Gowes 5 Taman – Sepat, Dadap Merah, Spathodea, Tabebuya & Tanjung

Slide1

Jarang saya kluyuran ke Jakarta Selatan …
Apalagi ke daerah Kebagusan … kenapa dinamakan begitu ya … apakah bagusnya terlalu berlebihan …

Daripada hidup penuh kepenasaranan … ya sudah kesana aja .. mumpung ada waktu setengah hari di hari minggu ini. Meskipun minggu pagi sedikit mendung .. tapi saya optimistis .. tidak akan hujan … matahari akan bersinar menyemangati saya .. yeeaaa… Apalagi di Jakarta banyak banget matahari .. suka diskon pula lagi .. 😀

Di daerah Jakarta Selatan ini ada beberapa taman baru … sekalian jalan jalan kesana ah … enakkan sekali pukul dapat .. ehh .. ga cocok kalimatnya kasar .. sekali dayung tiga empat pulau .. ehhh tapi ini kan didarat … ya sudah pokoknya begitu deh …
Siapa tahu kalau bermain ke taman dapat inspirasi … untuk menggubah sebuah lagu … untuk membuat puisi .. atau .. untuk beli barang … yaelahhh .. beli barang mah yang penting ada duit.

Minggu pagi … jalanan sudah cukup ramai .. namanya juga kota metropolitan yang selalu begadang … melewati cawang .. lalu condet .. karena saya set GPS untuk “ on foot mode “ .. jadi beberapa kali melewati gang2 kecil … tembus2 di daerah Pasar Minggu dan mengarah ke Depok. Sampai juga di daerah Kebagusan … jalannya tidak terlalu besar dan banyak belokan belokan. Tapi di daerah sini lebih banyak pohon dan lebih adem dibandingkan daerah timur. Kenapa ya daerah timur tidak banyak di tanami pohon2 …

Taman yang pertama saya kunjungi sesuai jalur perjalanan adalah Taman Sepat.

Taman Sepat
Jl. Sepat I, Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Koordinat Google Maps -6.305659, 106.832225

Slide2

Letak taman Sepat ada di daerah pemukiman yang cukup padat, jalanannya kecil, di suatu lembah kecil dan ada sungai kecil mengalir .. tapi tamannya tidak kecil. Dulunya ini adalah tempat pembuangan sampah .. yang bau dan kotor … sekarang berubah menjadi menarik, bersih dan terawat.

Slide3

Kalau bawa mobil kesini, parkirnya harus di sisi jalan yang sempit ini, karenat tidak ada space parkir mobil. Berdasarkan info luas taman ini 0,7 ha .. besarkan .. tidak kecil, ada area main anak2, toilet dan lapangan untuk berolah raga yang minggu pagi ini diisi oleh senam ibu2.

Nyaman untuk relax disini, banyak tempat duduk, adem … ada danau kecil tapi tidak boleh mancing.
Taman ini ada petugas jaganya, sehingga terawat, bersih dan tidak ada pedagang yang berjualan di taman.

Taman Dadap Merah
Jl Kebagusan Dalam, Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Koordinat Google Maps -6.318081, 106.831161

dadap1

Taman ini mulai dibangun tahun 2012 dan lokasinya tidak jauh dari taman Sepat, berada dilingkungan perumahan yang bagus. Space parkir mobil besar beda banget dengan taman Sepat. Tamannya lebih luas… sekitar 2 ha. Ada aliran sungai yang membelah taman ini dan masuk ke danau yang ada dalam taman. Meskipun sungainya sudah dibendung untuk menaham sampah2 … tapi kayaknya karena terlalu banyaknya sampah .. akhirnya banyak juga sampah plastic yang masuk ke danau. Terlepas dari sampah yang ada di danaunya, area taman ini terawat dan bersih. Seperti taman Sepat, taman inipun ada penjaganya sehingga tidak ada pedagang yang masuk. Selain area permainan anak2 .. karena tamannya luas sehingga sangat asyik untuk jogging atau olah raga jalan kaki memutari taman. Toilet pun tersedia disini.

Slide4

Slide5

lihat …. masih ada sampah di danaunya … stop menyampah ke sungai !!!

Slide6

kalau hujan … aliran airnya derasss

Slide7

Yang membuat taman ini berbeda dengan taman lainnya .. adalah aliran air sungainya … alirannya terbilang cukup deras, karena konturnya menurun … sepertinya kalau sedang banyak airnya .. akan jelas terlihat riak airnya seperti jeram … hehe .. lebay .. tapi hati2 lho .. kalau bawa anak kecil.

Taman Spathodea
Jl Kebagusan Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Koordinat Google Maps -6.322531, 106.824273

Slide8

Posisinya ada di jalan utama sehingga mudah ditemukan. Taman ini kadang disebut juga Taman Miring.
Spathodea adalah nama pohon yang berasal dari Afrika yang ada di taman ini, luas taman ini 1 ha lebih sedikit. Mobil hanya bisa parkir disisi jalan kalau motor sih disediakan tempat yang cukup luas. Sama seperti taman lainnya disinipun ada penjaganya sehingga tamannya terawat dan bebas dari pedagang.

Slide9

Dahulunya taman ini adalah empang dan sebagian menjadi tempat sampah .. akhirnya berubah menjadi taman tempat warga berinteraksi dan bermain. Selain enak untuk bersantai santai, disini juga ada area permainan anak, toilet dan alat2 olah raga .. alias nge-gym outdoor.

Slide10

Keberadaan danau kecil membuat taman ini lebih menarik. Banyak warga terutama ibu2 yang menggunakan taman ini sebagai tempat senam .. dan di area lain ada acara mendongeng untuk anak2 … banyak juga anak2 yang ikut mendengarkan, seruuu .. ingat zaman dulu … sudah jarang banget acara2 seperti ini … anak2 mendengarkan cerita2 yang positif .. tidak mulu film kartun yang kadang tidak mengajarkan hal2 baik pada anak2 .. ya nggak … ya nggak ..

Taman Tabebuya
Jl. Moh. Kahfi I, Jagakarsa Jakarta selatan.
Koordinat Google Maps -6.327763, 106.809915

Slide11

Taman seluas 0,9 ha ini memiliki beberapa nama ; Taman Kahfi, Taman Angsa, Taman Herman Soesilo dan sekarang sudah di beri plang Taman Tabebuya. Tabebuya adalah jenis tanaman yang di tanam di sekitar taman ini. Tabebuya ini pohon yang cantik .. sayang sedang tidak berbunga. Taman mulai dibangun tahun 2010 dan dibuka untuk umum tahun 2012, fasilitasnya sama seperti taman lainnya ; toilet, playground dan tempat2 untuk nongkrong2 santai.

Slide12

asyikkk .. membaca di taman

Slide14

Danau kecilnya terlihat sangat terawat .. ya disinipun ada penjaganya. Aman dan nyamanlah bermain di taman Tabebuya ini. Umumnya kalau pagi2 banyak keluarga bersama anak2 … tapi ada juga koq yang pacaran .. suit suwiww ..

Taman Tanjung
Jl . T. B. Simatupang , Jagakarsa, Jakarta Selatan
Koordinat Google Maps -6.302311, 106.839291

Slide15

Yap … ini adalah taman terakhir sesuai perjalanan bersapedahan .. berkelana di Jakarta selatan.
Lumayan luas.. 0,9 ha. Fasilitasnya sama seperti taman lainnya ; area bermain anak, lapangan futsal, dan toilet. Asyikk juga kalau ingin bersantai di taman ini. Ngadem enak .. apalagi sambil ngobrol2 sama teman2.
Berhubung sudah jam 9-an .. suasana taman sudah sepi … hanya ada beberapa anak kecil yang berolahraga inline skate dan sekelomok abg perempuan yang sedang asyik ngobrol2 di tempat duduk taman …
Tidak seperti taman lainnya, ditaman Tanjung ini tidak ada danau.

Slide17

Slide16

 

Semua taman2 tersebut umumnya dibuka mulai jam 6 pagi dan tutup jam 6 sore, tapi ada taman yang tutup jam 9 malam, semua taman ada penjaganya sehingga tidak bisa masuk seenaknya. Taman2 tersebut fasilitasnya sudah lengkap untuk bermain2 dan berolahraga .. bahkan semuanya disediakan toilet. Kelima taman tersebut diperbolehkan untuk menginjak rumput, jadi jika ingin piknik, duduk2 bersantai di rumput dipersilahkan.

Kekurangannya adalah tidak tersedia tempat parkir mobil yang layak … kecuali di Taman Dadap Merah parkir mobilnya luas . Satu hal lagi … semua taman tersebut terlihat sama, satu type, satu format, satu template, satu cetakan … karena kita adalah satu .. huahahaha … ehhh .. menurut saya sih lebih baik dibuat thematic … kreatif seperti bandung .. sehingga taman satu ke taman yang lainnya terlihat berbeda dan unik. Membuat orang senang bermain dari satu taman ke taman lainnya. Kalau sama2 aja … ga greget ..

Taman kota bisa menjadi sarana alternative liburan sederhana, murah meriah .. anak2 bisa bersosialisasi dan berekplorasi di taman. Memang dibutuhkan sedikit imaginasi supaya rekreasi di taman lebih menarik ; membaca buku, mengerjakan tugas/kerjaan ditaman, berpiknik …

Ayo kita bermain ke taman yuk …

Slide18

Minggu 31 Januari 2016

Iklan

44 thoughts on “Gowes 5 Taman – Sepat, Dadap Merah, Spathodea, Tabebuya & Tanjung

  1. Jauh juga Mas rute sepedahannya… dan terima kasih buat informasinya, saya baru tahu soal adanya taman-taman ini di Jakarta. Dari yang saya lihat lumayan asri dan bersih, pengelolaannya juga sudah bagus, cuma pasti bisa dibuat lebih bersih lagi. Jakarta memang sedang sangat butuh ruang publik! Mesti ada banyak taman tempat masyarakat bisa berinteraksi, alternatif murah meriah ketimbang ke tempat yang mahal-mahal :hihi. Pengen deh main-main ke sana. Semoga bisa.

  2. Sempit parkir mobilnya karena arsiteknya “sepedah”-minded kali mas. hehehe.

    asik ya di tengah panas teriknya jakarta masih ada yang adem-adem begitu. keseimbangan memang perlu.

  3. kalo boleh tau, om ini sepedahan atau naik mobil ?
    Ternyata banyak taman ya di jakarta selatan, bagus bagus lagi. Cuma sayang banget pas sungainya banyak sampahny, pas di foto dari segi jembatannya sih bagus. Pas keliatan sungainya, ehh.. Kotor 😦

  4. Jauh juga yach mas berkelilingnya tapi langsung nemu banyak taman jadinya. Taman Dadap Merah masih kotor gitu yach, sedih. dan aku penasaran ama pohon spathodea dan langsung nyari di google pengen tau wujudnya seperti apa ternyata bagus bangat yach.

    • Wa’alaikum salaam wr.wb, puan siti … ehh sebutannya yang benar puan ya, maaf kalau salah ..
      di jakarta dan kota2 di indonesia lagi senang2nya buat taman … ruang publik untuk warga membuang stress 🙂

      salam kenal juga puan siti
      bersapedahan – jakarta

  5. Saya senang semakin banyak taman di Jakarta. Ini akan membuat kualitas udara makin baik, dengan sendirinya akan membuat warga lebih sehat. Selamat hidup sehat dengan mengunjungi taman, 🙂

  6. Ruang publiknya Jaksel ini bagus-bagus ya bang, saya baru tahu ketika baca postingan ini loh..
    suka banget lihat foto yang lagi baca buku di bawah pohon.. Keliatan kalau mereka memanfaatkan ruang publik ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s