ketemu buaya darat di Taman Buaya Bekasi

taman-buaya-bekasi

dasar buaya …
eitsssss…

kenapa sih buaya jadi kambing hitam … setahu saya sih buaya bukan kambing.
Ya sudahlah … tidak perlu dipusingkan .. mending jalan jalan saja lihat si buaya ini di Taman Buaya Bekasi.

Beberapa kali saya hanya lewat luarnya doang… belum tergugah untuk masuk ke Taman Buaya.

Mumpung akan plesiran kesana, sekalian saya pilih rute untuk mampir ke tempat2 lain yang menarik dan searah menuju kesana.

Jam 7 kurang saya baru berangkat, sengaja pilih rute terpendek dari kalimalang menuju jl narogong raya Bekasi. Melalui jalanan bahkan gang kecil di daerah Jatibening.

rute terpendek … kenyataannya jadi lebih lama. lewat gang2 .. gowesan ga bisa cepet2 …. dan polisi tidurnya itu lho… banyak benerrr. Mulai dari yang sopan sampai yang dibuat seperti tanggul.

akhirnya sampai jl narogong dan belok ke jalan Raya Setu Bantar Gebang. Terus aja lanjut berbelok belok menyusuri jalanan yang relatif sepi.

Situ Rawa Sadang
Sampailah di target pertama …. Situ Rawa Sadang. Bisa dibilang situ ini adalah yang terbesar dari sekian banyak situ2 yang ada diarea sini.

slide6

Akses masuk dari jalan raya Serang Cibarusah menuju sisi situ tempat warung2 ikan bakar

spot yang saya tuju adalah area sisi situ yang banyak warung bakar2 ikannya. Dari jalan Raya Serang Cibarusah masuk kedalam melalui jalanan berbatu2 kecil … di jalan masuknya tertulis jalan milik PT anu … meskipun tanahnya sudah dimiliki PT, masuk aja ga usah ragu…. terus ikutin jalanan berbatu ini sampai ketemu pemancingan dan jangan ragu untuk lanjut, meskipun kanan kiri jalan penuh ilalang. Tibalah di pinggir situ, di sepanjang pinggir situ ini ada beberapa pilihan warung. Karena jam 9 pagi jadi masih sepi, tapi ada warung yang sudah bakar2 ikan… mungkin sudah ada yang booking kali ya.

rawa-sadang

Area warung2 ikan bakar, tempat parkir cukup luas

slide5Asyik juga … rehat sejenak di sisi situ yang rindang. Kalau makan ikan bakar sambil memandang situ … pasti tambah asyikk dong.

Tak lama rehat, saya lanjut ke target utama, sekitar 10 menit dari sini sampailah di Taman Buaya.

Taman Buaya Indonesia Jaya
Jam 9an sudah sampai di lokasi, masih sepi dan sepertinya memang tempat ini tidak akan rame2 banget.

Tiket Rp 20.000 untuk dewasa … wah padahal sebelumnya saya check di internet tiketnya 30 ribu … turun nih, kenapa turun ya … menurut saya sih terbilang murahlah untuk tempat wisata di hari minggu.

slide10

area di dalam taman buaya

slide9

area bermain anak anak

Taman Buaya yang didirikan tahun 1991 memiliki ratusan buaya yang ditangkarkan. Terdiri dari buaya Sumatera, Kalimantan dan Irian. Lho koq ga ada buaya Jawa … kalau buaya darat masuk ke kategori apa ya .. Ternyata umur buaya bisa hidup sampai di atas 50 tahun bahkan hampir 100 tahun.

slide1slide2Setelah bayar tiket saya masuk ke area dalam, tempatnya sudah telihat berumur tapi teduh oleh rindang pepohonan dan bersih. Ada beberapa kolam buaya dibagi berdasarkan jenis buayanya. Woww… buayanya gede2 … jarang banget yang bergerak. Yang di air maupun yang didarat umumnya pada diam terpaku. ohh jadi yang didarat itu yang biasa disebut buaya darat itu kayaknya ya …

show

tempat pertunjukan atraksi buaya

Pertunjukan atraksi buaya hanya diadakan pada hari minggu pada jam 11 dan 14. Berhubung masih jam 9an saya hanya muter2 melihat2 berbagai buaya yang ada disini. Didalam taman ini sepi … paling hanya ada kurang dari 5 keluarga yang berwisata kesini.

slide11

ngopi dulu ah …

Akhirnya saya duduk dibawah pohon rindang, … enaknya sambil ngopi nih. Giling biji kopi dulu supaya fresh ngopinya .. hmm nikmatnya ngopi expresso ditemanin buaya buaya ini.
Saya tidak bisa tinggal lebih lama untuk nonton atraksi, saya mesti. cabut lagi.

slide7

Sasak Mare Cisaat
Jalan pulang saya mengambil jalan yang berbeda, melalui pedalaman bekasi, bener2 kampung … area pesawahan dan kebun2 penduduk. Serasa bukan di Bekasi. Jalanannya bener2 sepi.. rumah2 penduduknya jarang2 … melewati beberapa kali perkebunan bambu yang rimbun .. wah kalau malam2 lewat sini.. seru banget ya… #EmangBerani

slide12

sawah yang luas membentang

slide13

serasa bukan di Bekasi

Di satu titik harus menyebrangi suatu sungai melalui jembatan gantung yang belum lama diperbaiki oleh TNI. Jembatan gantung ini disebut Sasak Mare Cisaat dan karena keunikannya .. ya soalnya di Bekasi jarang ada jembatan gantung. Jembatan ini kadang digunakan untuk foto2 prewed. Waktu saya lewat sih sepi .. jarang yang lewat memang, jadi kalau mau foto2 bisa sepuasnya disini. Area sekitar Sasak Mare ini masih asri, sawah dan kebun2. Untung sekarang di salah satu ujung jembatan yang rimbun sudah ada warung, jadi tidak terlalu sepi banget. Dulu waktu pertama kali kesini, jalanannya masih tanah merah (sekarang sih sudah di cor beton) dan belum ada warung di ujung jembatannya, bener2 sepi selama di perjalanannya dan merasa terpencil banget … ketemu orang di daerah sini dulu malah takut .. Sekarang sih tidak sesepi dulu jadi main2lah kesini biar tambah rame daerah ini.

slide14Saya sih senang jalan2 atau sepedahan di area sini, bener2 menikmati suasana pedesaan. Bekasi memiliki dua sisi : area industri yang berisi pabrik2 dan perumahan serta area pedesaan. Jika ingin menikmati suasana pedesaan Bekasi, bermain mainlah ke area sini.

slide15

Lokasi Rawa Sadang, Jl. Kp. Kobak, Sukasari, Serang Baru, Bekasi,
koordinat googlemaps -6.381687, 107.099247

lokasi Taman Buaya Indonesia Jaya, Jl. Raya Serang – Cibarusah No.18, Sukaragam, Serang Baru, Bekasi,
koordinat googlemaps -6.393212, 107.103233

lokasi Sasak Mare Cisaat, desa Jayasampurna Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi
koordinat googlemaps -6.375641, 107.069580

Minggu 5 Maret 2017

Iklan

54 thoughts on “ketemu buaya darat di Taman Buaya Bekasi

  1. Buayanya diam karena jadi malas soalnya gak pernah berburu lagi. Apa nggak ada area buat ngasih makan buaya mas? Misalnya nglempar ayam hidup ke kandang buaya, nah itu seru tuh klo ada.

  2. Sampai zoom tuk mengagumi keelokan Rawa Sadang. Lalu terkaget bergidik menatap parade buaya yg beneran buaya. Penutupnya manis dg kesejukan Sasak Mare.
    Kagum dg pola sajian ritme postingan ini Kang, mengaduk emosi pembaca dari senyum lalu bergidik dan berakhir lega…

  3. Mas aku blom pernah klo versi bekasi, tapi di tangerang ada juga loh mas taman buaya wkwkkwkw….cuma kayaknya lebih kecil dri yang bekasi, aku takjiubnya ama buaya itu yang jenis muara mas bisa idup ampe umur 40 tahun klo ga salah denger pas diceritain ama pawangnya

    • wah di Tangerang ada juga ya mba nita … menurut info2 yang saya baca buaya rata rata umurnya bisa di atas 50 tahun bahkan bisa mendekati 100 tahun. Kalau buaya muara … badannya besar2 … bener2 gahar .. dasar buaya .. 😀

  4. Bener kata akang, tempatnya terlihat berumur. Dan, tampak dirawat seadanya. Tapi ya mudah2an buaya2nya tetap dalam perawatan yang baik, jangan sampe kaya bonbin bandung yang lokasinya dirawat seadanya, kandangnya kotor, jarang dikasih makan daaaaan berujung pada mati hewannya 😦 hiks.

    • kalau pengunjungnya hanya sedikit dan makin berkurang terus …. wah lama lama semakin berat ngongkosi beli makanannya. Kayaknya harus lebih giat promosinya supaya banyak yang tahu … Mungkin ngundang blogger2 atau selebram terkenal … jadi tempat ini ngetop lagi .. rame lagi .. ada uang lagi untuk kelanjutan dan perawatannya. Ayo neng Fasya .. maen2 kesini .. hehehe .. supaya bisa diceritain di blog-nya

    • kabarnya sih… kulitnya di jual dan juga sekaligus tempat atraksi. Tapi mungkin kurang promosi dan kreatifitas… jadi tidak bisa menarik pengunjung … sepi deh mba.
      sok atuh bantuin promosi oleh blogger2 terkenal seperti mba adel… hehehe… siapa tahu jadi banyak pengunjung lagi 🙂

  5. wijhhhhh jenbatan hgantungnya kereeeen… aaakkk saya hamoir aja sampai itu buaya mas hehe namun karena waktu gak sampai gak jadi T.T hikss… tapi makasih bgt ya mas sudah dibawakan ke hati nie gratisan alhamdulillah matur nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s