Menikmati Jakarta, Menikmati Taman2 di sekitaran Menteng

tsmsn menteng1

Enjoy Jakarta…
Gimana biar enjoy….??? menikmati kota Jakarta yang hiruk pikuk, panas, polusi dan macet.
Kalau uang tidak masalah … banyak tempat2 yang oke .. the best money can buy di Jakarta ini. Tapi kalau mini bahkan micro budget … Menikmatinya secara outdoor… kalau indoor… ya ke mall aja .. outdoor di jakarta dimana yang nyaman  ..

Weekend saat yang tepat, lalu lintasnya tidak seramai hari kerja paling tidak.
Gowes sekalian cari keringat dan pergi tempat yang masih terasa udaranya segar dan… masih ada paling tidak sedikit aroma kesejukan meskipun ada di daerah Jakarta yang panas ini. Dimana ya… tempat seperti itu di Jakarta ?

Slide2

Biar terasa berolah raganya jadi sengaja memutar melewati area CFD sudirman… Pas melewati area Sarinah…. wah.. rame bangettt, lebih dari biasanya…. di area terjadinya teror bom Sarinah…. banyak karangan bunga belasungkawa, orasi2, pawai2…. bahkan menjadi tempat selfie dengan pose favorit …dua jari tangan dimuka.

Slide3

Sepeda mengarah ke daerah menteng… saya suka bersapedahan di daerah elit ini…. bukan sok ingin disebut anak menteng … karena pasti ga ada yang percoyo… meskipun saya bukan anak menteng… – sudah tahu lageee, mbulet ajaa.

Kalau ingin gowes nyantai rileks…. saya kluyuran di sekitaran perumahan elit Menteng. Daerahnya sepi… rindang.. pohonnya besar2… udaranya segarrr… dan aman…. gimana ga aman… rumah disini se-gede2 gaban… dan umumnya ada petugas security-nya …
Selain rumah yang wah dan gede2… kalau dibanding perumahan di komplek saya, satu rumah disini ukurannya kurang lebih sama dengan satu blok di tempat tinggal saya … tapi nilai 1 rumah … bisa senilai 3 blok …. gile yeee. Kalau dibandingkan tempat anda … dikonversi jadi berapa blok …. ah sudahlah .. sekecil kecil dan sederhananya rumah kita tetap home sweet home .. iya nggak .. ya nggak …
Herman-nya… disini ada beberapa rumah yang dibiarkan kosong dan hancur… mungkin yang punya kaya bangett, rumahnya banyak bangett.. jadi lupa punya rumah dimana aja, kayak paman gober gitu … coba ya.. kasih ke saya… saya mau koq … ga apa2 sudah rusak begitu… saya ikhlas nerimanya… :p

Slide8

Kembali ke topic …. Sepedaan disini.. bener2 menikmati setiap kayuhan…
Ada tukang bubur di pinggir jalan… dikerubungi anak2 motor.. anak2 Harley…. weyyy
Lalu ada rombongan anak2 motor lain lewat … anak2 Ducati… kerenn
Yah wajarlah di daerah sini gitu …

Jika gowes di area sini, saya suka mampir ke taman yang ada di daerah ini untuk beristirahat, menikmati kerindangan … sambil ngobrol2 santai sama temen gowes. Saya juga suka bawa keluarga main2 ke taman2 didaerah ini … Asyikklah pokoke.

Taman2 yang ada disekitaran menteng adalah taman2 incumbent, taman2 existing… taman2 lawas… sudah lama ada …. sekarang semakin terawat, lebih bersih dan lebih teratur.

Taman Menteng
Jl Hos Cokro Aminoto, Jakarta Pusat
Koordinat google maps -6.195966, 106.829110
Dulunya adalah stadiun sepakbola Persija. Sejak 2007 berubah menjadi Taman Menteng. Letaknya di sisi jalan utama mudah ditemukan, tempat parkirnya luas… disediakan gedung parkir bertingkat.
Fasilitasnya lumayan oke ; 2 rumah kaca untuk acara2, toilet, tempat bermain anak2, lapangan basket dan futsal. Taman Menteng ini tidak terlalu ramai, disini lebih banyak abg yang memanfaatkan lapangan untuk berolah raga.

Slide4

Slide5

Taman Kodok
Jl Sidoarjo, Jakarta Pusat
Koordinat Google maps -6.197465, 106.829863
Posisinya tepat disebelah Taman Menteng. Banyak jajanan yang enak2 disekitaran sini. Taman Kodok ini tidak besar… Dinamakan Taman Kodok karena ada 4 patung kodok .. simple banget ya ..
Dari mulut kodok tersebut akan muncul air mancur yang menari … Atraksi air mancur menari ini setiap beberapa jam sekali … sayang waktu datang .. sedang tidak ada konser ..
Disini disediakan tempat duduk cukup banyak untuk menonton air mancur menari.
Tidak banyak orang yang bermain ditaman ini, bisa dibilang sedikitlah..

Slide6

Slide7

Taman Suropati
Jl Suropati, Jakarta Pusat
Koordinat google maps -6.199625, 106.832517
Taman Suropati adalah taman yang paling ramai… meskipun tidak crowded, banyak sekali keluarga bermain kesini, yang olah raga muter2 taman banyak… yang pacaran juga ada. Di taman ini banyak barang2 seni… patung2 karya seniman dari beberapa negara Asean, kolam air mancur, lantai berbatu untuk refleksi telapak kaki. Taman ini sudah ada sejak zaman Belanda, pohonnya sudah tua, besar2 dan tinggi…. rindang dan adem, sangat nyaman deh bersantai disini.

Slide10

Slide9

Taman Situ Lembang
Jl Lembang
Koordinat google maps -6.197745, 106.834833
Kalau mau mancing … cocok deh bermain kesini… mancing gratis.
Tidak terlalu ramai… nyaman deh bermain kesini… pacaran atau bawa keluarga. Ada tempat bermain anak2, ada fasilitas alat2 ngegym, toilet juga ada… bersih… enak kan… mau apa yang dicari…. #BanyakLageee

Slide11

Taman2 tersebut biasanya pada hari2 tertentu digunakan oleh komunitas2 untuk berkumpul. Sekaligus bisa menjadi hiburan bagi pengunjung taman, ada komunitas inline skate, running, yoga, music, otomotif, belajar dll.

Semoga di Jakarta semakin banyak taman2 baru… kalau bisa sih yang thematic seperti di Bandung dan Surabaya… Taman sangat penting sebagai paru paru kota dan sekaligus sebagai ruang public yang menyenangkan. Sudah semakin banyak orang maupun keluarga yang pergi bermain ketaman, meskipun masih sangat banyak lagi yang tidak terbiasa bahkan belum pernah atau tidak tertarik untuk berekreasi ketaman. Teman bertanya “kemana ya bawa main keluarga, bawa jalan2 … yang ngga terlalu boros ..??” “main main aja ke taman2 … oke tempatnya “. Tampang teman langsung herman … padahal dia bukan pak herman lho ..

Di Jakarta sebenarnya ada banyak taman2 yang bagus dan nyaman … hanya tidak populer saja, kalah populer sama mall mall.

Ayo rekreasi ke taman2 .. tidak membutuhkan biaya yang besar .. bener2 minim budget … banyak hal yang bisa dilakukan di taman ; berolahraga, mengajak anak2 bermain di playground, mini picnic .. atau bersantai santai saja …. atau hanya cari udara segar di kota … atau .. atau …. banyak deh … yang pasti bagi saya .. moment-nya … priceless.

Slide12

Minggu 17 Januari 2016

Iklan

52 thoughts on “Menikmati Jakarta, Menikmati Taman2 di sekitaran Menteng

  1. Taman surapati lumayan keren. Persis banget ditengah kota. Apalagi dekat sama masjid Sunda Kelapa. Baru tau ada taman Situ Lembang. Mungkin lantaran belum pernah lewat sana atau kurang perhatian.

  2. Uwaaaah banyak bener orang di depan sarinah pas car free day yah, ga nyangka. Terimakasih udah dibikinin list, nanti kalau ke Jakarta lagi pengen main ketaman kota. Di Jogja kami hanya punya sedikit dan kecil-kecil 😦

  3. Di antara semuanya, paling suka sama Taman Suropati. Dari pertama datang ke Jakarta udah suka aja. Kalau yang lain sih, meski populer juga, tapi rasanya kok akses ke sana gak semudah Suropati. Bisa turun bis kota langsung. Taman Menteng OK sih. Tapi ruame pol. Taman Kodok baru tahu aku hehehe. Klo situ Lembang itu malesinnya lihat orang mancing. Gak tau sih, mungkin karena gak suka mancing aja 🙂

    • taman suropati memang paling strategis .. dan paling adem …
      ini juga taman favorit saya .. pilihan utama saya kalau ngajak keluarga jalan2
      … kalau taman lembang … anak2kan suka mancing2 iseng .. cocok juga dibawa kesini hehe .. gratis ..

  4. baru pernah ke taman menteng sama taman kodok aja yg dibelakangnya hehe,emang asik daerah menteng masih lumayan rindang pohonnya:D
    Btw ga ada niatan pindah ke wordpress self-hosting pak? sekalian bisa monetize juga kan blognya rame nih hehe

  5. sering lewatin taman menteng tapi nga pernah singgah. hny entah kenapa aku agak menyayangkan rumah kaca yang ada di taman menteng ini kenapa harus rumah kaca sich hiksss.. kalau taman situ lembang aku beneran baru tau dan kayaknya enak juga yach neduh di taman situ lembang.

  6. Sukaa sama foto fotonya, dan betapa bagusnya blog ini review tempat tempat segar di jakartaa.. saluut

    Btw itu I like the way you add a watermark in your photo, keren ! ^^

  7. Ini sisi lain dari kota metropolitan Jakarta, yang biasanya hanya ditampilkan gedung-gedung megah. lewat blog ini saya jadi tahu ternyata Jakarta masih enak buat hang out bareng temen-temen, banyak taman yang indah juga. keren dah pokoknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s