3 Wisata Alam Budaya Tangsel ; Situ Gintung, Rumah Puspo dan Kandang Jurang Doank

Slide1

Idenya dilemparkan om adi, saya hanya menangkap saja. Sebagai penangkap sudah selayaknya saya melakukan jemput bola mengajaknya kesana… *bulettt, jadi yang diajak mengajak…

Kembali duo goweser beda kelurahan ini mengudara … maksudnya debu2 jalanan kalimalang yang mengudara. Melewati cawang, condet, pasar minggu dan terus menyusuri pinggir tol Pondok Indah. Enjoy2 aja gowes beduaan, kadang saya di depan, kadang om adi yang narik.

Slide2

potong kompas dari Condet tembus ke Pasar Minggu

Tak terasa sudah mendekat ke tujuan pertama… Situ Gintung. Saya baru mendengar dan tahu ada situ ini ketika terjadi musibah jebolnya dam penahan situ gintung ditahun 2009 *kemana aja sehhh…
Dan akhirnya untuk pertama kalinya saya menggelindingkan ban sepeda saya di Situ Gintung.

“ om adi kenapa kita ke Situ Gintung ? ” … “nganu .. eeuuu .. dulu saya ngapelnya kesini om ..” oalahhh ini gowes clbk dong … 🙂 mengenang masa2 indah … sudut2 romantis .. saya sih seneng2 aja gowes kesini .. wong belum pernah kesini

SITU GINTUNG
Masuk melalui kampus Univ Muhammadiyah Jakarta, menyusuri sungainya yang langsung menuju pintu dam Situ Gintung. Pintu dam ini yang jebol pada hari Jum’at 27 Maret 2009. Dijalanan ini ada tugu monumen peringatan tragedy tahun 2009.

Slide4

gintungdam

Setelah memandangi pintu dam .. soalnya ga bisa di pegang pegang .. kita melanjutkan naik ke atas dam .. view disini asyikk .. bisa memandang danau yang luas serta ke arah perumahan yang berada di bawah dam.
Danaunya tenang..*Lhaiyalah.. terus ada jalan paving block yang mengitari danau ini, cocok untuk jalan kaki, lari atau bersepedahan keliling danau. Masih banyak kebun2 disekitar situ. Seandainya ditata, pasti situ ini akan keren bener. Tempat yang nyaman dan asyikk untuk rileks dan menikmati udara yang segar sambil memandangi danau yang luas.

Slide5

di atas dam Situ Gintung

gintung better

Situ Gintung adalah dam peninggalan zaman Belanda yang di buat 1932-1933 untuk mengairi pesawahan didaerah Tangerang, dahulu luasnya 31 ha dan kabarnya sekarang hanya tinggal 21,4 ha .. yang menyusut… diet kali ya ..

Di area Situ Gintung ini ada dua tempat rekreasi. Letaknya berdampingan. Taman Wisata Pulau Situ Gintung dan Taman Situ Gintung 3. Di Taman Wisata Pulau Situ Gintung ada restoran, kolam renang, arena2 permainan dan tempat ini cocok juga jika digunakan untuk acara kantoran. Kalau Taman Situ Gintung 3, settingannya untuk acara2 outbond, banyak wahana2 permainan petualangan, saya lihat ada kelompok pemuda yang mengadakan camping disini.

Slide7

ada area yang digunakan untuk karamba ikan

situsedih2

Pokoknya dua2nya tempatnya adem dan asri … banyak pepohonan, bersih dan terawat … ayo ajak keluarga kesini .. bisa main2 .. atau hanya ngadem2 aja dari keriuhan Jakarta.

Slide9

Lokasi Situ Gintung
Jl. Kertamukti, Pisangan Raya, Cireundeu, Ciputat Timur.
Koordinat Google Maps -6.308531, 106.762227

Mumpung sudah berada disini, soalnya jarang2 lho saya ada di situ gintung *kan baru pertama kali… saya penasaran ingin melihat Rumah Puspo, letaknya tidak jauh dari sini. Sekitar 2 km-an. Kayaknya banyak yang belum tahu apa itu Rumah Puspo….

Setelah blusukan potong2 kompas lewat gang2 dan perkampungan, akhirnya sampai juga di Rumah Puspo.

RUMAH PUSPO – “The Heritage Learning Center”
Sesampai disini, setelah meminta izin diperbolehkan untuk melihat lihat kedalam. Di pendopo bagian belakang sedang ada kelompok yang berlatih tarian jawa. Halaman belakangnya sangat luas dan terdiri dari beberapa bangunan. Didalamnya ada beberapa bangungan yang disebut sebagai corner, ada peranakan corner, demak corner dsb-nya.

Yang paling keren menurut saya adalah panggung terbukanya. Bangunan gerbang untuk menuju panggung terbuka yang berwarna hitam terlihat sangat eksotis…. serasa mau masuk ke benteng.
Dan panggung terbukanya… wuihh kerenn, backdrop bangunan candi… serasa ada di daerah jawa tengah bukan di Tangerang.

Slide10

Ditempat ini sering diadakan berbagai kegiatan kesenian ; pertunjukan seni, pameran lukisan dll. Di bawah panggung, terdapat Galeri yang dapat dipakai sebagai tempat pameran karya lukis, sculpture, instalasi dll.

Tempat ini selain digunakan untuk pagelaran seni, juga suka disewa sebagai tempat resepsi pernikahan. nuansa tradisional akan membuat resepsinya lebih berasa.

Slide11

Ketika hendak pulang ketemu dengan beliau … pak H Luluk sangat ramah dan mengajak komunitas sepeda untuk berkumpul disana meramaikan Rumah Puspo sebagai tempat berkumpulnya berbagai komunitas. Sok atuh komunitas sepeda yang ada di Tangerang Selatan kararumpul disini …

Lokasi Rumah Puspo
Jalan Elang Raya, Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan
Koordinat Google Maps -6.298960, 106.733536

Dari sini ada lagi satu tempat yang lokasinya dekat, Kandang Jurang Doank … tinggal sepergowesan kesana .. ya sudah sikattt .

KANDANG JURANG DOANK
Hanya butuh sekitar 15 menitan untuk sampai kesini. Ternyata lokasinya ada di dalam komplek perumahan. Tempat ini sudah dimulai sejak tahu 1993 … sudah lama ya … seumur umur saya belum pernah kesini, hanya dengar2 dan lihat dari berita2.

Akhirnya waktu jua yang mempertemukan kita .. memupus rasa kepenasaranan saya.
Tempatnya memang adem banyak pohon2 yang sudah tinggi dan berada di sisi jurang, dibawahnya ada pesawahan dan kolam2 yang biasa digunakan untuk outbond.

Slide12

Slide13

Di area ini ada area outbond, panggung, studio, ruang multimedia, kolam ikan, perpustakaan, museum, warung dll. Masuk area ini gratis, hanya jika akan menggunakan wahana baru harus membayar.

Tidak berlama lama disini … hanya celingak celinguk saja … mau makan dulu tapi lagi rame mesti nunggu lama … ya sudah jam 11.30-an .. cap cussss

Alamat: Jalan Kompleks Alvita No.Q14, Banten 15413
Koordinat Google Maps -6.296160, 106.726509

Slide14

Ciputat 21 Februari 2016

Iklan

34 thoughts on “3 Wisata Alam Budaya Tangsel ; Situ Gintung, Rumah Puspo dan Kandang Jurang Doank

    • rumah puspo terbuka untuk umum koq mba, selain untuk pertunjukan2 seni, di dalamnya kayak ada seperti cafe.
      berbagai komunitas diundang datang untuk meramaikan rumah puspo jadi tidak khusus untuk komunitas sepeda.
      Silahkan datang saja mba .. tempatnya adem dan asyikk

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb…. perjalanan berbasikal yang memberi pengetahuan dan pemandangan yang indah.. hehehe… masak Situ Gintung itu susut kerana diet ya. Selalunya kita dengar tanahnya semakin meluas disebabkan kejadian pergerakan bumi bukan semakin menambah hingga menjadi kecil keluasannya. Gmana ya. ?

    Banyak sekali kawasan di tempat sendiri yang bisa dijadikan tempat wisata. Ngak perlu harus ke luar kota atau ke luar negera ya. Hargai apa yang ada di depan mata dahulu.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumussalām wr wb puan Fatimah,
      danaunya menyusut … karena tidak dirawat alias kekurangan gizi … jadi kurus .. 😀

      banyak tempat2 indah disektar kita yang belum kita kunjungi … tapi banyak orang yang senang pergi ke tempat2 jauh dahulu … seperti kata pepatah “Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan nampak jelas” .. atau “rumput tetangga selalu lebih hijau”

  2. Ini ceritanya ke Situ Gintung itu bernostalgia tow mas, mengenang kisah yang dulu…. Eh, ternyata nggak hanya Ruang terbuka hijau aja ya mas yang diet, Situ aja bisa diet,,,, yang 10 Ha kemana itu? 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s