Sungai Indah Dalam Kota ; Taman Sungai Cikapayang dan Teras Cikapundung

Slide1

Makin banyak public space di Bandung yang asyik dan dapat dijadikan tempat bersantai, ngobrol2, ngupi2 .. tempat selfie. Semakin banyak pilihan tempat untuk melakukan aktifitas outdoor di Bandung.

Mumpung lagi ada di Bandung, gowes nyantai sambil melihat sungai2 yang kabarnya sedang dilakukan program revitalisasi. Sudah menjadi kelaziman … kalau sungai di kota kota banyak sampahnya, butek dan bau. Kalau sungai yang sudah hancur begitu dan terjadi pembiaran bertahun tahun sehingga menjadi tambah parah .. dan sekarang berubah … wah hebat dong … top markotop … angkat jempol dua … bahkan kalau perlu 3, 4, 5 … maunya berapa jempol … sini saya kasih ..

Slide2

Slide3

Tak butuh waktu lama sudah ada di jalan Merdeka, tepat di samping kantor walikota Bandung.
Wuiihhh … pangling euy … kerennn. Nyaman banget duduk2 dipinggir jalan ini. Desainnya bagus .. dibuat beberapa dam dam kecil untuk membuat aliran airnya lebih dramatis …. sayang airnya sedang tidak banyak .. Ayo main2 kesini … sekalian bawa minuman dan camilan .. menikmati suasana kota dengan nuansa outdoor yang berbeda … Enaknya kalau duduk2 disini … karena adanya pohon2 baru yang ditanam .. sehingga agak sedikit terhalang dari pandangan orang yang berlalu lalang naik kendaraan sekaligus pepohonan dan tanaman tersebut menahan debu2 jalanan. Taman-nya sudah bagus dan indah, tempat sampah disediakan, papan pengumuman ada .. kalau sampai masih menyampah sembarangan .. memang kebangetan … #DitabokOrangSekampung

Slide4

Slide5

Menurut info, sungai Cikapayang ini menjadi sungai percobaan dan percontohan dalam pengolahan air sungai sehingga menjadi lebih jernih dan bersih. Nantinya akan diterapkan ke sungai yang skalanya lebih besar yang ada di kota Bandung.

Slide6

Slide1

updated 28 feb 16, berhubung waktu pertama kesini, taman ini belum jadi

Slide3

sungai dangkal ini adalah spot untuk bermain air

Slide2

Gowesan lanjut … mengarah ke sungai Cikapundung … sungai utama yang membelah kota Bandung. Ada tempat yang sedang diperindah … di daerah jalan siliwangi … namanya Cikapundung Promenade ada juga yang menyebut Amphitheater Cikapundung atau Teras Cikapundung. Tak butuh pakai lama, saya sudah sampai disini. Berhubung tempatnya masih dalam pembangunan alias belum jadi total … tidak dipebolehkan masuk.

Slide7

Tapi tempat ini memang kerennnn …. Dua sampai lima jempol lagi …. Wah bakalan jadi tempat destinasi wisata baru yang ngehitss .. tempat wajib selfie, kalau belum selfie disini … artinya ketinggalan jaman.

Slide8

Slide9

Sebenarnya tempat ini memang sudah keren dari dulu … dilembah yang ada aliran sungai dan masih dipenuhi pepohonan seperti hutan kecil dilereng bukit. Tapi dibiarkan begitu saja … tidak diurus. Sekarang diurus dan dipercantik … didesain sangat menarik, di dua sisi sungai dibuat taman yang bagus dan ada jembatan untuk menuju taman diseberang sungai. Disini ada amphitheater dengan podium untuk pertunjukan. Dan ada plaza yang cukup luas yang bisa dijadikan untuk mengadakan kegiatan2.

Slide10

Info dari internet disebutkan bahwa tempat ini dibangun melalui bantuan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC). Proyek ini merupakan bagian dari restorasi sungai Cikapundung dan menjadi salah satu kawasan di Asia yang memiliki ECOTECHNO RIVERPARK di tengah kota. Nantinya akan dilengkapi fasilitas ; jogging track, Natural area, food court dll. Area proyek ini memanjang dari Babakan Siliwangi sampai ke Bendungan Leuwi Limus yang akan dijadikan untuk luncuran rafting dan tubing. Wuihhh .. hebat rafting di tengah kota Bandung .. kapan ya bisa dipakai rafting  ….

Sudah lama kita memunggungi sungai
Sudah saatnya kita menghadap ke sungai
…. Eh gimana sih … kayaknya salah kalimatnya … ya sudahlah pokoknya begitu

Slide11

Taman Sungai Cikapayang. Jalan Merdeka Bandung
Koordinat Google Maps -6.910153, 107.610555

Cikapundung Promenade / Amphitheater Cikapundun, Jalan Siliwangi
Koordinat Google Maps -6.884395, 107.607170

 

Kamis 24 Desember 2015

Iklan

22 thoughts on “Sungai Indah Dalam Kota ; Taman Sungai Cikapayang dan Teras Cikapundung

  1. saya baru beberapa kali ke Bandung..
    melihat trotoar di sekitar Masjid Raya dan Braga bikin takjub.. lengang dan bersih 😀
    semoga dilain kesempatan bisa kembali ke Bandung mengunjungi Cikapayang da Cikapundung 🙂

    • di bandung sekarang banya public area yang bersih dan kerenn
      tempat nyaman untuk bersantai .. dan gratis pula …. hehe
      katanya untuk mendorong orang bandung senang bersosialisasi tatap muka dan senang berjalan kaki ..

  2. Baru tau nih klo di Bandung ada jembatan yang digantungin kunci juga. Dulu pas ke sini sih airnya emang butek. Cuma klo untuk yang bening banget kayaknya masih butuh waktu deh. Kali Besar Barat di Jakarta aja kayaknya juga masih lama beningnya hehehe 🙂

    • air di sungai cikapayang ini .. diproses dan diolah menjadi cukup jernih lho .. kerenn

      katanya sih kalau berhasil .. teknologi ini akan di aplikasikan ke sungai2 lainnya, mudah2-an juga ke sungai2 di kota lainnya … yahh .. tergantung walikota dan bupatinya di kota2 tsb sih

  3. Beberapa sungai di dalam kota, sekarang sudah di perbagus, tapi bandung keren lah, ga kalah sama surabaya yang ada taman buat skateboard di pinggir sungainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s