Mencari Sumur Tua di Bekasi – Sumur Binong

IMG_0011

Begitu saya tahu kalau di daerah Bekasi ada sumur tua yang disebut Sumur Binong (karena setahu saya Sumur Binong ada di daerah Cileungsi) saya segera mencari cari info di internet. Infonya tidak banyak dan fotonya juga hanya ada satu. Tapi yang terpenting ada nama daerahnya dan bahkan ada nama jalannya “Jalan Sumur Binong”. Lokainya di  Kampung Kranggan Wetan, Jatirangga, Jatisampurna, Bekasi. Gowes akan lebih menarik jika ada tempat yang dituju apalagi terutama tempat baru yang memiliki kisah,

Info info tersebut memudahkan saya untuk mengarah kesana dan tidak terlalu jauh dari tempat saya sekitar 16 km-an. Gowes minggu pagi melewati jalan jalan kecil yang padat oleh pemukiman. Melewati puluhan polisi tidur, jalan kecil berlubang lubang.

Disuatu area, jalanan utama berbelok tapi gps menunjuk jalan lurus. Suasananya jadi berubah. Dari area yang banyak rumah berderet di kanan kiri jalan ke jalanan sedikit jelek dan sepi serta masih banyak tanah kosong yang luas dengan ditanamami pepohonan. Ya … nama jalan ini Sumur Binong.

Setelah tanya sama anak kecil .. dan di beri ancer ancernya “ masih jauh pak … “ jauh anak kecil dan orang dewasakan beda he he …

Gowes lanjut lagi .. tetap lurus .. dan sekarang jalannya ada di belakang perumahan Jatisari Permai.  Sebelah kiri jalan dinding komplek dan sebelah kanan jalan area kampung yang masih rimbun.

Setelah melewati ujung dinding komplek suasananya jauh lebih berubah … wow … ada rumah kayu yang panjang  .. suasananya betul betul seperti jauh dari Bekasi atau Jakarta, seperti betul betul di kampung … Melewati rumah kayu ini ada jalanan di pinggirnya. Ikuti jalan ini dan mentok di rumah  …

Setelah permisi dan minta izin sama ibu yang ada disana, sepeda di titipkan.

Jalanan setapak dan menurun ke bawah ….

IMG_0001

binong2

Area di sini seperti di hutan … sunyi …. dan … ber-aura mistis .. sedikit mencekam

Ada pohon besar … bulu kuduk berdiri …

Karena tidak boleh mem-foto disini, jadi saya berusaha menyampaikannya secara kata kata.

Sumur Binong ini adanya di lembah kecil dan dikelilingi rimbunnya pohon bambu serta  pohon pohon besar. Dari dinding tanahnya ada air keluar .. seperti pancuran kecil.

Air dari sumur ini di percaya dapat membuat jadi awet muda atau manfaat lainnya .. tergantung dari niatannya.

Dikelilingi komplek kompek perumahan di daerah Jatisampurna .. dan tidak jauh pula dari Kota Wisata Cibubur …. bersyukur masih ada tempat yang masih rimbun dan hijau seperti ini. Semoga tidak hilang dan menjadi komplek perumahan.

binong1

koordinat google maps -6.353320, 106.949671

Minggu 13 April 2014

Iklan

2 thoughts on “Mencari Sumur Tua di Bekasi – Sumur Binong

  1. ya ya ya, saya juga pernah singgah di tempat yang seperti itu. Maksud saya, pancuran air yang mengalir dari dinding tanah. Sekitar 100 meter dari pancuran itu ada sungai. Yang saya bingung, kenapa tidak boleh motret di sana? Siapa yang melarang Kang? Juru kuncinya?

    • kurang lebih sepertinya kayaknya sama dengan yang mas mawi pernah kunjungi.
      yang tidak memperbolehkan motret adalah keluarga yang memiliki daerah tersebut.
      Anaknya menemani saya untuk melihat sumur. Jadi tidak ada foto yang bisa di tampilkan disini.
      sayang ya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s