Menikmati Pantai berpasir di Tangerang – Pantai Tanjung Pasir

Slide1

Pingin jalan jalan ke pantai ah … jadi anak pantai
Tapi kalau ke pantai daerah Bekasi di musim hujan begini jalannya hancur penuh kubangan air dan lumpur. Mending ke pantai daerah Tangerang saja … jarang saya mendengar wisata pantai daerah Tangerang. Penasaran seperti apa …

Minggu pagi matahari bersinar dengan cerahnya .. secerah hati orang2 yang bangun pagi … yeayyyy …
Jam 6 lebih saya menggowes sepeda menuju Kampung Melayu, Senen, Kota, Teluk Gong, Dadap dan terus mengarah kearah pantai yang saya tuju.

Melewati tempat2 yang belum pernah saya lalui … ini yang pertama kalinya. Tidak ada yang special …. meskipun jalanan relatif tidak ramai tapi debu debu jalanan sangat banyak … berterbangan … jalanan bisa di katakan gersang .. jarang ada pepohonan … yang terasa berbeda .. udaranya lebih panas … maklum lebih dekat ke pantai.

Beberapa kali saya potong kompas melalui pesawahan dan kampung kampung, secara jarak lebih dekat, tapi kecepatan jadi lebih lambat.

Slide2

ambil short cut … melewati pesawahan Tangerang

Pemandangan sudah mulai berbeda, di kanan kiri tampak tambak tambak yang sangat luas, dipinggir jalan banyak warung yang menjajakan udang … hmmm kayaknya enak untuk makan.

Slide3

Area tambak yang luas ketika mendekati pantai Tanjung Pasir

Disebelah kanan jalan terlihat patung buaya besar … ya disini ada penangkaran buaya … jadi hati2 aja … para buaya darat kalau lewat sini .. 😀 Penangkaran ini terbuka untuk umum, bisa berwisata kesini melihat atraksi buaya dan ada penjualan barang2 yang terbuat dari kulit buaya.
Tidak jauh dari sana .. disebelah kiri jalan ada Tanjung Pasir Resort … resor yang bagus di daerah sini … hmmmm …. saya tidak masuk … ga bisa sembarang main masuk2 … dijaga, ntar ditanya “ keperluannya apa, mau apa, punya duit ga ?” paling saya jawab “Keperluan saya penting sekali … mau sesepedahan di dalam … enggg …. kalau 50 ribu cukup ga ..? “
Di resor ini kabarnya ada penginapan, restaurant dan juga bisa mancing … dan mungkin juga ada beberapa aktifitas lainnya, main2lah kesini .. kalau penasaran jangan kayak saya yang hanya lewat depannya doang.

buaya

Slide11

Pintu masuk ke resor

Slide12

Dan tidak lama kemudian sampailah saya di desa Tanjung Pasir … Mulai banyak lapangan tempat parkir mobil dan motor, ya .. ini adalah dermaga yang biasa digunakan jika ingin menyebrang ke pulau Untung Jawa. Bisa juga ke kepulauan seribu yang lain tapi tarifnya lebih mahal.

Kalau ingin main ke Pantai Tanjung Pasir .. terus saja jangan parkir disana .. jangan tergoda sama tukang2 parkir yang melambai lambaikan tangan mengarahkan, karena didaerah sana pantainya penuh dengan perahu2. Terus saja ke depan sampai masuk ke gerbang TNI AL. Jangan kaget .. dan khawatir .. terus aja masuk, karena memang pantai Tanjung Pasir ada di area TNI AL dan memang terbuka untuk umum.

Berhubung saya naik sepeda .. jadi tidak dipungut sama sekali tiket masuk … dibiarkan saja melenggang, jadi kalau mau masuk gratis kesini .. naik sepeda aja 😀
Sepeda terus saya arahkan ke bibir pantai depan, bukan yang disisi setelah gerbang masuk, karena disana masih banyak perahu2 yang parkir. Di sepanjang bibir pantai banyak sekali warung2 berderet … menu umumnya ikan bakar, udang dan lain2nya .. plus minuman khas pantai kelapa muda. Masuk kesini saya serasa jadi juragan … dipanggil2 oleh tukang warung .. “Bos mampir dulu ..” “Bos ikan bakar bos ..” “ Bos minum es kelapa muda bos ..” bas bos bas bos mulu .. warung sebanyak itu .. tapi wisatawan yang datang tidak terlalu banyak .. atau mungkin karena masih pagi ya … saya lihat jam 9.40 dan di odo tercatat 53 km.

Slide5

Warung2 ini terus bederet sampai ujung pagar area komplek TNI AL. Pantai di area ujung ini sepi … pasirnya hitam lembut. Ombaknya tidak besar … tapi pantainya … kotorrrrr … sampah disepanjang pantai … ihhhh. Beginilah kenyataannya … saya harus menerima kenyataan ini walaupun pahit .. caelah emangnya ngapain …

Slide7

Slide4

Slide6

Sebenarnya ga aneh juga sih … pantai di daerah Tangerang yang berdekatan dengan Jakarta … mau berharap bersih …. ngga la yauw … Meskipun pantainya kotor banyak sampah, tapi ada juga orang yang cuek main2 di air pantai. Mungkin merekalah yang mau menerima kenyataan dan menikmati kenyataan yang ada …

Slide8

Slide9

Slide10

Sayang sekali ya .. coba kalau bersih .. bisa bawa keluarga main2 kesini dan pasti jadi tempat tujuan wisata orang Jakarta juga. Saya tidak menyesal datang ke tampat ini … Paling tidak saya tidak penasaran lagi .. saya pernah ke Pantai Tangerang .. pantai Tanjung Pasir .. yeayyyy.

Jam 10.40-an saya berangkat pulang dan tiba di rumah jam 13.31 .. tidak lama kemudian turun hujan angin dengan lebatnya.


Pantai Tanjung Pasir
Desa Tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang
koordinat Google Maps -6.013876, 106.679860

Minggu 14 Februari 2016

Iklan

62 thoughts on “Menikmati Pantai berpasir di Tangerang – Pantai Tanjung Pasir

  1. Tadinya mau muji waaaw tangerang punya pantaaai. Etapi kecewa karena pantai nya kotor gitu 😦

    Padahal di jabodetabek ada banyak tempat wisata ya, sayang gak keurus jadi nya gitu deh terabaikan. Seandainya bersih kan warganya kalau liburan gak usah ke luar kota atauuuuuu gak usah ke bandung mulu 😛 😛 😛 hahaha

    • heran ya … padahal sekarang lagi digadang gadangkan untuk menarik wisatawan … membuat beberapa destinasi wisata kelas international … yang deket2 jakarta koq … gak terurus begini … tidak tergugah ya … masyarakat dan pemerintah disana untuk membuat gerakan supaya lebih bersih .. lebih terawat … membuat system baku manajemen pengelolaan tempat wisata … dst dst dst … weleh kepanjangan .. ga akan di dengerin .. biarin .. 😀

      • Hehehe, gapapa siapa tau aja ada kelompok aktivis lingkungan yang suka bersih-bersih pantai baca postingan ini, biar bisa ngumpulin masa. Kalau banyak orang mungkin bisa cepat bersih, asal pengunjung setelahnya juga sadar ga buang sampah sih….

  2. Assalaamua’alaikum wr.wb…. saya suka melihat ketikan foto yang indah dan tajam warnanya. Pantai memang selalu menyenangkan. Sayangnya, pantai itu kotor dan menyesak nafas melihatnya. Mudahan ada sifat tanggungjawab pengunjung atau penduduk setempat untuk menjaga kebersihan alam sekitar. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikum salaam wr.wb puan siti,
      bermain di pantai memang selalu menyenangkan .. apalagi buat anak pantai .. 🙂
      Masih susah untuk menyadarkan dan mendisiplinkan masyarakat di Indonesia untuk hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya …. lagi proses dan perjuangan .. 😀

  3. Mas, cerita bersepedamu kok hebat sih mas? bisa sampai kemana-mana ._. aku kemarin pagi nyoba sepedaan sendiri, cuma muter ringroad jogja doang kaki udah pegelnya minta ampun :’

    Sampah dipantainya merusak suasana banget ya 😦

    • sering seringlah olah raga naik sepeda … lama2 juga bakalan terbiasa, ga cepet pegel … dan pasti bisa nandingin blusukannya mas mawi .. 🙂

      kita kita memang suka banget dengan entengnya menyampah sembarangan … *HarusDikeplakin … 😀
      padahal kebersihan sebagian dari iman …

      • Heheh iya nih mas, udah aku biasain sepedaan juga kok 😀 kayaknya susah deh ya nandingin blusukannya Mas Mawi 😀

        -_- gimana ya cara menanggulanginya -_- kalau nggak dari diri sendiri siapa lagi? tapi jarang ada yang mau berubah kayaknya -_-

      • kalau sudah gowes sepeda .. lama2 juga akan terbiasa gowes jauhan ..

        perubahan itu memang tidak gampang, kata pak motivator juga “are you really happy or just comfortable ?” .. yah begitulah … 😀

  4. Wah, ngiri banget. Udah beli sepeda biar bisa sepedaan jarak jauh gini tapi sampai sekarang nggak kesampaian tuh niat. Alasannya karena takut kesasar dan takut kalau kenapa-kenapa sepedanya…

    Ini bener mas jarak segitu ditempuh 3 jam doang? Super sekali. Saya lihat di google maps kayaknya jauh banget. Soetta aja lewat. Atau mas punya postingan tentang saran/tips-tips untuk yang baru mau mulai sepedaan jarak jauh seperti saya? saya coba cari di blog mas nggak ketemu

    • mumpung sudah niat tinggal dilaksanakan …. besapedaan bareng2 aja sama temen2 atau komunitas … ga takut nyasar dan kalau ada apa2 pasti ada yang bantuin ..

      karena track-nya datar .. jadi bisa ditempuh relatif lebih cepat, .
      tips-nya .. asal konsisten gowes seminggu 1 atau 2x .. lama2 juga akan terbiasa dan menemukan ritme kayuhan untuk jaga endurance gowes yang agak jauhan .. jadi yang penting mulai aja gowes

  5. Aduh padahal pantainya bagus ya buat main2 dan piknik keluarga, kelihatan dari fotonya juga cuma sayang kotor ya (juga keliatan banget). Tapi karna baca ini jadi tau kalo di Tanggerang ada resort keren & pantai 🙂
    Btw salut bs sepedaan sampe jauh, sehat. Hahaha kalo saya gak terlalu mahir naik sepeda, kurang keseimbangan 🙂

    • kalau pantainya bersih .. bener2 nyaman untuk main2 air, sekalian mancing.
      area sawahnya sudah terkena modernisasi . sudah di paving .. mudah2-an attitude untuk menjaga kebersihannya juga terbentuk seperti orang2 modern .. 🙂

  6. Ada ya ternyata pantai terbuka di jabodetabek yang bisa dijamah. Duh baru tahu. Tapi kalau pakai angkutan umum gimna acara aksesnya ya…

    Tapi ya itu. Pantainya hanya cocok buat dipandangi.. hihii dinikmati sambil ngeteh..

  7. akses angkutan umum seharusnya ada kesana, soalnya disana pelabuhan utama untuk menyebrang ke pulau untung jawa.

    kalau kotor begini .. males nyebur .. betul mendingan ngeteh di saung pinggir pantai sambil menikmati semilir angin laut 🙂

  8. sederhana ya, di Tanggerang juga ada pantainya, tapi sampahnya banyak banget itu… waduhhhh….. mungkin bisa jadi buat inspirasi pemerintah sana buat berbenah sampah, hahahha. Nggak mainstream tulisannya 🙂

  9. Kalau diliat dari foto-fotonya, sebenernya pantai ini lebih bagus ya daripada Ancol… Tapi sayang itu sampahnya banyak bangettt kaya di Ciliwung aja.. Kerja apa saja sih Pemkot Tangerang ya? Punya potensi kok dibiarkan seperti itu saja … 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s