Mendadak Piknik di Kebun Raya Bogor

Slide2

Kebun Raya Bogor… siapa sih warga jabodetabek yang belum pernah datang kesini ??… pasti banyaklah…. *lho koq…. coba tanya temen, sodara, tetangga… pasti ada yang belum kesini.
Saya aja baru beberapa kali kesini lho… ya beberapa kali… 3x doang.
Berhubung Kebun Raya luasnya 87 ha … luas benerkan … jadi saya belum pernah mengelilinginya … hanya sepotong sepotong saja dari bagian Kebun Raya…. gempor kalau mesti jalan kaki, ga ada ojek gendong disini .. dan waktu kesini belum ada rental sepeda, seperti saat ini.

Hanya karena didorong rasa penasaran saja jadi kepengen kluyuran di Kebun Raya … akhirnya minggu pagi jam tujuh kurang saya berangkat. Melalui rute cibubur, di daerah Cimanggis saya tergoda untuk melipir dulu makan bubur ketan kacang ijo … makan bubur kacang ijo di pagi hari … enak … cobain deh …

Jam 9 saya sudah di depan pintu 3 .. wow banyak tentara … ditanya tanya pula lagi … “ini gembolan bawa apa ?? “ … masa saya bilang bawa kerupuk … saya jawab aja “jas hujan dan makanan …”
Tiket masuk Rp, 14.000 dan untuk bawa masuk sepeda di kenakan charge tambahan Rp. 5.000. Pintu 3 ini berada di area café Dedaunan.

Slide3

di jalan masuk dari pintu 3

Waktu sampai di dalam di perempatan café Dedaunan, banyak tentara berlarian … saya pikir mau menyambut saya …. *geer bener … ada rombongan mobil golf lewat … ooo ternyata pak presiden lagi ada disini … beliau berhenti … tidak banyak orang … tapi orang2 langsung mendekat dan berselfie ria … dengan ramah dan sabar melayani warganya, sangat merakyat.
Saya sih hanya mengelus dada … koq ngga ada yang ngajak selfie sama saya ya … hikksss

Slide4

nun jauh .. bangunan cafe Dedaunan

Sudah … saya gowes aja lagi .. Rute pertama adalah melewati pinggir café Dedaunan dan melalui jalanan di pinggir kebun raya, sejajaran dengan jalan Padjajaran dan jalan Otto Iskandar Dinata, daerahnya bener2 sepi … Di area ini seperti tipikal di Kebun Raya Bogor banyak pohon yang besar besar … size raksasa ..

Slide5

Slide7

salah satu dari sekian banyak pohon besar di Kebun Raya … banyak yang lebih raksasa dari ini

Tiba di area jalanan lurus .. dan pohon kiri kanan yang besar besar …. kerennnn bener … ini adalah area Kebun Raya Bogor yang paling saya suka, daerahnya ga ramai .. rindang dan enakk deh … mengaso dulu disini .. menikmati suasana.

Slide6

ini adalah area paling favorit saya di di Kebun Raya Bogor

Kemudian ke tempat paling favorit di kebun raya .. yaitu di sisi danau gunting yang berada di belakang Istana Bogor …. kayaknya kalau kesini tapi tidak mampir kesini … ga afdol. Wah sekarang area sisi danaunya sudah di tata dan percantik, semakin asyikk dan nyaman untuk bersantai. Di area taman belakang istana banyak sekali patung patung atau prasasti ; prasasti Georg Karl Reinwardt, Patung Tangan Tuhan alias The Hand of God, Patung The Little Mermaid alias Si Duyung Kecil, dll.

Slide11

area danau Gunting yang tentram

Slide9

wah .. ada yang yoga di tepi danau

Slide12

area tepi danau yang dipercantik

Slide10

memandang halaman belakang istana Bogor

Tidak jauh dari area ini, ada kuburan Belanda … saya belum pernah mampir kesini…. jadi penasaran. Posisi area kuburan ini agak tersembunyi, di dalam area pepohonan bambu yang rimbun dan gelap. menurut saya sih spooky tempatnya … untung masih pagi. Bentuk bentuk nisannya sangat khas, unik. Kabarnya terdapat 42 nisan, salah satunya adalah makam D.J De Eerns yang menjabat Gubernur Jenderal Hindia Belanda tahun 1836-1840.
Di area taman pohon bambu ini terdiri dari berbagai macam bambu, bahkan ada kelompok pohon bambu raksasa …

Slide21

area makam Belanda ini posisinya dekat Kantor Pos di area taman Bambu

Slide20

tanaman bambu raksasa

Tak jauh dari sini ada Taman Teijsman, beliau pernah memimpin Kebun Raya ini pada zaman Belanda.
Menurut sejarah, cikal bakal Kebun Raya Bogor ini dimulai sejak zaman pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, 1474-1513) yang menetapkan area hutan ini untuk tetap dijaga. Kemudian pada abad 18 Gubernur Jenderal van der Capellen membangun rumah peristirahatan di area ini. Dan mulai digarap serius menjadi taman dan Kebun Raya pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, karena beliau sangat memiliki minat pada botani. Pada 18 Mei 1817, Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen secara resmi mendirikan Kebun Raya Bogor dengan nama ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg.

Slide22

di tengah taman adalah Tugu Teijsman

Slide18

Treub Laboratorium didirikan pada masa Belanda untuk melakukan penelitian

Slide8

Perjalanan di lanjutkan berputar menuju area pintu masik utama, ada beberapa tempat menarik di dekat area ini. Jika ingin naik bus keliling, halte utamanya ada disini. Ada satu taman bagus termasuk taman baru, yaitu taman Meksiko. Suasananya dibuat seperti di gurun Meksiko, banyak di tumbuhi aneka tanaman kaktus, agave, yucca dan sejenisnya. Banyak spot menarik untuk foto foto disini. Dan tidak banyak pengunjung disini. Menurut analisa saya yang cetek ini … sebagian besar pengunjung mengambil jalan lurus atau belok kearah kiri dari pintu utama. Sehingga area2 di daerah kanan tidak banyak wisatawannya, cenderung sepi dan tidak ada orang … #Tanya kenapa

Slide13

Area taman Palem sebelum taman Mexico

Slide14

serasa berada di gurun Mexico

Dari hasil kluyuran saya .. Sepertinya ada 2 sungai yang membelah Kebun Raya Bogor, yang paling besar adalah sungai Ciliwung. Di dekat taman Meksiko ini ada jembatan merah gantung untuk menyebrangi sungai Ciliwung. Jadi ada 2 jembatan merah gantung. Di sisi yang berdekatan jalan Otto Iskandar Dinata dan di sisi Jalan Jalak Harupat (dekat Lapangan Sempur). Kalau jembatan gantung di sisi Jalan Jalak Harupat, ramai di kunjungi .. mau foto di jembatan saja kadang mesti antre. Kalau yang di Jalan Otto Iskandar .. sepiii … foto deh sepuas puasnya sambil guling guling disini. Aliran sungai di musim hujan ini deras dan ada beberapa jeram2nya, kayaknya kalau dibuat mini arung jeram atau body rafting … asyikk juga.

Slide15

jembatan merah gantung sepi di sisi jalan Otto Iskandar

Slide16

jembatan merah gantung favorit dan ramai di dekat lapangan sempur

Di kebun Raya Bogor banyak sekali tempat2 menarik, berbagai taman thematic, prasasti, museum zoologi dan banyak lagi.

Saatnya gowes mengarah ke sisi Kebun Raya mendekat jalan Jalak Harupat, di area ini ada Makam Keramat yang ditemukan pada tahun 1946 dan dipercaya sebagai makam Ratu Galuh Mangkualam yang merupakan istri kedua dari Prabu Siliwangi.
Selain makam Ratu Galuh, juga terdapat makam Mbah Jepra yang merupakan panglima kerajaan Pajajaran. Dan juga ada makam Senopati Mbah Baul. Tempat ini ramai dikunjungi peziarah bahkan suka ada yang menginap di komplek makam ini. Bermacam2 motifnya, yang mencari jodoh juga ada. Konon kabarnya banyak pejabat datang kesini … eh emang para pejabat itu mau mencari jodoh ya …

Slide23

makam keramat ini posisinya tidak jauh dari jembatan gantung yang di dekat lapangan sempur

Ketika berputar menuju pintu 3 … ehh ada orang yang manggil manggil .. “mister … mister.. “ eh ngga begitu deng … “om .. om ..” koq .. ponakan saya ada disini ??? Ternyata ada seorang pesepeda melambai lambaikan tangan … om hanif … sendirian pula lagi … kasian amat … gowes sendirian begitu … 😛

Akhirnya kita ngobrol2 .. sholat dulu … beli makanan nasi plastic .. ya nasi yang di bungkus kotak plastic. kita cari tempat spot yang enak … om hanif bawa peralatan yang lengkap .. jadilah kita ngampar … kita piknik di Kebun Raya Bogor. Meskipun piknik seadanya … tapi asyik bangettt … makanan begini aja serasa nikmat. Apalagi kalau ada kopi panas … makanan lauk pauk lengkap … wah asoyyy banget dah …
ya kalau main2 ke Kebun Raya … sekalian piknik … bawa makanan .. ngampar … banyak spot yang nyaman untuk piknik.

Slide24

piknik berdua di tepi kolam

Slide25

gowes menuju pintu keluar

Tak terasa sudah jam 14-an … kita beranjak untuk pulang. Gowes beriringan, sampai daerah Cibinong kita berpisah, om Hanif ambil jalan terus untuk menuju rumahnya di Tebet dan saya belok kanan.

Lokasi Kebun Raya Bogor
Jl Ir H Djuanda Bogor
Koordinat Google Maps -6.598088, 106.800050


Minggu 1 Mei 2016

Iklan

45 thoughts on “Mendadak Piknik di Kebun Raya Bogor

  1. Pernah sekali main ke Kebun Raya Bogor, jalan kaki. Luas banget, tapi menyenangkan. Cuma kadang agak kesal dengan mobil pengunjung yang berseliweran, entah apakah tidak ada aturannya, kan mending menjelajah kebun raya tanpa asap dengan jalan kaki atau sepeda pancal, hehehe. Jadi kangen ke sana lagi 🙂

    • Kalau ada mobil2 masuk berseliweran berarti kesananya waktu weekdays sepertinya, soalnya kalau weekend tidak boleh masuk. Dulu malah aturannya lebih aneh lagi, sepeda gowes tidak boleh masuk tapi mobil boleh. Aturan sepeda boleh masuk kalau tidak salah baru tahun 2013.

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb,…

    Kalau namanya kebun, pasti banyak tanaman ya. Apakah makna Kebun Raya itu maksudnya Taman atau garden. Kawasannya hening dengan kehijauan landskap yang indah. memang bagus berkeliling dengan sepeda sambil melihat keindahan kawasannya. Khidmat menyewa sepeda adalah satu usaha menarik para pelancung untuk menikmati Kebun Raya dengan santainya. Foto-fotonya sudah cukup memaparkan kenyamana di Kebun Raya.

    Salam seajhtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumussal­aam wr wb puan Fatimah,
      Kebun Raya adalah taman yang besar, atau luas sekali … umumnya banyak pohon2 besar bahkan kadang seperti di hutan. Karena banyak pohon jadinya udaranya segar, sangat nyaman untuk berwisata dan bersantai.

      salam bahagia dan sehat dari Jakarta

  3. Bogor :’ aku belum pernah ke Bogor dong. suwer wkkwwk dulu sempet ada rencana, tapi nggak jadi akhirnya ._.

    Indaaaaaah dan ijooo ya mas 😀 nggak salah deh dinamain sebagai kota hujan :’

    Itu kebun raya bogor ._. ngehiiiits banget ._.

  4. Piknik Kebun Raya emang asyik yach mas. Kalau kesini aku pasti ketiduran, jalan dikit pasti bawaannya pengen selonjoroan dan tidur. angin nya enak bangat buat tidur-tiduran, hehehe dasar tukang tidur nich aku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s