Keajaiban Situs Sumur Batu Cariu yang jarang dikunjungi

situs sumur batu

Situs Sumur Batu ini sudah ada dalam list cukup lama …. nangkring di list nunggu waktu yang tepat. Akhirnya waktu tiba juga. Om Mukti ngajak ikutan acara anniversary CUTER komunitas Curug Hunter yang dirayain sambil gowes ke curug Ciomas dan dilanjutkan hiking ke curug Lalay … wah kebetulan atuh .. saya bisa jalan jalan ke arah curug Ciomas lagi … rame rame.

Jam 7-an saya sudah nongkrong di gerbang Metland Cileungsi … kayak anak hilang … celingukan kanan kiri … lalu duduk manis menunggu sambil kunyah kunyah snack. Tak lama datanglah om Adi .. tepat sesuai janjian jam 7.20 .. on time man juga si om …

Jam 8an sudah sampai di Cibucil … janjian tikum disini jam 9. Akhirnya rombongan mulai berdatangan .. ngumpul2 di SD .. setelah pembagian snack .. baru jalan sebentar … ngumpul lagi di Indomaret … bagi2 lagi snack dan minuman .. foto keluarga barengan .. rame bener .. kayaknya yang ikutan sampai 100-an lebih. Persiapannya lengkap .. ada tim konsumsi bahkan disiapkan mobil evakuasi. Sudah ada beberapa peserta yang di evakuasi dan terus bertambah sepanjang perjalanan.

Slide2

gowes Anniversary CUTER 1 yang dimeriahkan oleh berbagai komunitas

Slide3

Kalau gowes rame rame begini jadi lumayan sering berhenti untuk regrouping. Jam 10an sampailah di alun alun Cariu. Peserta di arahkan untuk membeli bekal makan siang di warung aneka pepes … inilah warung makan paling top di Cariu. Tukang warung ketiban rezeki .. diserbu oleh puluhan goweser yang kelaparan. Tadinya pengen nyoba goreng belalang … tapi ga jadi … kata temen sih seperti rasa ikan teri …

Slide4

Slide5

serbu bekal makan siang di warung favorit daerah alun alun Cariu

Perjalanan dilanjutkan … melalui jalanan desa yang sepi tidak seramai jalan raya Jonggol Cariu. Dan 8-an km kemudian tibalah di curug Ciomas. Istirahat, buka bekal makan siang ramai ramai … asyikkk. Kalau gowes cape begini … makan apapun jadi enakkk. Makan sambil ngobrol ngobrol .. peta perpolitikan dunia … ehhh … pokoknya ngobrol ngobrol ga jelas deh .. yang penting kita ketawa tawa dan menambah pertemanan. Setelah sholat dan kumpul semua rombongan … dimulailah persiapan hiking … hanya segelintir orang yang tidak ikutan … yang tidak ikutan adalah mereka yang terpilih … terpilih apaan *#@ … untuk hiking ke curug Lalay perlu waktu 2 jam, jadi pulang pergi dan cebur cebur di curug butuh waktu 5 jam pp. Baru start hiking jam 1 … jadi estimasi tiba di parkiran sepeda jam 17.30-an lebih. Alamat sampai rumah malam hari tuh. Saya tidak ikutan hiking dong … sudah janji untuk pulang sore ke rumah. Sambil pulang saya melipir dulu ke Situs Sumur Batu.

Slide6

sampai di parkiran curug Ciomas

Slide7

Crand Canyon Karawang – Curug Ciomas

Belokan ke Situs Sumur Batu ini posisinya dilewati ketika menuju Curug Ciomas dari arah Cariu. Saya dan om Adi berduaan gowes kesana. Dijalan utama desa ada papan petunjuk arah ke Situs Sumur Batu 2 km. Tapi sesampai di dalam tidak ada lagi petunjuk arahnya … untung ada om Adi yang rajanya blusukan daerah sini .. sambil mengingat ngingat .. dia yang menunjukkan arahnya.

Slide8

tanjakan menuju Situs Sumur Batu

Slide9

jalanan menjadi setapak dan mulai rimbun oleh semak dan pepohonan

“kita belok sini dan di atas sana belok kanan …. “ …. “wakkks … bener om ini jalannya …???” tanjakan beton terjal benerrr … dan berbelok curam naik lagi ke atas … saya ingin protes .. tapi apa daya. Termehek meheklah saya di tanjakan … setelah berbelok curam ke kanan .. jalanan berubah menjadi jalan beton setapak. Disini sudah masuk di sisi hutan yang cukup lebat dan jalan terus menanjak. Jalan beton ini lama2 menjadi hancur dan sebagian berlumut licin. Kalau diperhatikan .. dahulu pernah di buatkan jalan beton sampai ke Situs Sumur Batu, tapi seiring waktu jalanannya menjadi rusak … dan karena tidak banyak orang yang datang kesini .. jalanannya tidak diperbaiki dan dibiarkan hancur. Kalau sendirian sih .. saya sudah ragu untuk melanjutkan .. soalnya lebat dan sepi.

Slide10

potong kompas .. mendaki tebing batu

Slide11

mendekat Situs Sumur Batu .. sambil menikmati pemandangan

Disatu titik om Adi bilang “kita potong kompas .. manjat batu ini ..” …. “wakkksss … ini terjal bener om … bener nih …. ??? Kita harus memanjat batu dengan kemiringan 50 derajat .. sambil geret sepeda lagi … “tenang pelan pelan aja … hati2 licin …” kata om Adi. Memanjat batu ini .. berubah dari tempat yang adem ke panas terik .. dengan susah payah akhirnya sampai di titik aman pertama … ya kita harus menggeret lagi sepeda ke bukit atasnya lagi … ngos2-an .. sampailah di puncak bukit.
Wow … meskipun panas terik .. pemandangan di puncak bukit ini keren. Di puncak inilah Situs Sumur Batu berada. Yang membuat takjub … bukit ini adalah batu raksasa … sebongkah batu sebesar bukit … wowww.

Slide12

di puncak Bukit Situs Sumur Batu

Slide15

asyiknya bersepeda di puncak batu

Situs Sumur Batu ini bener bener unik … lobang airnya sangat dalam. Dan ajaibnya … meskipun diambil airnya tidak habis … bahkan di musim kemarau .. airnya tidak pernah kering … hebat ya .. bagaimana coba bisa begitu.

Slide13

situs Sumur Batu berada di atas bongkahan batu yang luas

situs sumur batu cariu

sumur dalam yang tidak pernah habis dan tidak pernah kering walapun di musim kemarau

Tidak ada orang lain diatas ini selain kita. Tapi kayaknya kalau waktu waktu tertentu … suka ada orang yang datang kesini mengambil air untuk mencari berkah .. Tidak ada kisah asal usul atau legenda tentang sumur batu ini. Kata om Adi .. dilembah bukit ini .. ada lagi Sumur Batu yang lain. Ohh .. ada dua Situs di daerah sini.

Slide16

situs Sumur Batu lain yang berada di daerah bawahnya

Saatnya pulang .. kita putuskan melalui jalan setapak  memutar yang memang menjadi akses utama untuk sampai kesini .. tidak melalui jalan potong kompas yang tadi … terlalu curam kalau turun … ngeri.

Sesampai di alun alun Cariu .. om adi mengajak melalui jalan lain … lewat kampung yang tembus ke Cibucil .. lebih pendek katanya. “Bener om … lebih pendek … kayaknya lebih jauh deh …” tapi akhirnya saya setuju .. saya mah apa atuh. Memang sih jalanannya sepi … tapi di beberapa titik jalannya jelek .. tidak bisa cepat dan … perasaan koq lama ya …. setelah di pantau di maps .. ternyata memang melambung memutar … hehehe … ya sudahlah … hitung2 jalan2 ke daerah yang belum pernah saya lalui.

Dari Cibucil kita lanjut kearah Cileungsi dan kita berpisah di Metland. Akhirnya saya tiba di rumah maghrib .. Allhamdulillah. Ternyata teman2 lain yang ikutan hiking ke Curug Lalay .. tiba dirumah jam 23 sd 24-an malam .. ckckck. Gowes lembur itu mah 🙂

Anyway … Happy Milad ke 1 CUTER – komunitas Curug Hunter yang senang menjelajah curug curug yang ada di sekitaran Bogor Karawang, semoga semakin jaya dan semakin asyikkk.

Lokasi Situs Sumur Batu
Desa Cikutamahi Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor
Koordinat Google Maps -6.544187, 107.168001


Minggu 31 Juli 2016

Iklan

38 thoughts on “Keajaiban Situs Sumur Batu Cariu yang jarang dikunjungi

  1. setelah kuter (kuis hunter) sekarang ada cuter
    hehehe unik mas nama2nya 🙂

    *btw, kalo liat peta deket samolo yang mau ke arah jonggol kirain saya masuk kab. cianjur, ga taunya masih bogor ya
    kayaknya menarik nih mas dikunungi kalo naek motor ke bandung via jonggol…

    • dinamai unik2 mungkin supaya lebih catchy 🙂

      secara administratif posisinya sudah di ujung kabupaten Bogor dan berdempetan dengan wilayah kabupaten Karawang dan kabupaten Cianjur. Tidak jauhlah dari Jakarta apalagi kalau mau ke Bandung lewat Jonggol.

  2. Batu sebesar bukit, dipuncaknya terdapat sumur….. Luar biasa. Ikutan ngos-ngosan di foto jalur setapak menanjak. Hatur nuhun Kang, berbagi postingan elok ini, bisa ikut menikmati situs sumur batu tanpa berpeluh. Salam

  3. Ping-balik: Curug Ciomas dan Green Canyon Karawang – Berbagi Kisahku

    • lambat kalau buka … mungkin tergantung koneksinya juga sih .. kebetulan saya sih hanya sekali2 aja lambat.

      memang tempatnya nyempil dan sepi … mantan yang ngejar ke sini bener2 mantan posesif .. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s