Sisa sisa Sang Tuan Tanah Bogor ; Moseleum Van Motman

IMG_0077b

entrance Moseleum

Ada suatu tempat yang menarik di Bogor, tidak begitu popular bahkan bagi kebanyakan orang Bogor sekalipun, padahal dulunya adalah tuan tanah di Buitenzorg (nama kota Bogor dimasa Belanda), yaitu Moseleum Van Motman. Lokasinya berada di kampung Pilar, desa Sibanteng, Leuwisadeng, Bogor Barat.

Pada zaman Belanda, dikabarkan (dari info2 di internet) tanah di sekitar Bogor seluas 117.000-an hektar …. termasuk salah satunya area Dramaga (yang benar katanya tulisannya begini bukan Darmaga) di kuasai oleh Gerrit Willem Casimir (GWC) van Motman. Beliau meninggal di Dramaga 25 Mei 1821 dan di buatlah makam keluarga yang megah atau moseleum. Dahulu GWC tinggal dirumah yang disebut Groot Dramaga yang sekarang bernama Landhuis dan menjadi wisma tamu IPB.

Penasaran ingin kesana, akhirnya waktunya datang juga. Start jam 8-an lebih dari Bogor Nirwana Residence (BNR). Dari suasana perumahan mewah… melipir masuk gang kecil tembus ke perkampungan… masih ada sawah2… lalu masuk ke daerah pemukiman padat. Jalanan menurun…
terus gowes melalui jalan raya Dramaga dan melewati kampus Dramaga IPB. Lalu lintas sedikit tersendat…. paling nanti pulangnya macet disini.
Jalanan rolling naik turun, aspal hotmix mulus… mesti hati2 sama motor dan mobil yang kenceng2.

Sampai di pasar Leuwiliang…. macetttt…. tipikal pasar di pinggir jalan begini…. semrawut …. untung pakai sepeda bisa selap selip.
Hanya 2 kali ketemu penggowes, bukan rute yang menarik di jalanan kayak begini.

Di GPS sudah hampir sampai…. gowesan di perlambat, di depan harus belok kanan…. ternyata sudah ada papan petunjuk di pinggir jalan ” Situs Makam Pilar Van Motman”, dikenal juga dengan sebutan museum pilar.

Masuk jalan kampung kecil yang tidak beraspal… kanan kirinya sudah padat rumah2 penduduk…. kurang lebih 200 m-an jalanan berubah jadi gang, terlihat gedung Moseleum-nya.

IMG_0086

pilar pilar yang merupakan nisan kuburan, sudah hilang patung dan marmer2nya

IMG_0084

kubah bagian dalam

Tiba jam 10 kurang dengan jarak 31 km dari BNR ke sini.

Area sekitar Moseleum adalah kebun2 penduduk. Sepi…. tidak ada orang disini… luasnya tidak besar. Rumputnya terawat… banyak pilar2… sebenarnya pilar2 ini adalah batu nisan … dan gedungnya masih menyisakan kemegahannya. Tertulis di papan petunjuk bahwa desain gedung ini meniru Basilica Santo Petrus di Roma, Italia.

IMG_0096

Dahulu ada 4 jenazah keluarga van Motman yang diawetkan berada didalam gedung dalam kotak kayu berpenutup kaca yang dapat ditarik keluar seperti laci, kabarnya total terdapat 37 jenazah yang di area makam ini. Menurut cerita pada tahun 1975-an terjadi penjarahan oleh masyarakat sekitar, marmer asli buatan Italia yang menempel di gedung dan di pilar2 habis dicongkel, dan patung2 bergaya eropa yang ada di atas setiap pilarpun ikut dijarah. Luas tanahnya-pun menyusut. Bahkan 4 mumi yang di awetkan .. tidak diketahui hilang entah kemana dan di dalamnya sudah kosong melompong …

Bayangkan bahwa di Bogor (pernah) ada mumi ….. sekarang hanya tinggal ceritanya saja.

Keluarga besar Van Motman kabarnya masih suka berziarah kesini …. keturunannya ada yang tinggal di Indonesia dan merekapun memiliki situs internet keluarga van Motman.

Moseleum ini bisa menjadi situs sejarah yang sangat menarik … sayang tidak dikelola dengan baik. Bisa dikatakan ini adalah keluarga pendiri Bogor.

Ya sudah … saya kembali gowes balik ..

Slide1 motman3

Koordinat GPS Moseleum Van Motman -6.562401, 106.606366

Kampung Pilar, desa Sibanteng, Leuwisadeng, Bogor Barat.

 

Minggu 18 Jan 2015

Iklan

8 thoughts on “Sisa sisa Sang Tuan Tanah Bogor ; Moseleum Van Motman

    • kalau mas wijna seneng mistis … cocok sekali ke sini …

      naik angkutan umum bisa banget kesini, jalan utamanya dilalui kendaraan umum.
      Sepertinya cari yang ke arah Ciampea atau ke Rangkas Bitung.
      dari jalan utama masuk ke dalamnya tidak jauh ..+- 200 m-an

      saya ingin lihat nanti hasil foto mas wijna yang berkesan mistis atau angker …. supaya nanti jadi penasaran mau datang atau malah jadi tidak mau kesini … 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s