Keunggulan Bukit Unggul ; Wisata Kebun Kina, Curug Batu Sangkur dan Situ Sangkuriang

Slide1

Sudah lama tapi tidak popular, tidak banyak orang Bandung yang tahu … itulah Bukit Unggul.
Bukit Unggul apaan … ??

Saya coba menjelaskannya secara mudah, jadi begini …. pada zaman dahulu di galaxy yang sangat sangat jauh … aahhhh kelamaan.. Jadi saya putuskan saja kesana untuk menengoknya – emangnya siapa yang sakit #@%!

Berangkat agak telat … baru start jam 7 kurang, soalnya body koq … undelicious ya … Sudahlah pokoknya jalan. Melewati simpang dago, ke jalan mang jaja alias jajaway alias dago giri alias dago bengkok. Tanjakannya asyik banget disini … santai aja gowes .. melewati resto yang popular … Lawangwangi creative space … ehh sudah pernah makan disini belum …? saya belum lho …

Slide2

bukit yang terlihat ada warung2nya adalah daerah Punclut Ciumbuleuit

Terus aja gowes .. eh ngelewatin lagi warung yang sekarang hit … unik bentuknya .. warung Salse … tergoda pengen mampir … ah nanti ajalah …. alesan sih padahal ga ada duit … tapi masih penasaran … kalau penasaran juga bisa dicheck reviewnya di blog fasyaulia.

Slide3

yuk nyalse -nyantai – disini sambil makan

Slide4

di pinggir jalan ada patung2 unik .. mungkin rumah seorang seniman

Sepanjang jalan ini sekarang muncul cafe2 … suasana dan view sangat mendukung … apalagi jalan ini menjadi jalan alternatif kalau mau ke Lembang, jadi tidak perlu melalui jalan Setiabudi yang ramai. Cukup banyak yang tahu … sudah mulai ramai mobil2 lewat mengarah ke Lembang … apalagi saat ini lagi long weekend , Bandung dan Lembang pada macet.

Mendekati ujung jalan alternative ini.. harus melalui satu tanjakan yang masuk kategori GILA … kendaraan bermotor aja banyak yang ga kuat nanjak disini. Supaya aman .. kendaraan bermotor harus ngegas kencang dari bawah … berharap kosong, kalau sampai berhenti .. bisa nggak kuat nanjak.

Dengan keteguhan hati … ketabahan .. dan terus menunduk kebawah … melihat aspal … soalnya kalau lihat ke depan … akan langsung drop. Beratttt bangettt, pas body lagi nggak fit.. sedikit lagi .. sedikit lagi … terus saja ucapkan …. akhirnya sampai juga di atas .. yeayyyyy ..

Dari sini jalanan mulai menurun .. masuk ke jalan raya Maribaya Lembang .. melewati Burgundy dine and wine .. koq .. tempat2 makan yang bagus mulu yang saya sebut … mungkin karena laper … atau pencitraan biar dikira berkelas … Selepas resto ini jalanan menurun curam ke bawah … sampai ke dasar lembah di tempat wisata Maribaya Lembang …

Slide6

jalanan menurun menuju lembah Maribaya

Wahhh … ternyata sekarang tempat wisata Maribaya jadi lebih wah .. berdeda … banyak sekali karangan bunga berjejer di pinggir jalan .. kayaknya baru diresmikan .. relaunching Maribaya … tiket masuknya saya lihat 35 ribu/orang. Penasaran .. kapan2 masuk kesini ah ….

Slide5

Maribaya berubah …. di perbaharui, terlihat lebih rapi dan menarik

Setelah melewati Maribaya .. jalanan mulai menanjak .. tapi suasananya sangat menyenangkan .. disisi kiri tebing curam yang hijau dan sisi kanan jurang hutan lindung Tahura Juanda. Mengingatkan seperti di dearah Cadas Pangeran Sumedang atau Lembah Anai di Padang, meskipun jurangnya tidak sebesar di kedua daerah tersebut.

Slide7

kondisi jalan yang adem … selepas Maribaya menuju desa Cibodas

Selepas area ini .. memasuki perkampungan Cibodas, perkebunan sayur sayuran, masuk disisi hutan raya lagi dan akhirnya sampai di perempatan yang areanya di penuhi pohon2 kina. Ada petunjuk arah untuk menuju Wisata Kebun Kina Bukit Unggul.

Dari sini jalanan sedikit menanjak dengan karakter jalanan berbatu batu. Jalannya sepi .. adem karena kanan kiri di naungi pohon2 kina. Di daerah jalanan perkebunan ini .. disalip oleh mobil double cabin yang membawa sepeda2 MTB yang diirinigi mobil bagus … kayaknya mereka hendak bermain MTB di daerah Palintang atas. Waktu di perempatan jalan masuk saya ketemu mereka sedang berhenti … saya kring2 .. mereka diam.. hanya melihatin saja … tanya kenapa … mungkin mereka cuek

Slide8

perjalanan di area perkebunan kina yang menuju Palintang dan Ujungberung

Slide9

Pertigaan ; kekiri menuju wisata kebun kina dan ke kanan menuju Palintang

Tidak lama sampailah di pertigaan yang menuju Bukit Unggul, menanjak lagi dan sampailah di portal gerbang … Portalnya ditutup, ada loket dan penjaganya. Tertulis tiket masuk Rp 5.000,-. Saya tersenyum … dan dibiarkan begitu saja saya untuk masuk tanpa bayar … apa karena senyum saya yang begitu menawan …. atau kasihan … ah masak sih kasihan …. #GarukKepala.

Slide10

jalan setelah perkampungan pekerja menuju Curug Batu Sangkur

Pabrik Kina terlihat di lembah dan ada penangkaran rusa di kiri jalan. Setelah melewati perumahan pekerja .. tibalah di area Curug Batu Sangkur. Disekitar areanya ada parkiran yang cukup luas, taman dan kolam … sepiii. Dan …. curugnya tidak ada air …. tidak ada air … ya tidak ada air …. yang tetap ada adalah batu-nya, Batu Sangkur .. Padahal sudah mulai masuk musim hujan.

Slide11

taman di area curug Batu Sangkur

Slide12

Curug Batu Sangkur yang kering .. tidak ada airnya

Slide13

jika ada airnya dan terawat .. terlihat sangat indah …

Kelihatan taman disekitar area ini kurang terawatt … Dulu pernah kesini … dulu tamannya masih oke .. tapi waktu itu juga sepi.. ya mungkin karena kurang banyak pengunjungnya .. sehingga dana pemeliharaan jadi tersendat ..

Disekitar area ada saung2 yang cukup tersembunyi oleh tumbuhan … ketika mendekat .. saya kaget … ada sepasang makhluk …. lagi bobogohan – pacaran …. “ganggu aja sih …. “ mereka merasa terganggu … ya saya segera menghindar …. Enak benerr … tempat sepi, adem, hijau … cucok untuk bobogohan …. tapi ini masih pagi lho … #Protess

Saya menjauh dan menuju Situ Sangkuriang, posisinya ada di lembah dekat area pintu masuk. Didekat sini ada camping ground. Ada sekelompok pecinta alam sedang briefing ..
Sebenarnya ini adalah danau buatan, dinamakan situ sangkuriang … karena di hikayatkan Sangkuriang menebang pohon untuk membuat perahu untuk mempersunting Dayang Sumbi diambilnya dari daerah sini … jadi bikin perahunya dari pohon kina gitu …..

Slide14

jembatan di sekitar situ sangkuriang

Slide15

menikmati kesegaran di pinggir danau

Slide16

Dam di situ Sangkuriang

Area perkebunan Kina ini adalah milik PT. Perkebunan Nusantara VIII, disekitar sini terdapat wahana flying fox, jembatan gantung, dll-nya. Kalau mau menginap disini bisa camping atau menyewa rumah penginapan yang bergaya colonial.

Bukit Unggul kadang disebut juga Bukit Tunggul, mana yang benar … mungkin dahulunya bernama Bukit Tunggul, kemudian berubah .. coba check aja di akte kelahirannya .. 🙂 . Tempat ini lebih cocok untuk yang suka menikmati alam … piknik, hiking atau camping di tempat yang tidak ramai atau crowded. Udaranya cukup sejuk karena ada di ketinggian di atas 2.200 meteran. Di saat long weekend di akhir tahun ini … tempat2 wisata di bandung dan lembang pada macet …. lah disini malah adem ayem … sepiii ..

Slide17

Tanjakan GILA …. dari foto tidak terlalu terlihat kemiringannya. Mobil2 berguguran … mobil putih di tengah tidak kuat nanjak, penumpangnya harus pada turun. Motor di samping juga tidak kuat nanjak, akhirya dibantu didorong ke atas.

Saat perjalanan pulang … body semakin kurang fit …. untung lebih banyak turunan … tapi di tanjakan lembah maribaya bener2 terasa berat .. plus sengatan sinar matahari siang yang garang … akhirnya dapat dilalui sampai tanjakan di daerah jalan alternative Dago Lembang. Dari sini jalanan akan menurun tajam ke bawah. Wuiii … tapi di turunan ini … sedang seru2-nya …. banyak mobil yang sedang menanjak tidak kuat … bahkan mobil sekelas **jero pun … megap megap … kalau mobil terhalang dan berhenti di tanjakan .. akan kesulitan untuk naik … para penumpang harus turun … dan dari bawah semakin banyak mobil berdatangan dengan rata2 berpenumpang penuh – maklum long weekend – yang berhenti untuk mengantri menanjak … wah … bakalan tambah heboh …. saya sih meluncur terus kebawah dengan riangnya.


Bukit Unggul , daerah Maribaya – Cilengkrang kabupaten Bandung.
Koordinat google maps -6.836357, 107.730088

Sabtu 26 Desember 2015

Iklan

31 thoughts on “Keunggulan Bukit Unggul ; Wisata Kebun Kina, Curug Batu Sangkur dan Situ Sangkuriang

  1. Kaaaang aku pernah ke Bukit Tunggul jugaaaak. Seru cuma jalan nya batu-batuan 😦 di deket situ sangkuriang ada bagian yang fotoable loh tapi tersembunyi gitu hehehe.

    Ah iya, itu Maribaya baru dibuka lagi ya setelah lama ditutup. Dalemnya bagus katanyaaa. Mau banget kesana.

    Jauh banget kayanya kang kalau berangkat dari Lembang, aku berangkat lewat uber (ujung berung), lewat jalan belakang pasarnya gitu. Naik naik naik teruuuus~ naik motor 30-40 menit sampe.

    • wah di daerah situ-nya ada tempat foto keren ya … sayang terlewatkan …. next time

      saya juga penasaran dengan new maribaya …. lihat foto2nya sih memang jadi lebih menarik … kesini ah

      dulu pernah dari ujung berung naik terus ke palintang .. melewati bukit unggul … tanjakannya lebih berattt kalau pakai sepeda … hampir dua jam-an …

  2. aiiih, dahsyat bener petualangannya mas 🙂

    kalo ga salah, dari jatihandap atau padasuka, bisa tembus deh *cmiiw, secara dulu sering main ke sana waktu masih abg
    he he he

    oh ya, cerita gini naik sepeda bikin saya penasaran
    keren mas

    • 🙂 .. terimakasih mas choirul
      kayaknya memang dari jatihandap atau padasuka bisa tembus kesana … tapi harus melalui jalan setapak,
      bisa juga sih melewati jalan mobil .. tapi akan memutar mutar terlebih dahulu … saya lihat dari google maps sih ….

  3. aiiih, dahsyat bener petualangannya mas 🙂

    kalo ga salah, dari jatihandap atau padasuka, bisa tembus deh *cmiiw, secara dulu sering main ke sana waktu masih abg
    he he he

    oh ya, cerita gini naik sepeda bikin saya penasaran
    keren mas.

  4. wih… seger om lihat yg ijo-ijo…
    btw, ngedit fotonya pakai apa om buat nambah2 teks-nya… niat banget euy… tapi tambah keren kok, teks selalu senada dengan fotonya. top banget dah…

    • keren ya jalur crop circle .. sering lihat fotonya tapi belum pernah.
      Pernah juga gowes ke bukit unggul lewat ujung berung terus ke palintang dan turun kebun kina, tapi lewat jalan mobil terus ga ngelewatin crop circle ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s