Rekreasi Panjang di Banjir Kanal Timur

Slide1

Jika ingin jalan jalan, bersantai, berolahraga, berwisata tidak harus selalu pegi ke tempat yang jauh. Ada tempat tempat disekitar kita yang menarik untuk disambangi. Bahkan mungkin tempat tersebut di datangi oleh orang orang dari jauh.

Di dekat tempat tinggal … ya sepelemparan batu-lah, ada daerah yang sekarang menjadi destinasi wisata ; Banjir Kanal Timur alias BKT, tapi aja juga yang menyebutnya Kali Banjir Timur (KBT), terserah anda mau ikut mahzab yang mana.

Karena tinggal tidak jauh dari area ini, saya mengalami proses sejarahnya dari perkampungan padat, dan kemudian berubah menjadi sungai buatan yang besar. Suatu pekerjaan besar untuk mengurangi banjir di daerah Jakarta. Katanya dengan adanya BKT, banjir Jakarta berkurang 30%. Benar ga sih 30% .. bukannya 33,64% ya … *sotoy

Slide10

Slide17

mudah-mudahan nanti air sungaimya jernih seperti sungai Jakarta lain yang sudah jernih

Pembuatan BKT ini sudah dicanangkan sejak lama … sejak tahun 1973 mulai dibuat rencana induknya. Tapi baru bertahun tahun .. ya bertahun tahun kemudian dilakukan penggalian pertama atau ground breaking di tahun 2002. Dan stop …. kemudian bertahun tahun … ya bertahun tahun berhenti dan pada tahun 2007 dilanjutkan kembali dan selesai di tahun 2010 – 2011.

Slide3

Inilah aliran awal BKT, sungai aslinya berbelok ke arah bendungan biru

Titik awal BKT berada di Kebon Nanas Jakarta Timur dan ujungnya di Pantai Marunda, membentang sepanjang 23,5 km. Sungai sungai yang di tampung oleh BKT adalah ; kali Cipinang, kali Sunter, kali Buaran, kali Jati Kramat, dan kali Cakung. Sedangkan kali Ciliwung pada tahun 2016 masih berjalan proses penyambungannya, dikenal dengan istilah sodetan Ciliwung yang akan dihubungkan dengan BKT. Padahal dulu saya kira awa BKT ini adalah dari sungai Ciliwung … padahal jaraknya sudah dekat ke Ciliwung … kenapa dulu ngga sekalian aja ya …

Slide2

Pada masa pembangunannya .. saya suka bermain sepeda di pinggiran kali, jalanannya umumnya masih tanah, dan bersapedahan sampai tembus ke ujung BKT di pantai Marunda. Pada saat itu jika gowes kearah ujung BKT, banyak melalui area yang sangat sepi … jalanan tanah yang tidak rata dan jauh kemana mana … mesti waspada dan lebih baik melipir lewat jalan raya. Ketemu orang di daerah sana di wanti wanti “Pak suka ada begal di daerah sini … lebih baik cari jalan lain .. ” … wakkk . Sekarang sih .. sudah tidak sepi lagi banyak yang lalu lalang …. paling malam … katanya masih suka ada begal .. makanya jangan pacaran mojok disini …

Slide4

Ujung BKT di pantai Marunda

Pantai Ujung BKT di Marunda … waktu pertama kesini sangat sepi juga … bagaimana tidak sepi … dulu disini seperti tempat pembuangan sampah … hiyyyy … kotorrrr. Tapi sekarang sudah sangat berbeda … jauh lebih bersih, tidak seperti tempat pembuangan sampah lagi.

Slide11

Bersapedahan di awal awal pembangunan BKT

Slide12

Bendungan di daerah Pondok Kelapa, sebelum dan sesudah

Slide13

bendungan Pondok Kelapa pada awal jadi .. sepi … dan belum ada bangunan tambahan disisinya.

Awal awal BKT selesai dirampungkan, masih sepi sepi saja, pagi sepi, siang sepi dan sore dan malampun sepi. Nyaman banget sepedaan disini dan nongkrong nongkrong di sisi jalannya. Saya sampai heran dan herman .. koq tempat seasyik begini sepi .. tidak menarik orang untuk berjalan jalan. Tapi ternyata hanya membutuhkan waktu .. dan akhirnya banyak orang yang berjalan jalan, berolah raga dan bersantai disini. Dan bahkan kalau sabtu dan minggu PKL semakin banyak dan banyak. Untungnya di tahun 2016 PKL PKL ditertibkan, tidak boleh menempati sisi jalan disebelah jalan Basuki Rahmat, hanya boleh di sisi sebrangnya yang berdekatan dengan rumah penduduk. Ternyata setelah ditertibkan begini tidak banyak orang yang berada disisi ini atau yang berolah raga maupun berjalan kaki disisi ini … terbukti bahwa kita adalah salah satu bangsa yang paling konsumtif … di dunia .. hebat ya … sisi yang ramai adalah di sisi jalan pelapak jualan tersebut. Penuh sesak orang dan PKL … mau apa saja ada .. apa saja ada … kalau ada, kuliner, pakaian, mainan, sepatu, perkakas, dll.

actitas bkt

Apa sih yang bisa dilakukan di BKT

Dari sepanjang area BKT, yang paling banyak dikunjungi dan menjadi tempat nongkrong2 adalah area BKT di sekitar Cipinang dan Duren Sawit. Karena di sekitar sini sudah banyak pepohonan .. rindang .. dan di beberapa tempat sudah tersedia taman taman bermain anak anak serta tempat duduk untuk bersantai. Banyak komunitas yang berkumpul disini ; bmx, skateboard, sepeda, senam, dll-nya.

Slide6

Slide5

tempat duduk duduk di daerah Duren Sawut

Slide7

Slide8

teras kayu di daerah Duren Sawit

BKT memiliki jalur inspeksi di sisi kanan kiri, satu sisi ditutup untuk akses kendaran bermotor, ditujukan untuk jalur sepeda dan pejalan kaki. Tapi di hari hari kerja, pagi atau sore hari … banyak sekali pemotor yang bandel dan menerobos jalur ini. Yah begitulah … susah di atur. Meskipun sudah dikasih palang besi atau coran semen .. malah dirusak untuk menerobos masuk. Attitude-nya masih ngga oke …

Meskipun begitu .. masih ada area2 yang sepi jadi masih nyaman untuk berolah raga ; lari pagi, bersepeda ataupun hanya berjalan jalan kaki.

Slide22

Slide21

Slide24

Slide23

Kalau siang sih sepi … cocok kalau mau merenung disini … membuat puisi … mencari inspirasi … kalau mencari si dia sih belum tentu ada disini. Sedangkan kalau sore sampai malam … didominasi motor motor yang parkir banyak sekali, banyak sekali ABG dan pemuda yang nongkrong2 disini … padahal jalur ini seharusnya tidak boleh dimasuki pemotor.

Slide9

ebusyet ada yang pacaran

Kalau sore .. suasana sunset , indah sekali disini .. cocok untuk pemburu foto sunset. Bisa duduk duduk di rumput atau sekalian piknik aja di rumput sisi sungai … apalagi kalau ada yang menemani …

Slide26

Ujung BKT
Di ujung BKT adalah pantai Marunda, atau mungkin ada yang mengenalnya sebagai daerah rumah si Pitung. Ya destinasi wisata rumah Si Pitung dan Mesjid bersejarah Al Alam tidak jauh dari ujung BKT.

Jalur menuju Ujung BKT terutama selepas daerah Pondok Kopi, jarang ada pepohonan .. gersang, tidak tahu .. kenapa tidak ditanami pohon di daerah sini.

Slide27

Jalur yang mengarah Marunda .. gersang

sunshie

Mengarah ke ujung BKT di daerah perumahan Metland Menteng Jakarta yang berseberangan dengan perumahan Harapan Indah Bekasi. Terdapat area bermain anak, taman, serta beberapa jembatan kayu dan beberapa dermaga, karena area disini masih rawa rawa. Tapi sayangnya selain pepohonan yang jarang, tempat bagus ini tidak dirawat, sehingga banyak ditumbuhi ilalang. Tapi menurut saya tempatnya menarik .. apalagi untuk foto foto.

Slide28

Area jembatan jembatan di daerah Metland Menteng

Slide29

Di ujung BKT, di pantai Marunda kita bisa bermain air di pantai, memancing, melihat orang yang bermain paralayang atau hanya menikmati suasana sambil memperhatikan perahu nelayan yang berlalu lalang disana.

Slide32

Jalan di ujung BKT pada saat belum di beton

Slide31

Ujung BKT di sebelah sana

Slide33

Ujung BKT di sisi sebrang yang lain

Slide34

melaut

Jadi … Apakah Anda yang rumahnya dekat BKT, sudah berjalan jalan ke BKT ?
Jika Anda tinggal jauh dari BKT, maukah bermain-main kesini … ?

Juni 2016

Iklan

40 thoughts on “Rekreasi Panjang di Banjir Kanal Timur

  1. wah kok ternyata apik banget.. padahal sebenernya BKT nggak jauh banget dari tugas sekarang di kawasan jatiwaringin.. ya cuma sesekali lewat saja.. boleh nih jadi referensi kalo pas rada selo pagi-pagi.. 😀

  2. Aku sih mau dong main ke BKT. Penasaran aja, KTP-nya Jakarta tapi kok keliyarannya di Jogja, terus, hahaha. 😀

    Cuma ya itu. Keluar jalan raya di Jakarta males Kang. Apalagi rumahku kan deket proyek MRT. Membayangkan Jakarta ramah buat pesepeda kayaknya ya masih lama ya.

    • KTP jakarta tapi ga mblusuk di jakarta …bisa kena pecat lho 😀

      Nunggu Jakarta bike friendly sih masih lama bangettt … Jakarta memanng macet .. bagaimana lagi … makanya sloganya EnjoyJakarta 🙂

  3. BKT di sekitar Duren Sawit banyak dijadikan tempat pacaran. Waktu gawe di kawasan Pulogadung sering melewati daerah ini, waktu itu baru selesai sekitar 80%.
    Asik nggowes sampai ke Marunda sana ya.

    • sekarang jadi semakin banyak yang pacaran disini … apalagi di daerah duren sawit ada tempat duduk, sepi dan rindang .. asyikk untuk mojok.
      Memang asyik gowes ke arah Marunda, biasanya pulang dari sana jangan terlalu siang, soalnya are aBKT disana masih gersang .. panas 🙂

  4. Iya ya mas ya? kok sungainya nggak disambungkan dari dulu ya? padahal udah deket banget,,,,
    Tempatnya memang bagus sieh mas,,, aku malah kepengen main di jembatan yang terbuat dari kayu itu,,,, bagus, bagus,,,, 🙂

    • iya heran … kenapa ga disekaliguskan ya dari sungai ciliwung .. #TanyaKenapa
      jembatan2 kayu itu adanya di daerah Metland Menteng atau seberangan dengan komplek Harapan Indah Bekasi, banyak jenis2 jembatannya disini .. asyiklah untuk foto2 🙂

    • kebetulan lagi senang nulis2 🙂
      oh iya .. disana ada tempat keren … pernah di tulis juga di blog ini waktu itu kesana tahun 2013.
      om nardex .. trimakasih sudah di ingatkan, seharusnya juga informasikan di tulisan mengenal BKT ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s