Curug Yang Terlewatkan di Sentul – Curug Cigede / Leuwiasih

curug-cigede-leuwiasih

Sentul bisa dikatakan daerah 1 juta curug. Banyak… bener bener banyak curug di daerah ini. Curug curug baru bermunculan… bagai cendawan di musim hujan. Curug Bidadari, Cibingbin, Leuwi Hejo, Leuwi Pariuk, Curug Cinta, Curug Kencana … dan banyak lagi curug2 lainnya.

Tapi dari sekian banyak curug ternyata ada satu yang terselip …. eh.. terlewatkan begitu saja dari para pemirsa. Curug Leuwiasih atau ada yang menyebutnya curug Cigede. Ada juga nama curug Leuwiasih di daerah Sentul atas … tapi yang ini letaknya ada di Sentul bawah… tidak harus ke pelosok pelosok seperti curug2 yang sekarang ngetop.

Terlewatkan … terlupakan …. tidak ngetop … relatif dekat pula lagi … wah… asyik untuk dikunjungi dan bisa quick trip micro adventure … berangkatlah saya.
Di Minggu pagi yang ceria sudah meluncur melalui Kalimalang yang berantakan dan berdebu, sedang di genjot pembangunan infrastruktur tol Becakayu. Kalau sudah jadi asyik kali ya… gowes lewat tol pasti cepet… #NgarangAja

Selepas cibubur rehat sejenak di minimarket… keputusan rehat.. adalah takdir… ketika jalan lagi dan nyebrang jalan Gunung Putri… eeee… om Adi nongol aja dari arah Cileungsi, timing dan momen yang pas.
Tanpa janjian tanpa kontak2-an … takdir jualah yang mempertemukan. Cengengesan dulu … ngobrol2 … tukar kartu nama .. ehh apaan .. skip skip.

slide2

rehat di minimarkat mendekat ke jalan gunung putri

“ mau kemana om …? “ “ga tahu ..” “saya mau ke curug yang deket ..ikut ? “ “ok ayoo ..”
Om Adi ikutan nemenin saya … gowes barengan melewati pabrik Indocement … melalui jalanan rusak… jalanan yang sedang di cor… dan sampailah di gerbang perumahan Permata Sentul.

Ini adalah perumahan elite, perumahan dengan view lapangan golf dan sudah pasti gerbang masuknya dijaga satpam tidak boleh sembarangan orang masuk.
Pasang tampang pede… sunggingkan senyuman… lambaian tangan… satpam melongo sejenak  … lalu tersenyum dan membiarkan kita masuk.

Selepas gerbang, sepeda meluncur ke bawah dan sampailah di jembatan.
Tepat di samping jembatan ini curug-nya berada. Wow… cukup tinggi juga curugnya.
Sekilas mengingatkan sama curug Parigi yang ada di daerah Narogong Bekasi, dan memang satu aliran dengan sungai ini.

slide3

curugnya tepat di jembatan area perumahan Permata Sentul

slide4

Di curug sepi … hanya ada beberapa orang yang sedang mancing. Dan jalanan Permata Sentul ini juga sepi … motor dan mobil jarang sekali lewat. Nah ini bedanya perumahan elite dan bukan .. ya seperti ini suasananya … wkwkw.

Jam 8.30-an tiba di lokasi … masih pagi. Mumpung masih pagi .. ngga afdol kalau ga turun ke sungainya, ada jalan setapak menuju kesana. Untung ada om Adi yang bisa bantu panggul sepeda turun ke sungai. Kalau sendiri ribet juga nih … licin.

slide6

IMG_2803

curug Parigi Bekasi. Satu aliran sungai dengan curug Cigede

Kluyuran di sungai .. lihat sana sini, ngobrol sama yang mancing … nongkrong2 menikmati suasana pagi ditemani gemuruh suara air. Ngobrol ngalor ngidul …. wah coba ada air panas .. minum kopi di tepi air terjun .. asyik bener yaa.

slide5

Airnya kecoklatan …. mungkin karena musim hujan, kalau airnya jernih … pasti enak banget untuk cebur ceburan.
Kenapa ya curug ini sepi dan tidak terkenal ya … curug parigi aja rame dikunjungi, banyak warung2 …. mungkin karena akses masuk kesini yang tidak bisa sembarangan masuk.
Tapi asyik sih menurut saya kalau sepi begini … kalau ramai jadi kurang asyik .. hehehe.

slide7

Curug ini aksesnya mudah sekali, dan jaraknya relatif dekat dibandingkan curug2 lainnya di Sentul. Bisa dijadikan tujuan alternative wisata yang mudah dan murah … karena tidak ada bayaran. Tiketnya .. adalah bagaimana melewati pos satpam … 😀 bilang aja ” mau main golf … bapak ga kenal sama saya ….???  ”  paling ada 3 kemungkinan. Kemungkinan pertama – di biarkan masuk, kedua – ditanyain kartu member, ketiga – di ajak kenalan sama pak satpam. Atau punya alasan lain yang lebih kreatif.

slide8

Kalau kesini sekalian bawa makanan .. piknik di tepi air terjun, dan ingat .. jangan nyampah seenaknya ya ….

Setelah puas, kita berkemas berangkat. Di pasar Citeurep saya dan om Adi berpisah … beliau akan melanjutkan gowesnya menanjak kearah Sukamakmur … gowes dekat begini .. bagi beliau sih ga nampol. Saya melanjutkan perjalanan pulang … dan tiba di rumah jam 11-an.

Lokasi Curug Cigede / Leuwiasih
Perumahan Permata Sentul, Desa Leuwinutug Citeureup, Bogor.
Koordinat Google Maps -6.520232, 106.863063

Minggu 20 Nov 2016

Iklan

28 thoughts on “Curug Yang Terlewatkan di Sentul – Curug Cigede / Leuwiasih

  1. Waaa ini! Nggak bisa sembarangan masuk ke sini. Pakainya MTB + jersey + helm + sepatu biar si Pak Satpam ngerti “kode” lambaian tangannya :D. Klo cuma sendal jepitan jangan-jangan ga boleh masuk, wekekeke. 😀

    Eh, tapi dirimu ngerti akses masuk ke Curug Cigede ini dari mana Kang? Maksudnya apa ga ada akses lewat pinggir sawah gitu? Soalnya klo mesti lewat perumahan kesannya “eksklusif” kayak Curug Bidadari. :p

  2. Bagi pegowes jeli, keindahan alam disediakan di sekitar ya Kang. Keren benar, lengkung cucuran air curugnya memikat. Wah penghuni perumahannya dapat bonus keindahan curug ya Kang. Salam

  3. Oh, Curug itu sama dengan waterfall ya? Atau mirip air terjun dikit ya? Masih nggak ngudeng. Kukira itu danau buatan yang ngumpulin airnya dari berbagai aliran anak sungai kecil.

    • curug dari bahasa sunda, artinya waterfall, didaerah jawa juga kadang disebut curug.
      prinsipnya air terjun adalah aliran sungai yang jatuh 🙂
      bisa kecil atau besar, bisa tinggi bisa pendek .. setiap curug punya keunikan masing2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s