Mencari Sawah Berundak di Bekasi

sawah

Bekasi tidak hanya melulu pabrik2, tidak melulu komplek perumahan2 …. masih ada beberapa … ya beberapa tempat yang masih hijau hijau. Suasana pedesaan … yang masih asri. Masih ada beberapa tempat yang seperti ini di Bekasi. Bahkan hamparan sawah … di Bekasi masih banyak … tapi sawah berundak … nah ini yang mesti dicari dan dibuktikan …

Mumpung minggu pagi ini matahari bersinar cerah … saat yang tepat untuk blusukan bersapedahan. Menikmati suasana pedesaan Bekasi sebelum berubah menjadi perumahan atau pabrik.
Area yang dituju adalah desa Mukti Jaya yang posisinya ada di belakang perumahan Harvest City Cileungsi.

IMG_0057

hamparan sawah .. datar

Rute …mulai dari jalanan yang biasa dilalui ; kalimalang, galaxy, kemang pratama, narogong, bantar gebang, setu … dan belok ke jalanan kecil dengan gerbang Desa Ciledug… koq Ciledug namanya ….. masuk ke area ini bagai memasuki dimensi lain, suasana langsung berubah … hamparan sawah, kebun2, petani2 yang sedang bekerja. Suasana pedesaan yang sangat menyenangkan …. udara segar, pepohonan hijau2.

Jalanannya sepi … umumnya jalanannya cor semen yang bagus, ada juga aspal … tapi di beberapa titik masih ada jalan yang rusak dengan kubangan kubangan air .. masih okelah.

IMG_0060

umumnya sih … jalanan beton cor yang mulus

Disuatu lapangan bola ada kelompok pramuka yang sedang berkemah, lapangannya becek …. tapi mereka asyik asyik aja tuh …

IMG_0104

hayooo … pada mandi ga ….

3X kali ketemu kelompok goweser …. di area sini ada suatu tempat favorit goweser yaitu Nawit.

Di suatu tempat, dilembah kecil … saya berhenti ….. keren …. akhirnya ditemukan dan dibuktikan di Bekasi ada sawah berundak … di Bekasi sawah berundak sesuatu yang tidak lazim. Jadi takjub aja … meskipun berundaknya tidak terlalu wah … he he…
Kalau di buat tempat / saung makan di sini pasti asyik, makan sambil memandangi sawah ..

IMG_0066

hijau subur …

IMG_0081

di tengah lembah … sungai mengalir

Slide3

lembah kecil sawah berundak

Sebetulnya di area Bekasi .. ada lagi sawah berundak yang keren … yang lebih besar dan yang lebih luas … tapi lokasinya lumayan jauh, kearah Cikarang .. tepatnya di area Situ Abidin, yang dikatakan sebagai daerah tertinggi di Bekasi.

Melanjutkan lagi perjalanan, blusukan kesana kemari … jika jalanan berubah menjadi tanah merah berlumpur dan becek .. saya berputar lagi mencari jalanan lain …. sepanjang perjalanan melihat kebon kebon, hamparan sawah … rimbunan pepohon bambu, pohon2 nangka yang berbuah, pohon rambutan berbuah

IMG_0083

rimbunnya pepohonan bambu

Saya melihat suatu bangunan yang unik … ada 2 gedung, satu seperti rumah dan satu lagi seperti aula/pendopo. Keduanya memiliki atap kubah yang besar. Apa ya ini ….. coba jelaskan … saya tidak bisa memfotonya dari dekat karena dipagari dengan tembok yang tinggi.

IMG_0086

gedung berkubah

Slide2

ada 2 gedung berkubah

Jika ingin menikmati suasana desa yang tidak jauh dari Jakarta, bisa jadi alternative untuk bermain ke daerah sini, apalagi jika ingin bermain sepeda cross country … blusukan masuk ke desa desa .. bisa jadi pilihan bermain ke daerah sini. Menikmati sawah berundak Bekasi .. bisa disini juga.

IMG_0065

jalanan membelah hamparan sawah menghijau

IMG_0094

Langit sudah mulai mendung, saatnya pulang. Di daerah Kalimalang, langit semakin gelap dan gelap … gowes dipercepat …. sambil berdoa ; hujan jangan turun dulu…

Tepat di rumah jam 11.03, buka pintu … hujan turun …
Allhamdulillah … tidak kehujanan .. cek di odo meter … lumayan jauh juga …. 79 km lebih.

Slide1

Koordinat google maps sawah berundak -6.390351, 107.055901
Koordinat google maps gedung kubah -6.403197, 107.045144

Minggu 15 Februari 2015

Iklan

11 thoughts on “Mencari Sawah Berundak di Bekasi

  1. Salam kenal mas, itu deket daerah rumah saya mas (hehehe), saya tinggal di gaok muktijaya, memang daerahnya masih asri, bangunan yang berbentuk kubah itu yang saya tahu dari masyarakat sekitar adalah tempat peristirahatan bu sutinah, pembuatan nya waktu jaman suharto, saya pernah masuk ke dalam, banyak hal-hal yang bikin merinding, heheh… blognya bagus mas, saya seneng mengenai informasinya… mantap…

    • salam kenal mas dede,
      asyikkkk banget tinggal di daerah sana … suasananya masih hijau dan asri.

      terimakasih infonya tentang gedung berkubah, saya jadi tahu itu rumah peristirahatan.
      Kalau di buat jaman Suharto … di daerah sana waktu itu pasti benar2 sepi banget… cocok banget untuk menyepi … he… he..
      kenapa didalam sana bikin merinding …??

      • Biasalah… berasa mistis….hehehe…. di bangunan utama yang besar itu ada dua ruangan, ruangan di dalam ruangan berbentuk melingkar, di setiap dindingnya ada lukisan salah satunya nyi roro kidul. hehhe.. terus ada ruang bawah tanah, lumaian luas. saya juga lupa buat apaan, terakhir masuk tahun 1999-an. Karena kenal ma orang yang jaga gedungnya. Tapi sekarang udah ga jaga lagi. Di sudut bangunan atas di luarnya ada baju perempuan model noni belanda, katanya itu baju sering melayang turun naik kalo malam… hehehe.. banyak cerita mistis dah..
        Oke mas.. teupdate terus.. mantep nih…

    • terbukti bahwa di Bekasi masih ada “sebongkah” area yang hijau … nenek teman artinya masih tinggal di kampung 😀 …. bahkan ada cobra-nya ,,,, waww
      pemilik vila .. bu sutinah yang mana … mungkin bang Dede bisa bantu jawab …
      kalau dari cerita bang dede … kayaknya vila itu bisa jadi wisata museum … plus bumbu2 mistis …. biasanya banyak orang suka …. he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s