Sepedahan Agustusan

Slide1

Senin libur .. horeee
sepedahan ah …

Senin pagi jalanan sudah ramai oleh siswa siswi, pegawai negeri yang mau upacara… mungkin ada juga yang berangkat kerja.

“Sing lio upacara, gawe… lha… wong iki pit pitan… kumaha ieu teh cep … ?”
Apalagi saat ini bangsa Indonesia lagi merayakan Dirgahayu RI ke 70… Slogan “Ayo Kerja” digadang-gadangkan… kalau begitu saya juga mau kerja ah … ehh… Sesepedahan itu kerja atau main sih??
Biarlah para ahli yang menjawabnya

Yaaahh… daripada menjadi polemik dan perdebatan para ahli… saya tetapkan untuk mengikuti para pejabat aja…. melakukan napak tilas proklamasi …. wiwww kerennn …. meskipun sasapedahan tapi masih ada nuansa proklamasinya.

Sepeda mengarah ke jalan imam bonjol… menuju rumah dimana naskah proklamasi dirumuskan.
Perjalanan melewati sekolah2 dan kantor2 pemerintahan yang bersiap siap melakukan upacara.
Sesampai di rumah laksamana Maeda yang sekarang menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi…. terlihat kesibukan orang2 yang sedang menyiapkan tempat tersebut…. mungkin akan ada acara nanti… mau foto2… ga nyaman ah… mereka sibuk banget… koq ini ada orang datang foto2… he he
Foto saya tampilkan ketika beberapa waktu yang lalu datang kesini.

Slide2

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Slide3

Menurut informasi ;
Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini menjadi tempat kediaman Laksamana Muda Tadashi Maeda, Kepala Kantor Penghubung antara Angkatan Laut dengan Angkatan Darat Jepang.
Pada tanggal 17 Agustus 1945 para tokoh – Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo – berkumpul di ruang makan untuk menyusun teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dari pukul 02.00 – 04.00 dini hari, pada hari Jumat, bertepatan dengan bulan suci Ramadan. Di ruang depan hadir B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro.

Slide4

Setelah dari sini, saya lanjutkan gowes napak tilas menuju tempat pembacaan naskah proklamasi. Gowes didaerah menteng ini nyaman … sepi, adem .. banyak pohon2 …. sambil lihat2 rumah2 yang gede2 banget … garasinya aja lebih besar dari rumahku … ck ck ck …

Tidak lama .. karena jaraknya ga jauh koq …. tibalah saya di tempat pembacaan naskah proklamasi yaitu di halaman rumah bung Karno di jalan pegangsaan 56. Saat ini kondisinya sudah berubah …. nama jalannya menjadi jl Proklamasi dan rumah Bung Karno sudah tidak ada lagi … sekarang menjadi Monumen Taman Proklamasi (kabarnya Bung Karno sendiri yang membongkar rumah tersebut pada tahun 1962).

Saat tiba di taman proklamasi ini … sudah ramai …. sedang ada upacara peringatan Proklamasi RI. Saya tidak bisa masuk kedalam … hanya lihat2 dari luar pagar saja.

Slide5

Slide7

Slide8

Upacara peringatan kemerdekaan RI di Monumen Proklamasi

Hari jumat 17 Agustus 1945 jam 10.00 di sinilah dibacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI dan pengibaran Bendera Merah Putih yang sehari sebelumnya di jahit oleh ibu Fatmawati Soekarno di rumah tersebut.

Slide6

Di area ini terdapat tugu/monumen proklamasi dan tugu petir. Rumah Bung Karno dulunya terletak di lokasi yang sekarang didirikan Tugu Petir. Disanalah Bung Karno membacakan teks proklamasi, jadi bukan dilokasi patung Bung Karno – monumen tugu proklamasi – yang ada saat ini.

Slide9

Selesai sudah gowes napak tilas …. gowes pulang melalui pinggiran BKT (banjir kanal timur) … sepi … pohon2nya sudah lumayan besar … rindang … tergoda untuk rehat sejenak disini.

Ayo kerjaaa…. eh… sesepedahan lagi..

Slide11

Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jl. Imam Bonjol no. 1 Jakarta
Lokasi koordinat google maps -6.200411, 106.831087

Monumen Proklamasi, Jalan Proklamasi Jakarta
Lokasi koordinat google maps -6.202787, 106.846745

Senin 17 Agustus 2015
70 tahun kemerdekaan RI

Iklan

31 thoughts on “Sepedahan Agustusan

      • kadang2 kangen juga Kang pingin hormat ke bendera, kapan lagi klo bukan pas upacara. Dulu itu malah aku sama kawan2 pesepeda pernah nggelar upacara 17an sendiri di tengah malam, hahaha 😀

      • ihhh keren banget ngadain upacara 17-an sendiri …. di hutan pula .. ck ck ck
        bener2 jiwa patriotisme yang tinggi …. tapi bener sih …. saya juga waktu ngeliatin yang upacara di monumen proklamasi jadi kangen … kepengen ikutan baris disana …

    • sempetkanlah main kesini …. sekarang2 museum2 seperti ini bener2 terawat .. bersih dan ada patung2 sebagai peraga … biar semakin terasa momen-nya … yang paling berkesan menurut saya sih museum Jend AH Nasution .. di jalan teuku umar …

  1. Kapan ya terakhir aku mengunjungi tempat ini, heheha ketahuan, kayaknya waktu saya SMA dulu.
    terakhir upacara juga waktu SMA, alamakkkkkkk . Kalau datang ke tempat ginian semangat nasionalisme jadi tepupuk subur dalam hati ya…. Semoga menumbuhkan semangat membangun negeri juga. 🙂

  2. kebanyakan dari kita kayaknya upacara bendera terakhir waktu SMA … senasiblah kita mba … 🙂
    memang terbawa suasana …. kalau datang ke museum2 perjuangan … menggelorakan semangat kita
    AYO KERJA …. jangan sesepedahan mulu

    • dari foto terlihat seperti miniatur ya …. padahal itu patung ukuran sebenarnya, skala 1 : 1 …. jadi melihatnya asyikkk .. seperti suasana real ….. beberapa museum perjuangan di jakarta … patung2 peraganya skala 1 : 1 .. kerenn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s