Plesiran ke Goa Terpanjang — Goa Ciwadon Jonggol

Di gunung biasanya ada gua
Di hati kamu ada apa ..

ehh … sudah fokus … mending kita bahas gua dan elo ..
ehh … goa aja deh

Di area pebukitan Jonggol ada beberapa goa yang terdengar, pengen jalan jalan kesana … plesiran .. permasalahannya tidak jelas lokasinya tepatnya ada dimana.
Jadi kita harus nyari nyari sendiri gitu … ihhh .. Kan masih banyak yang harus dicari dikehidupan ini .. jadi nyari2 yang pasti aja deh.

Kebetulan dapat koordinat goa Ciwadon dari blogger yang suka sesepedahan juga kayuhanpedal.com dan lokasinya relatif tidak jauhlah jadi siang bisa sudah sampai dirumah kembali.
Oke sip .. berangkat sudah … jam setengah tujuh kurang cuss meluncur dan jam 7.26 sudah sampai di gerbang Metland Cileungsi. Lesehan ditrotoar dan 7.29 om Adi jatiasih muncul ..

yeayyy on schedule …. Sesuai janjian jam 7.30 .. tapi memang kalau janjian sama om Adi ini selalu ontime .. hebat deh ..
Ngobrol2 dulu ngalor ngidul .. waktu mau berangkat .. ada grup peseda mendekat dan meminta tolong … apa minjem uang … ehh salah denger … pinjem tools.

Om Adi sibuk bantuin ngutak ngatik .. saya .. saya sih duduk lesehan lagi, lumayan lama juga .. ngga tahu berapa menit … tapi bisa buat ngopi ngopi dulu kalau mau ..

Akhirnya berangkat gowes melewati Mekarsari dan terus mengarah ke Jonggol, lalu kita masuk perumahan Citra Indah Jonggol .. jalanan utamanya lebar dengan gerbang segede gaban ..

masuk ke komplek perumahan Citra indah Jonggol

Terus saja masuk kedalam melewati beberapa cluster dan disatu titik harus belok kiri … ternyata jalan desa yang membelah perumahan ini sudah dibuat fly over .. welehhh. Terpaksa kita harus mengotong sepeda ke atas … yang paling risky ketika harus menggotong melewati pager jembatan .. hanya ada pijakan kecil … ngangkat sepeda besi chromoly ini berat euy … hampir saja saya terpelanting jatuh .. untung ada om adi yang bantuin … bikin ngos-ngosan dan sport jantung aja.

keluar komplek harus naik ke atas jembatan

Menenangkan diri sejenak di atas jembatan .. lalu lanjut gowes lagi.
Suasana langsung berbeda … desa banget .. kanan kiri kebun penduduk .. dan yang hebat .. jalanannya aspal hotmix mulus .. horeee .. tapi … jalanan di dominasi tanjakan. Ngga apalah … namanya juga ke gunung .. yang penting jalannya sepi .. jadi asyik asyikk aja. Menurut saya sih bisa jadi alternatif gowes nanjak2 selain main ke area Sentul. Disini kelebihannya jalanannya masih sepi .. kalau di Sentul sudah ramai mobil motor lalu lalang.

jalanan desa yang menanjak mulus dan sepi selepas komplek Citra Indah menuju goa Ciwadon

Terus gowes nanjak melewati Kebun sawit percobaan IPB dan perusahaan swasta .. menanjak dan sampai dipertigaan warung pinky .. ehh warungnya sekarang kayaknya sudah tutup. Disini belok kanan dan jalanannya berubah menjadi batu makadam … jalanan batu makadam menanjak halus dan menurun curam.. lalu menanjak lagi dan tibalah di titik tujuan. Kurang lebih 1,3 km dari pertigaan warung pinky untuk sampai kesini.

jalanan berubah menjadi batu makadam mendekat goa Ciwadon

Ada sekelompok pramuka yang sedang camping dan melakukan pelatihan … kata om Adi goa ini dikenal juga goa pramuka .. karena sering dipakai kegiatan pramuka. Ya om Adi memang master blusukan di daerah sini .. hampir hapal setiap jengkal tanah disini .. haha

pintu masuk ke Goa Ciwadon

Dilihat dari spanduk terlihat ada rencana untuk menjadikan area desa Cibodas sebagai desa Wisata Terpadu dan menamakan sebagai Kampung Sunda Siliwangi Cibodas. Ya .. mudah2-an bisa terwujud menjadi desa wisata terpadu, infrastrukturnya dibenahi termasuk jalanan untuk menuju kesini .. dan program2 wisatanya juga terwujud – seni, budaya, kuliner, dll – dengan baik sehingga banyak menarik wisatawan untuk datang dan datang lagi dan lagi. Mudah2-an tidak seperti kampung wisata lainnya … yang hanya berupa spanduk doang … tidak ada yang spesial dan tidak ada bedanya dengan kampung2 lainnya. Desa Cibodas ini memiliki potensi tinggi untuk menjadi tempat wisata … alamnya indah memiliki lembah yang keren yang dapat dimanfaatkan, pesawahan berundak, udara yang cukup adem, pasti memiliki spot menarik lainnya yang belum terkenal, apalagi jaraknya tidak jauh dari Jakarta jadi mudah untuk dikunjungi.

di depan pintu masuk goa

Tidak ada tiket masuk, kita melenggang saja masuk dan dari parkiran untuk menuju goa Ciwadon hanya 20 meteran .. deketkan dan track untuk menuju ke mulut goa juga sangat mudah.
Pintu goa ini tepat di bawah pohon beringin yang menjulang tinggi dan goanya langsung menurun kebawah. Didalam goa ruangnya membesar … dan tercium bau kotoran kelelawar walaupun tidak menusuk hidung. Kita tidak terlalu masuk ke dalam … bukan takut ya … karena ga bawa lampu … #AlesanAja.

setelah masuk lubang, goa membesar dan ada bangunan di dalam goa

di dalam goa

apakah anda melihat wajah di sini …. ??

Kalau yang senang susur gua pasti seru kesini … karena goa ini di klaim sebagai goa terpanjang .. ya mungking terpanjang untuk di area Jonggol. Dan sesuai yang tertulis di spanduk dinamakan juga situs Lawang Saketeng Pajajaran.

Ada area perkemahan di dekat goa

sang peng-explore daerah jonggol – sentul 😀

Setelah menjelajahi … apaa menjelajahi .. ya .. menjelajahi sekitar mulut goa doang … kita makan2 snack di mulut goa sambil rehat, ngobrol2 dan melihat aktifitas pramuka. Di dekat sini kabarnya ada curug .. namanya curug Sedong. Tapi tanya orang2 di warung, katanya memang ada tapi tidak tahu lokasinya … ya wiss pulang aja deh daripada mesti nyari nyari dulu … target sampai rumahkan siang siang.

hiyyy … ada banyak wajah … berapa wajah yang anda temukan ??

Tumpukan batu di sisi jalan gua Ciwadon terlihat unik dan menarik, saya tergugah utuk foto2 beberapa kali, dan anehnya ketika sampai dirumah dan memperhatikan foto2 …. koq ada wajah wajah tersembunyi … ada beberapa wajah …. heran … kenapa begitu ya … apakah ilusi pantulan cahaya … atau apa ya … #BatuMisteri

Pulangnya melewati sisi jalan yang lain dan melewati warung Desi yang biasa dijadikan basecamp pesepeda area ini. Melipir dulu sebentar mampir … mau makan .. tapi ternyata tidak ada makanan berat .. hanya gorengan … ehh malah jadi kelamaan .. ngobrol kemana mana dengan goweser yang ada disana. Tak terasa semakin siang .. dan akhirnya cabut dari sana sudah jam 11-an … welehhh …

Gowes meluncur kebawah … keenakan sehingga melewati belokan yang menuju Citra Indah .. tahu2 muncul di sekitar alun alun Jonggol … wah kebablasan ini sih .. semakin menjauh.
Muncul di jalan Raya Jonggol Cileungsi. Mendekat Mekarsari .. semakin lapar .. rasanya semua warung manggil manggil untuk mampir … kita putuskan makan dulu di warung langganan Warung Prasmanan Putra Majalengka .. kalau makan di warung enak selain nambah jadi mager … males gerak … ngobrol2 lagi … bikin lama lagi … yah sudah-ah … Lanjut lagi menembus Mekarsari yang padat macet … awan sudah terihat gelap dan berpisah dengan om Adi di daerah Jalan Narogong . Mendekati pasar Bantar Gebang diberi hujan gerimis dan lama2 menjadi hujan deras …berteduh sambil duduk duduk dapat tempat mengaso yang enak … berpikir … wah bakalan lama nih hujan … akhirnya diputuskan untuk menembus hujan, pakai jaket hujan dan cuss lagi … sepanjang perjalanan diiringi hujan sampai tiba dirumah jam 3 kurang …. ya .. masih bisa dikatakan siang sianglah .. hehehe …

Desa Cibodas Jonggol memiliki suasana khas pedesaan ; asri, kebun2 penduduk, sawah berundak, tidak ramai dan jaraknya dekat dari Jakarta. Ayo main kesini sekalian berpetualang di goa terpanjang goa Ciwadon.


Lokasi Goa Ciwadon
Desa Cibodas, Jonggol, Bogor
Koordinat Googlemaps -6.511998, 107.013803

Minggu 26 Maret 2017

Iklan

30 thoughts on “Plesiran ke Goa Terpanjang — Goa Ciwadon Jonggol

  1. blusuk2 belakang Citra Indah akhirnya nemu goa Ciwadon…
    banyak tempat asyik di sekitar Jonggol ini ya oom…,
    nunggu jadi desa wisata aja deh baru main ke sini

    • iya .. ada bekas dinding bangunan … tidak tahu mau dijadikan apa ..

      Gua ini menurun kebawah dan ada area yang besar, kemungkinannya sih ada aliran air di area bawahnya .. coba susur gua kesini mba Dyah … gua ini di klaim sebagai gua terpanjang …mungkin di dalamnya banyak keunikan dan keindahan alam dalam gua yang belum ter-explore

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s