Menuju Bendungan Cipamingkis dan Air Berkhasiat Cigekbrong

mingkis

Ada tempat menarik..
Saya dapat info dari blog MBJgowes, tempat menarik di daerah cileungsi jonggol ; bendungan cipamingkis dan pancuran air cigekbrong.

Sabtu pagi jam 6 kurang sedikit sudah keluar dari rumah. Melewati jalanan narogong yang tidak ramai. Jalanan narogong ini banyak rusaknya… keriting berlubang.

Perjalanan mulai berbeda ketika di jalan raya jonggol… rolling naik turun… ada turunan.. ada tanjakan.. berkali kali…. karena masih pagi masih semangat .

Sampailah di titik belok masuk jalanan irigasi… jalanannya lumayan besar… sepi… di sisi kanan sungai irigasi dan kiri hamparan sawah. Kerennn…

IMG_0001a

jalan irigasi menuju bendungan

IMG_0005a

sebagian kering dan sebagian jalanannya basah

IMG_0028a

sungai irigasi yang berasal dari bendungan cipamingkis

Di jalanan desa… sepi begini…. in the middle of nowhere…. koq ada rumah makan sunda yang besarr … namanya RM jatinunggal,… siapa customer-nya….. ck ck ck…. tapi setelah saya googling .. ternyata RM ini cukup ngetop ….  kalau sabtu dan minggu ramai yang datang kesini … saya aja yang memang kuper… Tempatnya adem … kelihatannya nyaman dan enak makan disini.

IMG_0069a

Rumah Makan Jatinunggal

Tak lama setelah lewat rumah makan… saya tiba di bendungan cipamingkis… jam 8.20-an… 48 km.

ketika mendekat bendungan … ehhh… ada sejoli yang lagi pacaran…. come on…. sepagi gini…
Jadi nunggu dulu mereka beres, baru saya bisa mendekat ke bendungan dan foto2.

mingkis5

menikmati deburan air

mingkis4

suasana pedesaan

Menurut saya sih disini asyikkk… mendengar deburan air dan melihat keunikan air terjun berundak… suasana sekitarnya juga oke… sayang tidak dikemas jadi tempat wisata..

Setelah lihat2 sana sini…. saatnya ke cigekbrong… harus menyeberangi sungai cipamingkis… dari sini ke cigekbrong hanya 4 km-an.

Ketika gowes mengarah ke penyebrangan… menyusuri sawah …. ada reruntuhan bangunan besar di tengah sawah …. bekas bentengkah … unik sekali

IMG_0034a

reruntuhan bangunan apa ini ?? di tengah hamparan padi menguning …. keren

Mencari lokasi penyebrangan … tanya2 petani disana, kalau mau nyebrang ya melintasi sungai, tidak ada jembatan. Kalau mau lewat jembatan harus kembali ke jalan jonggol raya.

Setelah mengamati sungainya…. melihat petani yang menyebrang… ada bagian yang cukup dalam juga…. menimbang nimbang…. panggul sepeda dahon matrix ini berat… frame bagian tengahnya berisi untuk menahan lipatan sepeda, saya juga bawa peralatan elektronik…. kalau sampe jatuh kecebur… ribet deh….

IMG_0042a

berani ga nyebur kesana ..

Sudah cari aman saja…. pulang ajalah…
Pas sampai di jalanan jonggol raya, ketika mau belok kiri kearah cileungsi…. mikir….

IMG_0045a

ada bagian dangkal yang sudah dibeton … dan bagian cukup dalam yang sedang dikerjakan

Kapan lagi ke cigekbrong…. ini sudah 90% jalan…. ok… lanjut ke cigekbrong….
Belok kanan…. menyusuri jalan raya jonggol yang menanjak… lumayan agak panjang…
Dari jalan raya jonggol kemudian belok kanan… memasuki jalanan desa. Ternyata jalanannya lebih menanjak terus…. dan terus .
Di daerah sini, dipinggir jalan banyak penjual rambutan dan durian…. wiwww

Pingin mampir makan duren… enak pastinya … sambil me-recharge tenaga.
Tapi uang cash… lagi minim … ga bakalan cukup… apa mereka bisa terima kartu debit atau kartu kredit ?? … ah sudah lupakan..

Nikmati saja tanjakan2 ini.
Di satu titik ada penunjuk arah “satus cigekbrong”.
Belok kanan masuk jalan kecil pas semobil… lama2 jalannya berubah batu makadam.

IMG_0077a

bangunan rumah di depan adalah area pancuran air cigekbrong

Sekitar 500 meteran… tibalah di Cigekbrong. Di odo 63 km, jadi memutar 14 km….
Tempatnya adem, banyak pepohonan. Parkirannya lumayan luas, banyak warung warung. Ada beberapa mobil dan motor parkir.

IMG_0091a

area parkiran cigekbrong

Rehat sejenak di warung, pesan makanan dan minuman…. berhubung lagi cekak…. hanya pesan teh manis hangat dan pop mie … he he… nasib

taste

cukup bayar 10 ribu

Pancuran air di cigekbrong ini diyakini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Posisi pancuran air ada dilembah, tidak jauh dari parkiran +- 10 meteran.

IMG_0080a

air cigekbrong yang dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit

Setelah rehat .. sudah jam 11-an saatnya pulang.

Di jalan raya jonggol… terasa panas menyengat…. rolling naik turun.. Mobil2 menyalip kecang, di suatu titik ada kemacetan, tersalip lagi… terus berulang sampai 3X. Selepas perumahan Citra Indah… jalanan lancar… tersalip lagi sama mobil2…. makin menjauh… meninggalkan debu2.

Sesampai di Mekarsari macet panjang… sepeda dengan santainya melewati mobil2 yang panjang berderet… Mungkin karena long weekend liburan wafat Isa Almasih … jadi banyak yang pergi keluar berliburan.

Di jalan Narogong raya juga macet panjang… plus truk2 sampah yang mau ke bantar gebang … wah aromanyaaa.
Kalimalang juga macet.. enaknya naik sepeda.. selap selip kesana kemari. Tiba dirumah jam 2-an.

Slide2

Slide1

koordinat google maps Bendungan Cipamingkis -6.501708, 107.067208
koordinat google maps RM Jatinunggal -6.491261, 107.065248
koordinat google maps Cigekbrong -6.518210, 107.079040

Sabtu 4 April 2015

Iklan

26 thoughts on “Menuju Bendungan Cipamingkis dan Air Berkhasiat Cigekbrong

  1. Dulu pernah makan di RM Jatinunggal, cmn naik mobil waktu itu
    kalo sepedahan lumyan juga ya dari cililitan, kalo boleh tau Om posisi start darimana ya?

  2. Kemarin Sabtu tgl, 27 agt 2016, akhirnya nekat juga saya sapedahan dengan rute yang acak2 kan, berangkat dari rumah Harjamukti Cimanggis, jam 06.30 Wib sampai bendungan jam 11.30 Wib..tapi sedih kang….bendungannya tidak seperti yang ada di gambar ini…sekarang sudah ambruollll….!!!! yang tersisa hanya yang paling atas saja..sisi tanggul kiri/kanan ambrol semua bukan keindahan yang terlihat tapi sebuah pemandangan yang menyeramkan…sementara hanya penambang pasir saja yang asik mengais rejeki dari tenaga penduduk setempat serta bayangan akan terjadinya ambrol yang lebih dahsyat lagi apabila tidak segera diperbaiki oleh Pemda setempat, karena konstruksi bendungan yang asal2lan…tidak memiliki pondasi yang sebagaimana bestinya pembangunan sebuah bendungan,..gak percaya ….silahkan sapedahan lagi ke sana…..!!!

    • bendungannya sudah ambroll ….
      wah .. mungkin struktur pondasinya ga kuat atau kekuatan alam yang dashyat .. atau dua2nya …
      terimakasih sudah di update om eddie ,,, belum tahu kapan lagi akan kesana nih

  3. Tambahan, saya heran..banyak orang jauh-jauh pakai mobil mewah ajlut-ajlutan lewat jalan bebatuan dan kerikil tajam dengan jarak masuk yang kurang lebih 2 kiloan dari jalan utama, mereka datang kesini…hanya untuk sebuah kegiatan pencitraan…. yaitu MAKAN…..padahal tempat yang lebih dekat dengan jalan kan banyak ya..salut juga sama tuh rumah makan, ada apanya ya….???

    • pertama kali lihat juga saya heran dengan rumah makan besar di daerah pelosok ini.
      kemungkinan besar makanannya memang enak dan suasananya yang adem ..jadi banyak yang datang kesana. Saya googling memang rumah makan ini ramai di kunjungi .. dan tidak hanya weekend saja lagi
      Jadi kapan2 .. om eddie harus makan disini juga supaya ga penasaran 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s