Sumur Ambaro, Sumur Wali di Bekasi

Slide3

Klayapan di bekasi kemana lagi …… Ada tempat yang mengandung unsur sejarah dan “khasiat” menarik juga untuk dikunjungi. Lokasi tidak terlalu jauh tapi posisinya ada di pelosok bekasi.

Jam tujuh kurang sudah mengarungi kalimalang menuju bekasi bersama om adi. Melipir dulu ke situ cibereum grand wisata yang ramai oleh para pegowes dan keluarga yang berolahraga.

Slide6

bursa perdagangan part2 sepeda situ cibereum

Jemput om jay .. ok ikut … ”  tidak jauh seperti ke gua lalay klapa nunggal .. kan “, ” ngga … ini hanya deket koq … adem lagi. ” Gowes dilanjutkan masuk ke kampung kampung di bekasi … suasananya masih ndeso … masih ada rumah2 kayu dan halaman yang luas luas … pesawahan yang luas, kebun kebun …. Serasa tidak di Bekasi.

Slide8

mungkin sedang membicarakan keadaan politik saat ini

Di daerah pelosok begini …. masih ketemu komplek2 perumahan yang besar … masih banyak tanah kosong bahkan banyak rumah2 kosong yang hancur … mungkin kompleknya terlalu pelosok kali ya …

Slide7

mendekati belokan ke sumur ambaro

Disuatu titik kita belok kiri ke jalanan tanah yang hanya selebar 1 mobil, melewati pesawahan dan melewati rumpun bambu …. tibalah kita di tempat parkiran sumur ambaro. Ada warung besar … suasana masih sepi.

Slide9

warung sekaligus tempat parkir ke sumur ambaro

Sumur ambaro ada di bawah lembah di sisi pesawahan. Ada musholla, posisi sumur disebelahnya. Disini tidak boleh motret … jadi tidak ada fotonya .. he he

Slide2

posisi sumur di sebelah musholla

Menurut cerita ; Dulu daerah ini sangat kekeringan air, sehingga dinamakan cisaat (air kering). Ketika itu ada wali yang hendak berwudhu dan menancapkan tongkatnya …. dan keluarlah air yang tidak pernah kering sampai saat ini. Sehingga sekarang banyak peziarah yang datang kesini.

Ya … airnya memang jernih dan cukup deras keluar.

Berhubung pada kelaparan .. dan warung disini belum buka … kita berangkat pulang sambil mencari sesuap nasi. Lumayan cukup jauh untuk mencari sesuap nasi ini … ketemu warung yang posisinya nyaman …. kita sikat … ada gado2, nasi macam2 lauk, minuman dll …. untuk semuanya … cukup bayar 23 ribu aja … murah amirrr ….. kata orang2 sekarang serba mahal ….

Trip pulang, om jay sebagai road captain .. di ajak klayapan ke jalanan single track yang rimbun pepohonan … disuatu tempat …ettt koq ada ini … ada rumah kayu model kampung jadul yang didepannya masih ada bangunan kayu lumbung padi. Lokasi tidak jauh dari komplek mewah grand wisata .. ada rumah seperti ini ….

Slide4

rumah kampung yang masih komplit

Slide5

om adi di antara ilalang

Akhirnya kita muncul di area tanah merah danau grand wisata yang panas dan gersang. Gowes pulang terasa lebih cepat … bahkan kalimalang yang biasanya ramai … sekarang kosong … sampai rumah jam 12 kurang.

Slide1

Sumur Ambaro, Kampung Kertarahayu, Bekasi, West Java 17530, Indonesia

koordinat google maps  6°22’23.0″S 107°03’30.6″E

 

Minggu 24 Mei 2015

Iklan

16 thoughts on “Sumur Ambaro, Sumur Wali di Bekasi

  1. Makan kenyang bertiga cuma 23 ribu.. Salah satu kuliner paling murah seantero jagat raya.. Hehehe.. “Ga boleh moto” .. (Dari dekat).. Mantap om

    • saya juga herman …. kenapa ga boleh foto … mungkin malu, mungkin supaya penasaran, mungkin ada sesuatu, mungkin ….
      rumah kuno yang ada lumbung mungkin bisa dibuat jadi populer …. jadi tempat foto narsis … he he disini suasananya masih adem .. banyak pepohonan … betul2 nuansa kampung, untuk mencapai kesini juga masih jalan setapak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s