Tempat Asyik untuk Semua Kalangan – taman Balai Kota Bandung

slide1

Terus mempercantik diri.
Memikat banyak orang.

Taman Balai Kota Bandung terus bebenah … atau istilah zaman sekarang mah di upgrade kali ya …#Sotoy
Sepengetahuan saya, taman balaikota ini sudah beberapa kali didandanin .. dirubah .. ditambah .. baguslah kalau menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Daripada lagi suntuk dan diam di rumah … apalagi kalau tambah suntuk karena ga punya duit …welehh … ya sudah main kesini aja atuh .. bikin happy … bikin fresh .. serasa di recharge bersemangat lagi .. siap menghadapi segala tantangan yang ada di muka bumi ini … tapi yang mudah mudah aja dulu ya … kan yang mudah dikerjain duluan … #UjianKali

Beberapa kali saya berkunjung kesini …dari mulai zaman dulu yang pada saat itu area di depan kantor walikota hanya berupa tanah merah kosong yang biasa dipergunakan anak anak main bola, beberapa pohon besarnya saat itu sudah ada. Kemudian berubah dan terus diperbaiki beberapa kali. Dan sejak kepemimpinan walikota Pak Ridwan Kamil perubahannya terjadi secara significant.

Untuk yang tidak tahu keberapa kalinya saya datang lagi kesini seperti mengunjungi sahabat lama, senang bisa bertandang lagi. Kabarnya sudah ada perbaikan dan ada taman2 baru. Kepo juga bagaimana sih …

Saya datang lagi kesini … kalau hari Sabtu disini tidak seramai hari Minggu jadi lebih enak untuk dinikmati. Bersapedahanlah saya kesini .. di Bandung pagi2 enak sekali untuk bersepeda dan tidak butuh lama untuk sampai ke taman Balai Kota.

Pada jaman Belanda .. area di balai kota adalah gudang Kopi yang dibangun tahun 1819, milik Andreas De Wilde tuan tanah yang menguasai sebagian besar di kota Bandung sekaligus pengusaha perkebunan kopi. Ehhh … seharusnya di balai kota di tambahkan café kopi ya .. historical dan mumpung sekarang lagi ngetop perkopian. Tapi kemudian oleh pemerintah kolonial Belanda kepemilikan tanahnya di ambil alih sehingga membuat Andreas DW terusir dan kembali ke tanah asalnya di Belanda.

Pada tahun 1927 dibangun Gemeente Huis (Balai Kota) di sisi jl Aceh. Dan di tahun 1935 dibangun gedung yang sekarang dikenal sebagai Kantor Walikota oleh arsitek E.H. de Roo.

Sejak 1885 telah dibangun taman yang posisinya saat ini berdekatan dengan gedung BI atau Taman Vanda yaitu taman Pieter Sitjhoffpark, taman ini didedikasikan untuk jasa Pieter Sitjhoff, Asisten Residen Priangan Kota Bandung saat itu. Pada saat itu sudah dibangun gazebo untuk pentas orkes. Gazebo (disebut juga babancong) ini sampai saat ini masih ada … betul2 bangunan yang sudah sangat lama … mengarungi beberapa zaman dan berbagai generasi.
Kemudian taman ini berubah nama menjadi Kebon Raja karena berdekatan dengan sekolah anak2 para menak atau bangsawan sunda. Kemudian di tahun 1950-an berubah namanya menjadi Taman Merdeka. Lalu di tahun 1996 namanya berubah menjadi Taman Dewi Sartika.

Saat ini setiap sudut area Balai Kota sudah dipercantik .. nyaman deh untuk nongkrong2 … atau jalan kaki muterin sisi luar Balai Kota. Di sisi jalan Merdeka yang ada aliran sungai Cikapayang menjadi sangat menarik. Di bagian taman Dewi Sartika aliran sungainya dibuat dangkal dan bisa dijadian tempat anak2 untuk ber-main2 air.

slide4

Area di sisi jalan Merdeka yang dialiri sungai Cikapayang

slide5

slide3

Usia pohon ini sudah berapa tahun ya .. ratusan .. mungkin sudah ada sejak zaman Belanda

Area Taman Dewi Sartika sudah banyak yang berubah diperindah, Monumen Dewi Sartika dipercantik terlihat lebih wah ..

slide6slide7Di area ini juga ada gembok cinta untuk menggembok cinta-mu biar ngga kemana mana atau tidak di curi oleh sang pencuri cinta … hayoo siapa yang suka mencuri cinta disini … nanti ditangkep polisi lho ..

slide8

memandang gembok cinta, memikirkan siapa yang harus di gembok

Fasilitas penunjang juga disediakan untuk mempernyaman kalau jalan2 kesini … toilet public, free wifi, alat2 untuk nge-gym, mushola.

Sedangkan di area taman Balai Kota yang dekat dengan gedung balai Kota sekarang ada taman baru … taman Labirin. Tamannya unik, adem karena dinaungi pohon trambesi yang kabarnya berusia di atas 100 tahun dan ….. instagenic bangettt deh … kalau punya instagram tinggal di Bandung atau suka ke Bandung tapi tidak punya photo instagram mejeng disini … kamana wae .. hellowww.

slide10

slide9

Satu lagi taman baru adalah Taman Sejarah, posisinya di sisi jalan Aceh.
Kita bisa mengetahui sejarah kota Bandung. Ada relief perjalanan kota Bandung di era Wiranatakusumah, juga ada foto2 yang pernah menjadi walikota Bandung. Di area taman sejarah ada kolam kecil untuk anak2 bermain main air, asyikkk .. bawa jalan anak2 dan ayah ibunya bisa duduk bercengkrama menceritakan sejarah masa lalu … atau mungkin membicarakan masa depan … hehehe.

slide12

taman Sejarah berada di sisi jalan Aceh

slide11

Yang pasti taman Balai Kota ini ini cocok untuk semua generasi … keluarga, anak anak bahkan remaja. Taman Balaikota menyediakan banyak tempat asyik dan seru untuk bersantai, piknik, bermain bersenda gurau maupun berolah raga. Tempatnya adem karena sudah banyak pohon2 lama yang sudah tinggi besar menaungi memberikan keteduhan di area taman ini. Untuk yang hobi foto atau hobi narsis, di area balai kota ini banyak sekali spot fotogenic, bener2 bakalan puas deh explore disini.

slide2

Pulangnya sengaja saya berputar dulu kearah Dago melihat satu gedung orange peninggalan Belanda. Dari dulu penasaran lihat gedung dengan halaman luas ini.

slide13

rumah di jalan dago, kalau di restorasi lagi pasti akan sangat elegan dan keren

Hayu atuh urang ulin ka taman


Lokasi Taman Balaikota Bandung
Bisa di akses dari 4 sisi jalan ; Jl Aceh, Jl Wastukencana, Jl Merdeka dan jl Perintis Kemerdekaan.
Koordinat Google Maps -6.912500, 107.609695

Sabtu 28 Januari 2017

Iklan

38 thoughts on “Tempat Asyik untuk Semua Kalangan – taman Balai Kota Bandung

  1. Ga tau kenapa saya klo lagi di bandung ngerasa dejavu klo liat bangunan belanda…palagi yang pepohonannya gede2…

    Tapi klo diliat dari gambar di paling biikin pnasaran ama yang jalan aceh tu…

  2. Saya malah penasaran dengan ukiran yang ada di dinding bangunan oranye itu Mas. Tapi memang gaya art deco-nya tak bisa menipu. Betapa Bandung sangat lekat dengan gaya bangunan itu ya Mas, hehe. Taman Balaikota dan sekitarnya termasuk yang biasa saya luputkan kalau jalan ke Bandung. Kayaknya mesti jalan dengan lebih teliti lagi nih kalau ke Bandung, supaya bisa melihat dengan lebih saksama, hehe… wisata taman di Bandung memang oke punya, yah.

    • gedung orange itu memang bikin penasaran … kisah sejarah apa saja yang terjadi digedung tersebut … kepo 😀
      taman2 di bandung memang semakin geulis .. banyak pilihan dengan berbagai thema .. jadi bisa menyesuaikan dengan interest dan mood kita hari itu .. hehehe

      • Dan dari modelnya yang unik agaknya sang pemilik adalah orang berada, hehe.
        Bandung mulai berbenah jadi kota taman ya, Mas. Jadi bisa menggabungkan modernisasi dengan alam yang lestari, hehe.

  3. Masih banyak taman yang lain kang, jangan lupa datengin sambil sepedahan ya hihihi. Eh iya, di deket taman balkot ada taman vanda tuuuh di sebrangnya. Kalau malem ada air mancur warna warni disitu 😀

  4. bandung bener2 gak kekurangan taman ya om, keren2 lagi, kalo disini ada sih taman tpi cuman 2 biji doank dan ramenya kalo pas malam minggu udah kyak lagi ada hajatan.. hiks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s