Berpanas panas ke Air Panas Ciseeng dan melihat Kura kura Raksasa

seeng

Biasanya ke Bekasi, sekarang saatnya berbeda. Ke Parung Bogor…

Ada tempat yang bikin penasaran untuk di kunjungi Air Panas Ciseeng dan Godong Ijo.

5.45 pagi sudah meluncur dari rumah menggunakan sepeda hybrid Wim Cycle Canning Rdx.

Lewat Kalimalang yang masih sepi, cawang lalu masuk condet.

Masuk jalan kecil yang padat perumahan penduduk, menyusuri dibawahnya aliran sutet. Menyebrangi jembatan.. lalu muncul di pasar minggu. Lanjut lagi ke warung buncit dan masuk dijalankan pinggir tol TB Simatupang, belok di RS Fatmawati lalu masuk jalanan mengarah ke Cirendeu. Baru pertama kali saya masuk masuk ke daerah RS Fatmawati, kontur tanahnya naik turun, jalanan berkelok kelok. Banyak pepohonan dan rumahnya halamannya luas luas… keren.

Masuk daerah Cireunde.. lewat perumahan Bali View.. terus saja.. lalu melewati bandara Pondok Cabe.. lapang dan luas …. ya iyalah namanya juga bandara …. tapi cabe cabeannya ada dimana 🙂 …. Yang ada pesawat pada lagi parkir ..

IMG_0039

ayo .. siapa yang mau ikut

Masuk gang gang lagi … lalu melewati Kampus Universitas Terbuka … megah dan besar kampusnya… ga nyangka kampus UT sebagus ini.

Terus lagi melewati jalanan kecil dan muncul muncul di Jalan Raya Cinangka menuju Jalan Raya Parung.

Ehhhh … tahunya di sini Godong Ijo .. berhubung ada di seberang kanan jalan, nanti saja di kunjungi waktu pulangnya.

Setelah masuk jalan raya Parung … ada pertigaan yang ramai … itulah pasar Ciseeng … masuk kesana …. Bener bener dibutuhkan kesabaran untuk melaluinya … para pedagang sayur melakukan okupasi jalan .. menjual dagangannya di jalan … orang banyak lalu lalang … angkot angkot ngetem seenaknya … bener bener kombinasi yang synergi … membuat semrawut dan macet ..

Selepas pasar .. jalanan relatif sepi .. lalu potong jalan lagi, masuk gang gang … tapi kali ini suasananya kampung … muncul lagi dijalanan kampung … dan … di ujungnya ada pintu gerbang .. tibalah di area air panas Ciseeng atau disebut juga Tirta Sanita. Ternyata saya masuk dari pintu belakangnya … jadi tidak perlu bayar … he he … tidak ada petugas yang memungut bayaran.

Di cyclo comp sepeda 46 km lebih dan jam menunjukkan 8.30-an … lumayan jauh juga.

Suasana disini enak … ada beberapa pohon besar .. jadi rimbun dan adem.

IMG_0099

rimbun dan adem

IMG_0052

silahkan yang mau berendam

Ajaib ada bukit kapur di area ini dan bukitnya pun tidak besar. Air panasnya mengandung tiga unsur, yakni garam, belerang, dan kapur. Dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, pegal-pegal, rematik, dan lain-lain. Bisa untuk yang mau enteng jodo ga ….. 😀

IMG_0045

bermain di puncak

IMG_0058

bukit kapur

IMG_0091

mini outbond

IMG_0066

Di area ini juga dilengkapi dengan permainan anak anak ; high rope, flying fox, becak becakan dll-nya.

Selain kolam renang, juga di sediakan kamar kamar yang disewakan untuk mandi. Setelah jalan jalan, lihat lihat kondisi … karena masih pagi .. jadi belum ramai. Di suatu tempat yang teduh … duduk dulu mengaso sambil makan cemilan yang dibeli dijalan.

Air Panas Ciseeng ini selain yang di bukit kapur ini, ada lagi yang di area pesawahan .. tapi jaraknya dari sini tidak terlalu dekat juga dan harus melewati galengan sawah … bagi saya sih .. cukup sampai disini sajalah ….

Setelah puas, lanjut lagi balik pulang melewati jalanan yang tadi. Dan mampir dulu di Godong Ijo.

Ternyata tempatnya sudah dibooking oleh suatu komunitas pancing .. rencananya saya mau makan disini jadi tidak jadi.

Godong Ijo adalah suatu tempat wisata edukasi … disini ada restaurant, kolam pancing, green house, area permainan anak anak dan juga beberapa koleksi satwa langka. Kura kura, ikan arapaima dari amazon, ular sanca, dl.

Salah satu tujuan saya kesini adalah penasaran ingin melihat kura kura raksana. Ya … ternyata memang betul betul raksasa … namanya si Bagong .. IMG_0127

area masuk godong ijo yang asri

IMG_0112

si Bagong

IMG_0125

ada juga iguana

IMG_0105

Berdasarkan info yang ditulis, kura kura ini adalah kura kura aldabra yang berasal dari Afrika dan merupakan spesies kura kura terbesar kedua di dunia. Yang pertama adalah kura kura dari kepulauan Galapagos.

Kura kura aldabra bisa berumur lebih dari 100 bahkan sampai 250 tahun… wow … dan si Bagong ini berusia 21 tahun … masih muda dong … masih panjang perjalanannya mu .. ya gong …

Seteah puas lihat lihat .. gowes pulang lagi

Karena sudah agak siang, matahari lebih menyengat dan jalanan lebih ramai bahkan dibeberapa tempat macet. Dengan bersepeda bisa selap selip.

Sampai di rumah jam 11.59 …

Dengan total 89 km lebih dikit.

Gambar

 

seeng2

Koordinat Air Panas Ciseeng -6.432633, 106.696267

Minggu 4 Mei 2014

Iklan

6 thoughts on “Berpanas panas ke Air Panas Ciseeng dan melihat Kura kura Raksasa

  1. saya ga sempet mencicipi .. 🙂 .. infonya sih airnya mengandung garam, belerang, dan kapur. jadi airnya kemungkinan rasanya ada asin asinnya. Kepastiannya .. sekalian kesini nanti .. mas mawi sambil berendam bisa di rasa rasain … he he ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s