Curug Dago yang terlupakan

cpvdag

Tanya saja orang Bandung “dimana curug dago? “…. ” APAAA …. emang di dago ada curug… koq ngga ada yang ngabari saya…. ” atau ” penting ga sih …. pernah denger2 … ada di dago… tapi ga tahu dimana …”
Pada Zaman dahulu .. curug ini sangat kerenn… buktinya sampai Raja Thailand Raja Chulalonkorn (Raja Rama V) tahun 1896 datang kesini…. dan mungkin karena kabar keindahannya… sampai cucu raja thailand tersebut raja Pradjathipok Paraminthara (raja Rama VII) tahun 1901 datang ke curug ini.

IMG_0117

Akses masuk ke curug dago dari turunan ke perumahan Citra Green. Pohon2 besar di depan adalah area curug dago

Sekarang statusnya … Yah…… semakin tak terdengar …. kalah popular dari tempat destinasi wisata yang baru… tebing keraton, bukit moko, dll-nya. Kondisinya sama seperti curug jompong… yang pernah jaya di masa hindia belanda… sekarang benar2 sudah tidak ada di list destinasi wisata.
Pertama kali kesini sekitar 4 atau 5 tahun lalu… sangat sepiiii… tempatnya rimbun… sedikit spooky … takut malah jadinya…
Bagaiman tidak dilupakan… Papan petunjuk ke arah curug tidak gampang ditemukan. Air-nya kotor dan banyak sampah… tidak menarik lagi.

Lokasi curug ini tidak terlalu jauh dari terminal dago bandung, akses ke curug ada beberapa, semuanya masuk gang kecil. Akses yang saya pilih yaitu melewati terminal dago dahulu (dari arah bawah atau simpang dago ke arah Taman Hutan Raya Juanda), belok kiri ke turunan lembah curam yang mengarah ke komplek Citra Green Dago. Sebelum mencapai dasar lembah di sebelah kiri jalan ada papan petunjuk curug dago.
Ikuti gang tersebut, sekitar +- 150 m sampailah di lokasi curug.

IMG_0121

area curug yang rimbun dan tenang

Area sekitar curug laksana hutan kecil, masih rimbun oleh pepohonan yang tinggi2. Sangat adem dan tenang… gimana ga tenang… sepi… untung sekarang ada warung dan sudah ada satpam. Kelihatannya sekarang dikelola lebih baik, areanya pun bersih terawat.
Ngobrol2 dengan pak satpam… “bagaimana pak, libur lebaran ramai.. ?” “lumayan sih pak… tapi ngga ramai juga.” Tuh kan…. bener kan… liburan lebaran aja ga ramai… apalagi diluar libur lebaran.

IMG_0122

Di atas curug … aliran air yang menuju curug

IMG_0124

nampakkah bangunan di bawah sana ?? itu adalah bangunan prasasti batu raja thailnad

Makan mie dulu sambil minum teh manis hangat di warung, sekalian titipkan sepeda disini. Untuk menuju curug.. mesti melalui tangga yang curam.

IMG_0138

turunan curam menuju curug … aman dan tidak jauh jaraknya

IMG_0139

Ada dua bangunan prasasti

IMG_0151

bangunan prasasti kedua di dekat curug

Di dekat curug ada 2 prasasti batu dua raja thailand yang datang kesini. Sampah2 sudah jauh berkurang, dibandingkan dahulu, tapi airnya tetap kecoklatan, ya mau bagaimana… curug ini adalah aliran sungai cikapundung yang sudah melewati beberapa perkampungan di arah hulunya. Sungai ini sama dengan sungai yang melewati curug maribaya.

IMG_0173

areanya bersih dan adem

Suasana disini sangat adem… tenang dan sepi… cocok untuk yang mau menyepi… he he…

jalmasuk

map dago

 

Curug Dago, Dago Bandung, koordinat google maps -6.865326, 107.618483

Bandung, Rabu 22 Juli 2015

Iklan

14 thoughts on “Curug Dago yang terlupakan

  1. Waaa… jadi kangen! Dulu tahun 2010 (mblusuk.com/ke383) kemari naik seli dan selinya aku bawa sampai ke dekat prasati batu. Ini curug lumayan deket dari rumah (pasar simpang Dago). Tapi dulu itu masih nggak kuat nyepeda nanjak, jadinya ngos-ngosan nanjak mpe sana, hahaha. 😀

  2. Saya pun juga baru tahu. Dan yg bikin kagetnya lagi 2 Thailand pernah ke sini pula cuma utk meditasi?!
    Prasastinya masih berbentuk bagus kah?

    Saking penasarannya, saya sampe cari artikel2 di Google mengenai hubungan curug ini dengan raja Thailand. Tapi dapet beberapa sumbernya nggak kuat…

    “It’s not just about the destination, but the journey”
    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    • untung dari dulu sudah dibuatkan rumah kecil pelindung pakai kaca, sehingga batu prasastinya masih bagus.
      Apalagi saat ini area sekitarnya sudah dirawat oleh pemkot bandung … sungainya jauh lebih bersih dan area hutan kecilnya juga bersih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s