanya hanya sedikit gan shiq4, ini ini aja.
      Sepeda Federal sudah oke banget, banyak yang suka sepeda Federal bahkan memburunya.
      Tidak perlu beli baru, pakai aja Federal ini untuk keliling2 kota … biarkan proses berjalan .. suka atau tidak bersepedaan 🙂

  2. Ini nih om, info yang udh lama dicari. Soalnya mau beli sepeda tapi ragu krn belum punya pengetahuan soal sepeda. Sepeda terakhir jenisnya biasa aja. Dahon yg ini yg pingin kubeli rekomendasi teman juga.. cukup detail penjelasannya thanks for sharing 👌👍

  3. Wuih Dahon Matrix cuuy! XD

    Sepengamatanku cranck-nya Deore Hollowtech & RD-nya XT, wkwkwkw. Lha, bukannya bawaan yg asli udah bagus, pakai SRAM toh Kang?

    Meskipun bisa dilipet, menurutku masih kurang ringkas selama bannya masih nempel. Mungkin besok ada penemuan fork yg bisa ditekuk? Kerasa banget e klo masuk bagasi mobil sudah sesak.

  4. Dahon Matrix ini hahahhaha.
    Liat grupseatnya ngeri-ngeri sedap kang 😀
    Kalau untuk jalan mulus, ukuran ban kecil makin lancar heheheheh.
    Saya juga beberapa part kuganti untuk mendukung biar lebih nyaman aja 😀

  5. Banyak istilah yang gak aku pahami. Bahkan dulu, saat beli sepeda, aku baru tahu sekian bulan bahwa kursinya dapat diatur sesuai tinggi badan pemakai. Pantas aja sebelumnya ngap banget ngegowes karena settingannya gak sesuai antara tempat duduk dan kaki hahahaha

  6. Wah ilmu settingan sepeda dari pegowes sejati, hanupis Kang. Pengaturan sepeda untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan ngegowes yaak. Seri berikutnya menata perlengkapan bawaan piknik ngegowes agar ringkes dan terorganisir nih Kang. Salam piknik

  7. Buat berangkat kerja sehari2 aku pake MTB mas, soalnya jalannya juga ga selalu mulus. Jadi ga salah pilih.
    Belum nyoba sepedaan jauh, pengennya sih muterin kota aja sambil piknik murah meriah 😀

  8. sepedanya dilipat.. cukup membuatku terpukau pas liat fotonya. maklum aku mmg gak familiar sama sepeda mas, tapi setahuku fitur2 dari sepeda juga sekarang canggih dari rem dan pedalnya.

    sepeda kayak kamu itu kisaran 3jutaan bukan sih?

    • sepeda berkembang terus spec dan jenisnya terutama utk kalangan pro, hobi atau enthusias, samalah seperti camera.

      yg ini sih harganya lumayan, lebih dari itu koh.
      sama seperti beli body camera dan menambah part2 dan aksesorisnya utk spec medium.

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Bersapedahan…

    Beningkan hati dengan zikir
    cerahkan jiwa dengan cinta
    lalui hari dengan senyum
    tetapkan langkah dengan syukur
    sucikan hati dengan permohonan maaf

    kami sekeluarga mengucapkan selamat idul fitri…
    mohon maaf lahir dan batin.
    semoga kita mendapat berkah dan rahmat Allah selamanya, amin….

    Selamat Hari Raya Aidilfitri,
    Maaf Zahir dan Batin.

    Salam Syawal dari Sarikei, Sarawak.

    • walaikumsalam wr wb

      aamiin… terimakasih doanya

      selamat merayakan hari Raya Idul Fitri,
      mohon maaf lahir bathin.

      semoga kita selalu diberiikan keberkahan dan hidayah dari Allah swt… aamiin

      salam buat puan Fatimah sekeluarga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s