Bermain ke kebun Sawit “ditengah kota“ – Kebun Sawit Cileungsi

kebun-sawit-cileungsi

Banyak orang yang ngga ngeh .. kalau di Cileungsi ada perkebunan sawit.
Yang kebayang perkebunan sawit itu ada di luar Jawa, seandainya di pulau Jawa … adanya di daerah pelosok .. bukan di “tengah tengah pemukiman”.

Disana ya hanya ada kebun kelapa sawit aja
tidak ada yang unik atau amazing

Hanya karena kepo
saya ingin kesana
melihat tempat yang belum pernah saya lihat

Start bareng om Adi dari Grand Galaxy Bekasi terus menembus ke Narogong Raya, jalan yang paling dimalesin om Adi … jalannya terasa panjang membosankan dan banyak truk2 lewat … apalagi truk2 yang angkut sampah. Kurang asyik ya .. tapi ya sudahlah enjoy aja.

sawit2

mengarungi jalan Narogong Raya di daerah Cileungsi

Sampai di daerah jalan raya Jonggol Cileungsi .. koq jalanan relative sepi … biasanya rame … Asyiklah, melewati Taman buah Mekarsari dan terus. Sekarang sudah ada lagi perumahan baru di dekat Mekarsari, dipintu gerbangnya ada patung2 kuda emas berjejeran  .. perumahan dari developer besar nasional  … besar areanya. Padahal dulunya daerah sini adalah pesawahan dan kebon2 … sekarang sudah jadi tempat tinggal manusia.

Di daerah Cipeucang kita belok kanan mengarah ke Bojong Klapanunggal, saya belum pernah kluyuran ke daerah sini. Jalannya bisa dibilang sepi. Dan ternyata di daerah sini ada area pergudangan … ya sudah pasti luas banget areanya …. ada yang mau sewa gudang ga … mau nyimpan kisah kisah masa lalu yang pilu … bisa disini .. jadi bawa yang hepi2 aja … #NgayalMulu

Disini juga sudah ada beberapa komplek perumahan2 … bahkan yang saya lihat di google maps berupa danau bekas galian .. sekarang sudah di urug dan sedang akan dibangun perumahan …. walahhh.
Ketika berbelok mengikuti panduan gps ke jalan setapak mengarah ke dalam kebun2 penduduk … ternyata faktanya tidak bisa …. sudah dipagari … sedang dibangun perumahan bersubsidi … wehhh … tanya orang yang sedang bekerja di situ ..” jalannya sudah ditutup pak .. dan bagian belakang perumahan sedang di gali .. tidak bisa dilewati “ …. wahhh…

sawit

jalanan lebar di area perumahan bersubsidi

Perumahan bersubsidi ini … banyak juga … “sudah ditinggali sebagian pak”
“cicilannya murah 800 ribuan pak “ .. pekerja rumah berpromosi …
tuh siapa yang butuh rumah ekonomis … ayo kesini aja … lokasinya tidak jauh dari Jakarta dan udaranya masih enak dan daerahnya sedang berkembang … #IkutPromosi

Akhirnya kita berputar kembali dan masuk lewat jalan lain … dari jalanan aspal dan kemudian berubah menjadi jalanan berbatu … dan tibalah di sisi Perkebunan Sawit. Luas sekali kebun sawit ini.

slide3

mendekat ke area perkebunan kelapa sawit

slide5Luasnya ratusan hektar kabarnya sampai 300 hektar. Kalau saya perhatikan sih … seperti kurang terawat. Mungkin karena bisnis kelapa sawit dalam beberapa tahun ini menurun sehingga area ini juga jadi kurang terawat … eh bener ga sih industri sawit lagi menurun tidak secemerlang tahun 2010-an … Sayakan ga punya perkebunan sawit … jadi ga update … saya mah apa atuh.

slide4

hamparan perkebunan kelapa sawit

Perkebunan sawit disini lebih ditujukan sebagai penyedia benih sawit berkualitas dan dijual kepada perkebunan sawit di daerah Sumatera Kalimantan. Area ini kabarnya masih milik Taman Buah Mekarsari …. wow luas banget ya … Dulunya area ini adalah hutan karet dan perkebunan penduduk.

slide6

slide8

sebagian area perkebunan yang tidak lagi ditanami sawit

slide11

digunakan juga sebagai jalan pintas antar kampung

Apakah nantinya bakal menjadi komplek perumahan … bahkan kalau seluas ini sih bisa menjadi kota mandiri … tinggal waktu yang membuktikan.

slide7

Kita sih senang2 aja explore di perkebunan sawit ini .. melihat tempat tempat baru yang belum pernah dikunjungi menjadi suatu keasyikan tersendiri.
Tidak tahu berapa lama tempat ini masih menjadi perkebunan sawit, sekelilingnya sudah dikepung oleh perumahan perumahan …

slide9

tipikal perkebunan sawit yang gersang

slide10slide12slide14Kenyataannya .. sudah beberapa image yang berbeda antara di google maps dengan kondisi nyata di daerah ini … pembangun terus berjalan … bahkan mungkin sekarang semakin cepat … karena pembangunan tol Cimanggis Cibitung terus berjalan sehingga memudahkan akses untuk ke daerah Cileungsi sekitarnya … otomatis akan semakin banyak perumahan baru yang di bangun di sekitarnya dan sudah terbukti.

Jika nanti perkebunan sawit ini berubah .. Paling tidak kita sudah pernah menggilaskan roda sepeda di kebun sawit ini .. sudah menjadi saksi sejarah…. halahhh.

Lokasi
Desa Mampir, Cileungsi, Bogor
Koordinat Google maps -6.434067, 106.981346


Minggu 5 Februari 2017

Iklan

58 thoughts on “Bermain ke kebun Sawit “ditengah kota“ – Kebun Sawit Cileungsi

  1. Wah itu termasuk jalur klasik goweser cileungsi termasuk saya om. Biasanya lewat situ saat pulang gowes dari Mata air sodong. Rutenya komplit deh..dari view gunung, sawah, sampai perkebunan sawit.

  2. Ternyata buat cari pelataran luas tempat bisa melihat langit biru dan awan berarak itu tak perlu mesti terlalu jauh dari Jakarta ya, Mas. Meskipun kalau siang memang jadi panas banget, tapi kalau senja atau fajar, pasti keren. Daerah tenggara sana memang masih belum terlalu tersentuh dan banyak pengembangan. Menurut saya pemerintahnya harus hati-hati mengelola peruntukan tanah supaya tidak kebablasan. Sayang banget kalau pemandangan indah begini diganti perumahan.
    Eh malah gagal fokus. Saya suka membaca postingan di blog ini, habisnya destinasinya selalu anti-mainstream, hehe.

    • lihat langit biru di Jakarta susah bangettt .. mahal … hampir selalu langitnya warna abu karena polusi.
      Betul ya mas Gara ada tempat tidak jauh dari Jakarta tapi masih bisa menikmati indahnya langit biru.
      Mudah2-an perkembangan pembangunan di area ini memperhatikan keharmonisan dengan alam, tetap terjaga dan tetap asri.

      • Iya Mas, polusi di Jakarta sudah mengkhawatirkan sekali. Padahal saya baca di postingan blog teman, di luar negeri sana mungkin lho langit kota besarnya masih biru, hehe.

      • salah satu tindakan yg dapat mengurangi polusi adalah kebijakan mass transportation … semoga dapat cepat terlaksana dan masyarakatnya juga sadar dan peduli … #SokBijak 🙂

  3. Tidak nyangka kalau di Cileungsi ada kebun pembibitan kelapa sawit. Oleh-oleh gowes nya selalu suguhan daerah unik menarik. Semoga nuansa hijau alam sekitar Cileungsi dapat dipertahankan ya Kang.

  4. bener2 nggak tau ya ada kebun kelapa sawit di Cileungsi…
    inget jaman kecil dulu di Sumut jalanan tanah itu nggak ditutupi kerikil tapi pecahan kulit biji sawit yang warna item2 itu, banyak kebun sawit kan di sana
    kalau beruntung dapat biji sawit bulat bisa dibuat untuk main bola bekel

  5. Lumayan ya liat kebun sawit gak perlu jauh-jauh, 🙂
    Sedih ya om liat sawah dan danau jadi perumahan mulu. Lalu kalo banjir menyalahkan alam.

    Di Cikidang Sukabumi juga luaaas banget kebun sawitnya.

  6. Asik benget ngikutin tulisan-tulisan om…jadi pengen gowes napak tilas nih dari bekasi hehehe…
    #sruput kopi sambil menunggu tulisan seri berikutnya…kok gak nongolnongol ya 😅

  7. ngomongin bersepedaan, akhir2 ini di daerahku sedang marak kembali tiap hari minggu jalanan dipenuhi para pesepeda dari tua, muda hingga anak-anak. berita baiknya, sepeda mereka keren2 dan mahal dan tentunya harus disyukuri karena kesadaran untuk memakai sepeda kembali bergema seperti jaman dulu. selain mengurangi penggunaan bbm tentunya ramah lingkungan dan bebas polusi

    • kalau marak lagi bersepeda … terlepas sepedanya murah atau mahal … setuju banget dengan mas Hendi. Masyarakat jadi sadar berolah raga dan mengurangi polusi … mudah2-an hobi bersepeda dan hidup sehatnya terus berkelanjutan .. tidak hanya mode sesaat.
      teman2 saya yang dulu rame bersepedahan .. sekarang sudah tidak main sepeda … makanya saya seringnya jalan sendirian .. haha

      • Itu memang bener om, proyeknya taman mekar sari,
        Saya sebagai warga cilengsi, sebenarnya turut bangga karna mempunyai tempat taman buah terbesar didunia, tapi di balik itu saya juga turut prihatin, karna saking banyak nya perumahan di cilengsi, mungkin kalo di masukin rekor muri, cilengsi jadi juara kecamatan dengan perumahan terbanyak,, hehe..

        Jalanan udah penuh org, kalo jam berangkat/pulang kerja, udh kayak jakarta,

        Mudah2an kebun sawitnya masih ada terusss, jangan dijadikan perumahan/pabrik, amiin..
        Saya ikut liat tuh pas pengurukan/proses pembuatan lahan seluas ituu, kalo gak salah tahun 2008an-2011an dehh,

        Jadi curhat, hehe..

      • Cilengsi daerah supporting Jakarta yang terus berkembang …apalagi masih banyak lahan kosong jadi banyak dilirik developer untuk bangun terus perumahan … jadi tambah macet dan macet, terbukti sekarang jalur tans yogi disebut sebagai jalur neraka .. karena macetnya parah .. 😀

        ya om Fajar, mudah2-an keasrian daerah Cilengsi terjaga .. pembangunan perumahan tetap menjaga keharmonisan dengan alam .. jadi udaranya dan suasananya tetap nyaman sebagai tempat tinggal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s