Mencari keteduhan di Hutan Kota Penjaringan

Slide9

hutan di Jakarta … ? setahu saya sih ada beberapa yang di klaim sebagai hutan.
Salah satu hutan adalah di pinggir tol bandara. Dulu tempat ini daerah kumuh .. lalu menjadi kebun pisang … dan berubah lagi menjadi taman hutan kota.
Jika perjalanan ke bandara … membayangkan seperti apa sih di dalam sana … sudah terlihat rapi. Googling juga tidak terlalu banyak informasi mengenai hutan kota ini.

6.01 sepeda meluncur dari rumah, melewati jatinegara, senen dan pasar baru … eh Gedung Antara yang dahulu rusak terbengkalai sekarang sudah bagus … menjadi Museum Pers Antara. Berdasarkan sejarah … gedung ini sangat berperan penting untuk menyebarkan kabar Indonesia telah merdeka ke seantero Indonesia dan dunia. Berita tersebut disiarkan/dibacakan jam 19.00 tanggal 17 Agustus 1945 melalui radio berita Domei yang berlokasi di gedung ini oleh Jusuf Ronodiputro. Kantor berita tersebut pada 1962 berubah nama menjadi LKBN Antara.

pasarbaru

Slide8

Selepas Pasar Baru .. masuk ke jalan gajahmada dan gps mengarah belok ke jalan kecil .. dan tiba tiba menjadi ramai … penuh orang .. wehh .. ini adalah pasar tradisional … banyak ibu2 …. cuman yang membuat berbeda … kebanyakan adalah turunan tionghoa … serasa di hongkong …

Seumur2 belum pernah saya blusukan di daerah kota jakbar ini… menikmati masa2 pertama dengan celingukan kanan kiri… beberapa kali menemukan klenteng2 kecil, sesuatu yang tidak pernah saya temukan di daerah saya tinggal.

Kemudian menyusuri sisi sungai dengan pemandangan tipikal… rumah2 kumuh di pinggir sungai.. hanya sekarang sungainya relatif tidak banyak sampah.
Tibalah di bawah tol dalam kota. Perjalanan dilanjutkan menyusuri pinggir sungai dan melewati perkampungan kumuh dan sampailah di gerbang ” Hutan Kota Penjaringan ”

Slide7

Area parkirnya cukup luas. Masuk taman gratis… jam menunjukkan 7.28… koq sepi ya…
Ga… heran juga kalau disini sepi…. tidak ada papan petunjuk dari jalan raya untuk sampai kesini. Akses masuknya melalui perkampungan kumuh… yang membuat banyak orang malas dan ragu untuk masuk.

Slide1

Kabarnya luas taman kota ini 13,6 ha… luas juga ya. Berbagai jenis pohon ditanam disini, pohon2nya belum tinggi besar, tidak terlalu banyak tempat yan teduh … tinggal menunggu waktu saja untuk menjadi tinggi besar, lebat dan teduh.

Slide4

Kondisi hutan kota ini bersih, terawat… udaranya segar… menyusuri paving blok dan sampai di menara pantau… yang cukup tinggi.
Hanya ada 2 – 3 orang yang jogging di hutan kota seluas ini… sepi…
Meskipun sepi tapi… aman.. tidak usah takut dan gelisah… di depan ada pos penjagaan dan ada beberapa penjaganya.
Di papan petunjuk tertulis “Pemancingan” .. gowes mengikut paving blok yang sejajar dengan tol bandara…. ternyata di dalam sini masih ada area perkampungan kumuh para pemulung…. koq bisa ya… saya kira sudah bersih semuanya. Gowes pelan.. dan pasang senyum … tebar pesona…
Keluar dari area kampung pemulung ini kembali ke suasana hutan kota… pohon2…. hanya di sisi kanan atau tepat pinggir tol ada kolam panjang… rawa kali ya.. ada beberapa bagian yang di petak2 dan dijadikan kolam pancing… kalau mau mancing… ya mesti bayarlah… ada orang yang menjagainnya.

Slide6Sayang disini tidak dibangun fasilitas2 penunjang yang menambah daya tarik hutan ini… mungkin sudah dipikirin tapi belum dilaksanakan.

Slide5

Slide3

Saat akan pulang ada kelompok pesilat yang berdatangan kesini… sepertinya mau latihan.
Gowes pulang saya pilih rute jalan raya saja… menyusuri pinggir tol menuju semanggi, cawang dan kalimalang…. pokoknya lurus terus aja.

tolKetemu dengan convoy supercar… suara khas mesin balap…. wah kalau saya bisa nebeng salah satunya aja…. pasti cepet banget sampai cawang…. 🙂
9.48 sampailah saya dirumah.

Lokasi koordinat google maps Hutan Kota Penjaringan -6.134318, 106.784837

Slide10

Minggu 16 Agustus 2015

Iklan

12 thoughts on “Mencari keteduhan di Hutan Kota Penjaringan

  1. Tempat-tempat “tersembunyi” semacam ini emang ketemunya pas ngeliat dari atas via Google Map atau Wikimapia ya Kang? Dan hanya orang-orang penasaran dan niat yang kiranya sudi mampir ke sini, hehehe. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s