Si Pitung dekat Mesjid Al Alam Marunda

alam2

Rumah si Pitung adanya di daerah Marunda Pulo, Cilincing, Jakarta Utara atau tepatnya di belakang STIP (sekolah tinggi ilmu pelayaran), dan ternyata mesjid Al Alam Marunda ada dekat rumah si Pitung. Sudah berapa kali berkunjung ke rumah si Pitung tapi belum pernah mampir ke mesjid Al Alam-nya. Kedua tempat ini di gadang gadangkan sebagai 12 obyek destinasi wisata pesisir di Jakarta Utara oleh Pemkot DKI.

Mumpung libur MayDay saya gowes kesana. Berangkat dai rumah jam 6 kurang 15 menit. Menyusuri BKT (banjir Kanal timur) yang namanya sekarang dirubah menjadi KBT (kanal Banjir timur) mengapa begitu.,,. tanyakan saja pada ahli tata bahasa.

Jalanan masih pagi .. udara segar … jalanan sepi .. bisa sedikit gowes cepat, soalnya target jam 9 harus sudah dirumah ada tukang yang mau kerja, jadi harus di tungguin.

Nyebrang rel kereta api … traffic KA lagi ramai .. jadi tunggu pada lewat dulu

IMG_0084

commuter line lewat …

Pas di daerah komplek Harapan Indah …. Surprise ….. ada taman cantik, namanya Taman KBT Weirii …. Tergoda untuk melipir dulu .. foto foto

IMG_0056

Taman KBT Weirii

IMG_0074

sungai2-an

Lanjut lagi, sampai didaerah sungai KBT yang ada kolam besarnya .. yang lagi dikeruk endapan lumpurnya. Pemkot DKI sekarang lebih giat … mudah2-an terus semangat kerja.

IMG_0054

lumpur disedot keluar …

Melewati pintu air terakhir KBT, airnya berbuih buih putih … siapa yang nyuci disini ???

Koq bisa airnya jadi banyak busanya .. tanya kenapa ???

IMG_0043

unik .. ya… airnya berbuih putih

Akirnya setelah melewati STIP, sampailah di area Rumah si Pitung …

Suasana disini sudah berbeda jauh dengan gambar (image) yang ada di google map. Kalau di google map masih terlihat lowong lowong, kenyataannya sekarang daerahnya sudah lumayan padat.

IMG_0034

kampung muara .. mendekati rumah si pitung

IMG_0020

terlihat rumah panggung di sebelah kiri … itu rumah si pitung

Dulu pertama kali gowes kesini tahun 2010 jembatannya masih kayu sekarang sudah di tembok beton. Bukti perkembangan jaman kali ya … he he …

Sampai di rumah si Pitung jam 7-an .. ternyata pagarnya masih ditutup rapat, tidak bisa masuk. Yaaaa … penonton kecewa …

Fotonya saya ambil dari luar … penampakan yang lebih jelas saya ambil dari source lain.

IMG_0003

rumah si pitung

Sekilas mengenai Rumah si Pitung berdasarkan info info dari internet :

Si Pitung hidup pada tahun 1800an, dan divonis mati pada tahun 1896 oleh Belanda. Sebetulnya si Pitung berasal dari Rawa Belong. Rumah si Pitung di Marunda sebenarnya adalah milik Haji Syafiuddin seorang pengusaha kaya. Si Pitung di percayai sebagai “robin hood”, ada pro kontra menengai rumah si Pitung ini, ada yang menyebutkan bahwa dulu si Pitung pernah merampok rumah ini. Versi lain menyebutkan bahwa Si Pitung dan Haji Syaifudin sebenarnya berteman. Sengaja dibuat cerita mengenai perampokan tersebut agar tidak dicurigai oleh pihak Belanda. Karena sebenarnya si Pitung biasa sembunyi di rumah ini. Mana yang benar .. silahkan anda selidiki .. he he …

Rumahnya memang bergaya panggung, karena dulu daerah disini adalah rawa rawa, selain itu juga sering banjir rob. Pernah waktu itu saya ke sini di musim hujan, daerah di sekitarnya termasuk rumah rumah penduduk tergenangi oleh air rob.

Sekarang sudah ada petunjuk mengarah ke masjid Al-Alam. Tinggal ikut saja .. gampang dan tidak jauh dari rumah si Pitung, menyusuri gang di pinggir rawa dan akhirnya masuk ke kampung padat … disanalah masjid itu berada.

IMG_0008

menuju mesjid Al Alam dari rumah si pitung

IMG_0017

mesjid Al Alm … di sebelahnya sumur 3 rasa

IMG_0018

gerbang Al Alam

Sekilas dari cerita di internet.

Setidaknya ada dua versi mengenai masjid ini.

Versi pertama, masjid dibangun Walisongo saat menempuh perjalanan dari Banten ke Jawa. Makanya nama asli masjid ini adalah Al-Auliya atau masjid yang dibangun wali Allah.

Versi kedua, masjid dibangun oleh Fatahilah dan pasukannya pada tahun 1527 M, setelah mengalahkan Portugis di Sunda Kelapa. Masyarakat Marunda meyakini bahwa Fatahillah membangun Masjid ini hanya dalam waktu satu hari.

Di area masjid ini terdapat sumur tua yang telah berumur ratusan tahun yang yang memiliki tiga rasa; asin, tawar, dan payau. Ada orang yang meyakini bahwa air sumur ini mengandung berkah, menyembuhkan berbagai penyakit sampai enteng jodoh ….

Karena dikejar waktu pulang, saya tidak berlama lama. Tadinya ingin jalan jalan ke pantai Marunda dahulu tapi dibatalkan, langsung gowes balik lagi kerumah dan sampai rumah jam 9 kurang dengan jarak PP 45 km-an.

pitung4

rumah si Pitung dan Mesjid Al Alam berdekatan

pitung3

 

koordinat google maps Rumah si Pitung -6.096865, 106.958878

koordinat google maps Mesjid Al Alam Marunda -6.094205, 106.959673

Kamis 1 Mei 2014

Iklan

2 thoughts on “Si Pitung dekat Mesjid Al Alam Marunda

  1. Wuiii, saya baru tahu kalau di Pitung itu rumahnya dekat laut. Semasa kecil klo tak salah ingat saya pernah nonton serial tv (atau filmnya gitu) dan seingat saya nggak menggambarkan si Pitung tinggalnya dekat laut. Anak pantai dong si Pitung, hahaha.

    • si Pitung memang tidak tinggal dekat laut, rumah aslinya di rawa belong … ada 2 versi yang menyebutkan rumah di Marunda ini di namakan rumah si Pitung. versi satu ; Si Pitung pernah merampok rumah saudagar kaya ini. versi dua ; Si Pitung menjadikan rumah ini tempat persembunyian. tidak tahu mana yang betul dan benar ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s