Leuwi Opat Parongpong Lembang

 

IMG_0055a

Minggu pagi .. gowesan mengarah ke jalan setiabudi bandung. Rumah Mode masih tutup… naik terus melewati kampus UPI.
Ketemu beberapa pegowes yang sama mengarah ke atas, mungkin mereka mau menuju Lembang.
Selepas stasiun ledeng belok kiri ke jalan sersan bajuri… jalanan mulai nanjak landai.
Daerah cihideung ini sejak jaman dahulu terkenal dengan petani bunga… makanya banyak sekali bunga yang dijajakan di pinggir jalan. Suasananya mengasyikkan… banyak bunga, apalagi kembang desa :)…
Sekarang di daerah sini sudah banyak resto yang keren2 …. cocoklah buat kamu2 yang suka hang out berkelas… Maja, Kampung Daun, The Peak, Sapulidi.. dll … banyak deh..
Selain resto.. hotel2 juga banyak.. dari kelas melati sampai butik hotel yang keren2 atmosfir-nya.
Selepas Kampung Gajah yang masih sepi. Jalanan menjadi lebih landai… jadi gowes semakin enak.
IMG_0005

desa petani bunga Cihideung Lembang

IMG_0009

nampang di Kampung Gajah

Sampailah di daerah Parongpong Lembang. GPS mengarah masuk ke komplek Villa Istana Bunga. Tanjakan masuk komplek lumayan curam… melewati Villa2 … umumnya terisi oleh keluarga2 bermobil plat B.
Setelah menikmati tanjakan di komplek.. jalanan yang di ikuti dari GPS mentok di pintu gerbang Vila yang tertutup. Owalahh… dulunya jalan setapak… tapi sekarang sudah jadi vila.
Turun lagi kebawah… tanya2 sama penduduk… katanya sudah di tembokin, lebih baik muter lewat bawah. Yo… uwis… saya turun keluar komplek.. jadinya berputar… melewati kampus Advent.
IMG_0017

bersebelahan dengan Dusun Bambu

Sampailah di persimpangan dengan papan petunjuk masuk ke Ciwangun Indah Camp, saya belok kesana dan terus menanjak..
Tibalah di pintu gerbang Curug Leuwi Opat Tilu yang sekaligus komplek outbond Ciwangun Indah Camp. Setelah isi bensin dengan mie rebus di warung.. saya lanjutkan. Bayar tiket masuk 7.000 ribu.
Area ini memang di kelola oleh CIC, berbagai wahana untuk outbound sudah tersedia. Setelah saya perhatikan… ternyata area ini bersebelahan dengan tempat wisata yang lagi nge-hit… Dusun Bambu, tapi sayang sekali… dipagari, tidak ada akses masuk kesana dari area ini, kenapa tidak saling kerjasama ya…
IMG_0040

memasuki lorong alam

Di area CIC ini ada ; curug Tilu, leuwi opat dan satu curug yang saya tidak tahu namanya. Ke arah bawah lagi ada curug Bubrug dan kebawahnya lagi curug yang lebih terkenal curug Cimahi. Jarak2nya tidak terlalu jauh… bisa dicapai jika melakukan hiking seharian pulang pergi.
Jalanan selepas bayar tiket menjadi single track, saya putuskan tidak ke curug Tilu, karena posisinya lumayan masih jauh dan track-nya lebih cocok utk hiking… kalau hiking sambil panggul2 sepeda… no.. no… no.. senor..
Saya hanya ke leuwi opat… atawa jurang empat….. untuk mendekat ke leuwi-nya melewati akses yang menarik… lorong batu sempit.
Sayang… saya kesini pas puncak musim kemarau…jadi airnya sangat sedikit..
Mengamati leuwi opat ini, tempatnya amazing…. lorong air atau lembah kecil yang lebat oleh tanaman… kalau musim hujan pasti keren melihat air yang terjun yang keluar dari sini…
IMG_0054

Leuwi Opat dimusim kemarau

IMG_0062

pintu masuk ke dalam Leuwi

Turun ke bawah sedkit ada curug yang saya tidak tahu namanya. Jaraknya paling +- 20 m dari Leuwi Opat. Curug ini airnya langsung ke kolam yang cukup besar… kalau airnya banyak… enak berenang disini… kayaknya kolamnya cukup dalam.

IMG_0114

curug dekat Leuwi Opat

IMG_0136

memandangi curug

Keluar dari sini.. saya ambil jalan setapak mengarah ke jalan utama… ternyata harus hiking dulu ke atas bukit panggul2 sepeda… kejadian juga.. panggul2nya.. setelah di atas… bersebelahan dengan pagar dusun bambu… lalu menyusuri single track dengan disebelah kanan selokan yang cukup dalam. di beberapa titik saya tuntun sepedanya… cari aman… daripada nyungsep ke dalam selokan…
IMG_0166

menyusuri pinggir selokan

Sampailah di jalan raya.. di jalanan yang menuju Situ Lembang tempat latihan tentara. Dari tempat saya muncul.. jaraknya tidak terlalu jauh ke pintu Masuk Dusun Bambu. Penasaran.. saya gowes ke atas sampai ke pintu masuknya… mobil2 sudah berdatangan… di parkirannya sudah berjejer mobil parkir.
Pulang kembali ke Bandung… melewati dulu pintu masuk curug cimahi. Berhubung pernah beberapa kali ke curug cimahi, jadi saya tidak mampir kesana… apalagi tangga turun ke curugnya… gileee banget dah… curam dan melewati ratusan anak tangga….
Dari Parompong Lembang ke Bandung… downhill…cepat banget… bahkan lebih cepat dari mobil2 yang terjebak antri macet..
Cihuyyyyyy…
ciwangun
Β opat
Koordinat GPS Leuwi OpatΒ -6.790009, 107.581746
Minggu 5 Oktober 2014

 

Iklan

8 thoughts on “Leuwi Opat Parongpong Lembang

  1. Saya pernah lho ngangkot dari Ledeng ke Parongpong. Pas lewat Jl. Sersan Bajuri sempet mbatin, “Ini jalan kok nanjak banget apa ya ada yg mau nyepeda lewat sini?”. Lha ternyata dirimu nyepeda lewatnya sini Om. Tembus Advent pula. Ganas bener dengkulmu Om, hehehe.

    Saya sih mungkin terima nuntun deh. Jl. Sersan Bajuri kan lumayan sempit. Terus kendaraan padet. Kayak nggak nyaman aja nyepeda nanjak lewatnya sana. Tapi emang kalau mau ke Parongpong lewatnya mana lagi ya yg cepet?

    Berkat Om, akhirnya saya tahu juga isinya itu CIC di pinggir jalan…

    • he he …. mas mawi ini bisa aja … tanjakannya di sersan bajuri tidak seseram itu ah …..

      kalau sudah agak siangan nanjak di sersan bajuri nggak nyaman karena banya mobil2 para pelancong lewat, jadi harus lebih pagi lagi. Paling pulangnya jalannya jadi lebih padat … tapi tidak apa2 karena menurun .. dan sepeda pasti lebih cepat sampai ke bandung .. karena mobil2 jalannya lambat … banyak antrian macetnya .. πŸ™‚

    • di area bandung banyak sekali pilihannya ; mau xc, am, senang tanjakan, downhill, fun aja … ke tempat2 menarik …
      kalau ke arah leuwi opat, banyak curugnya yang berdekatan .. dan kalau di musim hujan … airnya banyak … lebih keren ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s