Fakta mengejutkan tentang Gerhana Matahari di Jakarta

Slide1

Semua orang membicarakannya, media2 memberitakannya … para pengamat dan turis manca negara berdatangan .. tapi kata2 seorang pejabat di daerah yang membuat saya tergugah, betul2 tergugah ..

“ event gerhana ini jarang diadakan, apalagi kita adalah negara maritim,
kita harus merayakannya “

Hati saya benar2 tergugah, saya terenyuh, saya tergerak … Meskipun area Jakarta tidak mengalami gerhana matahari total 100%, tapi sebagai negara maritim saya harus melihat event ini yang jarang diadakan di Indonesia.

Rabu pagi saya bersiap siap untuk melihat gerhana matahari sebagian. Meskipun saat ini adalah musim hujan, tapi rabu pagi ini udara Jakarta sangat cerah, tidak mendung sama sekali … Allhamdulillah.
Sebelum berangkat, pesan yang saya ingat kalau mau melihat gerhana matahari katanya jangan telanjang … iyalah .. malu kan kalo telanjang, ehh maksudnya jangan telanjang atau jangan dengan mata telanjang ya … Sudahlah pokoknya saya berpakaian lengkap ketika menggowes menyusuri Banjir Kanal Timur (BKT) menuju spot yang terbaik yang menurut hemat saya adalah di daerah BKT di dekat Harapan Indah, tempatnya lengang dan blong.

Slide2

tidak peduli gehana atau tidak … terus berlatih untuk kejayaan bangsa

Ketika menyusuri BKT di beberapa tempat banyak warga berkumpul menunggu sang gerhana tiba, beberapa bahkan telah siap dengan camera tele yang besar. Saya terus aja menggowes mengacuhkan mereka.

Akhirnya tiba di daerah yang menurut saya ini adalah spot terbaik. Blong dan sepi tidak ada orang, hanya saya sendiri disini. Betul hanya saya sendiri. Cocok untuk merenung … lho bagaimana sih, Saya pokoknya ingin melihat dan menikmati gerhana matahari disini tanpa di gangguin ..*siapa lagi yang mau gangguin.

Slide4

good spot untuk melihat gerhana … tenang, sunyi …sepi. mobil dan motor tidak bisa masuk ke area ini

koq .. tidak gelap gelap ya .. padahal kan sudah waktunya, jam 7.15-an … katanya Jakarta mengalami gerhana matahari 85%. Terang2 aja sih … kalau 85% ya .. bayangan saya itu seperti subuh begitu … dan mataharinya tetap bersinar tidak seperti yang di foto2 itu …

Akhirnya saya pakai kacamata gerhana …. dan melihat langsung ke matahari …. wawww … mataharinya mulai tertutup oleh bulan. Saya betul betul menikmati moment langka ini … bulan terus bergerak, terus bergerak, terus bergerak …. “om .. boleh pinjam ga …” kaget saya .. wehh

Slide5

kondisi matahari saat gerhana … ya seperti ini jika difoto dengan camera saya

Slide3

kondisi gerhana matahari di Jakarta seperti ini ketika dilihat dari kacamata gerhana saya

Ternyata sudah ada sekelompok pegowes di sebelah saya … sedang tersenyum lebar dan melihat muka2nya yang mupeng .. saya serahkan kacamata gerhana. “wahhhh .. kerennnn .. ini seperti bulan sabit” akhirnya kacamata gerhana itu berpindah pindah dan terjadi keriuhan di antara mereka, saling tunggu tungguan … ehh pak pak …. saya juga menunggu giliran lho pak … akhirnya kacamata kembali ke saya. Saya sedikit menjauh dari mereka dan menikmati kembali gerhana …. “om boleh pinjam lagi ga ..” ya .. bagaimana lagi akhirnya kita bersama sama menikmati gerhana matahari pagi ini. Berbagi kebahagiaan kan lebih asyikk .. ya ngga ya nggak …

Jadi fakta mengejutkannya apaaaAAA ….

Slide6

ditempa sinar matahari gerhana sebagian, tidak sepanas selayaknya jam 8 kurang dan bayangannya lebih panjang

Slide7

selalu tergoda untuk foto disini … kelihatannya semakin tidak terawat

Jakarta 9 Maret 2016

Iklan

40 thoughts on “Fakta mengejutkan tentang Gerhana Matahari di Jakarta

  1. Wuahahhaa,,, untung nggak telanjang ya mas,,, kalau telanjang berabe urusannya. Weh, nek masnya tadi dipinjemin, aku tadi malah minjem lho mas, hehehe. Nasib kita sama, nggak ngalamin gerhana matahari total. Tapi ternyata kita masih bernasib baik lho mas, lawong thailand aja di bawah 70% wew ramai lho mas. Keren dah Gerhana matahari ini,, top markotop

    • jalur BKT ini hanya ada beberapa bagian saja yang bebas motor mobil, paling +- 15% aja,
      dibagian saya lihat gerhana memang tidak bisa dilalui motor mobil jadi lengang.
      selebihnya sih motor dan mobil bisa lewat, meskipun tidak seramai di jalan raya, masih okelah untuk sesepedahan di BKT

  2. Tau aja spot yang bagus dan sepi Kang hahaha. Aku ga liat gerhana nih. Liat di tv doang pagi2. Terus ngarep keliatan dr jendela kamar, tapi udah tau sih gakan keliatan hahaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s